Monday, 01 January 2022

Tips Memilih Pakaian yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Dimulai dari hal paling sederhana, yakni menerapkan kesadaran terhadap keberlanjutan lingkungan yang berawal dari rumah sendiri seperti lemari pakaian.
April 16, 2024  | Pipintri Aviteni Damayanti
Memilih Pakaian Ramah Lingkungan
 

Tips Memilih Pakaian yang Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan - Ditengah terjadinya krisis limbah tekstil secara global yang memiliki dampak besar untuk keberlanjutan lingkungan, kita sebagai salah satu pengguna fashion yang ikut berkontribusi dalam bertambahnya jumlah limbah tekstil harus mulai berubah dari sekarang.

Dengan mengubah kebiasaan berbelanja dan gaya hidup sederhana, fokus pada isi lemari pakaian yang lebih baik, untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan berkelanjutan bagi semua makhluk hidup.

Memilih pakaian yang ramah lingkungan, merupakan langkah yang penting dalam mendukung keberlanjutan. Berikut adalah panduan yang dapat membantumu memiliki pakaian yang lebih baik untuk kehidupan, antara lain :

Pahami bahan baku

Pemilihan bahan baku yang tepat merupakan tahapan penting dalam proses pembuatan pakaian, karena akan sangat mempengaruhi dampak terhadap lingkungan setelah pakaian jadi dan berapa lama masa pakai nantinya. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti katun organik, kapas, rami, linen atau wol organik yang dapat terurai secara alami di alam. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan sintetis seperti polyester dan nilon, karena dalam proses pembuatannya membutuhkan sumber daya alam yang berdampak besar pada lingkungan.

Kenali label dan sertifikasi

Cari dan periksalah label atau sertifikasi pada pakaian yang akan dibeli, untuk mengetahui bahwa produk tersebut dihasilkan secara berkelanjutan dan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Seperti Global Organic Textile Standard (GOTS) untuk produk organik, Fair Trade untuk mendukung hak buruh yang adil, dan Oeko-Tex untuk bahan yang bebas dari zat berbahaya. 

Baca juga:   3 Tips Memilih Material Fashion yang Ramah Lingkungan

Pertimbangkan kualitas daripada kuantitas

Pilihlah pakaian yang berkualitas tinggi dengan jahitan yang rapi dan terbuat dari bahan yang dapat bertahan lebih lama, sehingga mampu meminimalkan kebutuhan akan pembelian pakaian baru dengan cepat dan mengurangi limbah tekstil. 

Lebih baik berinvestasi pada pembelian pakaian yang berkualitas untuk menghemat biaya dalam jangka panjang, daripada membeli pakaian yang murah tapi cepat mengalami kerusakan dan tidak dapat dimanfaatkan lagi. 

Hindari fast fashion

Usahakan untuk menjauhi merek-merek fast fashion yang menghasilkan produk dalam jumlah besar dan dalam waktu singkat. Sebab, jika pembelian produk fast fashion dilakukan terus menerus tanpa ada kesadaran terhadap keberlanjutan lingkungan, hal ini seringkali menghasilkan limbah tekstil dalam jumlah besar karena kualitas produk fast fashion yang rendah dan berumur pendek.

Beli secondhand atau vintage

Membeli pakaian secondhand atau pakaian bekas dan vintage, juga bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk meminimalkan kebutuhan akan pakaian baru dan mampu mengurangi limbah tekstil. Selain itu manfaat lain yang bisa didapatkan adalah menghemat biaya, karena biasanya barang bekas dijual dengan harga miring dan barangnya masih dalam kondisi bagus untuk digunakan.

Pilih produk lokal

Kebanyakan masyarakat cenderung lebih memilih produk impor dari luar negeri karena terkesan mewah, padahal sebenarnya kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk merek luar negeri. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan memilih produk pakaian lokal untuk mendukung ekonomi dalam negeri dan membantu mengurangi dampak negatif dari jejak karbon yang dihasilkan dari transportasi jarak jauh terhadap lingkungan.

Pilih pakaian daur ulang

Carilah produk pakaian yang terbuat dari bahan daur ulang seperti polyester daur ulang atau bahan lain yang dihasilkan dari limbah tekstil. Dengan mendaur ulang pakaian yang sudah tidak terpakai dapat mengurangi jumlah limbah tekstil, dan mendukung keberlanjutan lingkungan.

Baca juga:   8 Bahan Ramah Lingkungan dalam Produksi Sepatu

Pilih pakaian dengan pewarna alami

Pilihlah pakaian yang menggunakan pewarna alami dalam proses pembuatannya, karena bahan pewarna alami tidak berbahaya bagi lingkungan, aman untuk kulit, serta memiliki rentang warna yang lebih tajam dan luas. Misalnya pewarna yang berasal dari berbagai bagian tumbuhan yang diekstrak yaitu daun, buah, kulit kayu, akar, biji, dan bunga. Selain itu, beberapa jenis tanaman lain juga bisa dijadikan sebagai bahan dasar pewarna alami seperti kunyit, secang, bawang merah, kelapa, teh dan masih banyak lainnya. 

Dengan memahami dan mengikuti panduan memilih pakaian ramah lingkungan yang berkelanjutan, kita dapat memiliki kesadaran untuk memilih pakaian ramah terhadap lingkungan. Juga berkesempatan untuk mendukung praktik-praktik produksi yang berkelanjutan serta berkontribusi dalam meminimalkan dampak industri fashion terhadap lingkungan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
fitinline.com https://fitinline.com/article/read/4-tips-memilih-material-yang-sustainable-untuk-produksi-pakaian/
Diakses pada tanggal 13 Agustus 2023

nova.grid.id https://nova.grid.id/read/051658980/5-tips-memilih-busana-ramah-lingkungan-yang-nyaman-dan-tetap-gaya?page=all
Diakses pada tanggal 13 Agustus 2023

bahasa.newsbytesapp.com https://bahasa.newsbytesapp.com/news/lifestyle/panduan-untuk-memilih-pakaian-yang-berkelanjutan-dan-ramah-lingkungan/story
Diakses pada tanggal 13 Agustus 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram