Monday, 01 January 2022

Tips Pilih Jenis Topi Pria Sesuai Bentuk Wajah

Jenis topi pria tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahan.
September 4, 2023  | Zepanya Hutabarat
Tips Pilih Jenis Topi Pria Sesuai Bentuk Wajah
 

Pada dasarnya, tidak ada gaya topi yang salah untuk satu bentuk wajah tertentu. Tetapi beberapa gaya topi terlihat lebih on point, lebih keren, lebih stylish, pada beberapa bentuk wajah tertentu daripada yang lain. 

Memilih jenis topi pria sesuai bentuk wajah adalah tentang keseimbangan, keharmonisan, dan proporsi. Tentang menyeimbangkan panjang dan lebar wajah kamu dengan ukuran dan gaya topi. Mau tau apa saja tips pilih jenis topi pria? Lanjut baca terus ya.

Tips memilih jenis topi pria sesuai bentuk wajah

Aturan umum atau tips pilih jenis topi pria sesuai bentuk wajah adalah kamu harus mencondongkan pilihan jenis topi pria yang fiturnya kontras dengan bentuk wajah kamu. 

Kalau selama membaca ulasan di bawah ini kamu ketemu istilah yang asing untuk nama suatu jenis topi, kamu bisa sambil membuka halaman laruna yang berjudul Lengkap! 16 Jenis Topi Pria Bakal Bikin Tambah Kece.

Setidaknya, ada enam bentuk wajah yang umum. Laruna telah membuat daftar pedoman dasar untuk jenis topi mana yang paling cocok untuk bentuk wajah tertentu, dan mana yang perlu dihindari, antara lain:

Jenis topi pria untuk wajah bulat

Panjang dan lebar wajah sama, wajah bulat menampilkan bentuk simetris melingkar tanpa sudut. Untuk menyeimbangkannya, pilih gaya topi yang kontras dengan bentuk wajah bulat untuk menciptakan ilusi sudut pada wajah. 

Pilihannya adalah topi dengan mahkota atau bagian atas berbentuk kotak dan agak tinggi, seperti misalnya topi Fedora, topi Panama, atau topi Boonie. Sebisa mungkin hindari topi dengan mahkota bulat yang bisa membuat kesan wajah kamu terlihat makin bulat.

Baca juga:   Cara Berpakaian Pria Tinggi yang Tepat

Sementara Fedora dan Panama bisa kamu kenakan untuk occasion semi formal, topi Boonie ideal untuk aktivitas outdoor, seperti hiking, memancing, dan berkemah.

Wajah oval cocok dengan banyak jenis topi pria

Bagian dagu dan rahang membulat, mirip seperti bentuk wajah bulat, tetapi ukuran panjang wajah oval lebih besar sedikit dibanding lebarnya. Pada dasarnya, hampir semua jenis topi pria cocok bagi kamu si pemilik wajah oval.

tips pilih jenis topi pria
Dapperconfidential.com via id.pinterest.com

Kamu bebas pilih jenis topi yang akan kamu kenakan. Hanya, sesuaikan dengan situasi acara yang kamu hadiri. Jenis topi seperti topi Fedora, Trilby, Porkpie, Homburg, flat cap, newsboy cap, bisa kamu pakai untuk tampilan semi formal, sementara topi Bisbol, Trucker, Snapback, Beanie untuk tampilan kasual.

Wajah kotak

Karena memiliki bentuk sudut wajah, terutama garis rahang, yang tampak jelas dan tegas, kamu dengan bentuk wajah persegi disarankan pilih topi dengan fitur melingkar untuk memberikan ilusi melunakkan sudut wajah yang kaku.

Pilih topi dengan bentuk mahkota dan pinggiran bulat, yang kontras dengan bentuk wajah kotak. Topi bowler salah satunya. Bagian mahkota dan pinggirannya yang berbentuk bulat bakal menyeimbangkan sudut tegas wajah persegi kamu. Dipasangkan dengan kemeja atau jas rompi, topi ini bisa kamu pakai saat occasion semi formal.

Pilihan lainnya yang cukup oke untuk kamu pakai yakni Topi Baoter, Bucket Hat, topi Bisbol dan sejenisnya, flat cap, atau newsboy cap. Yang terpenting, hindari jenis topi bentuk kotak atau dengan lekukan sudut yang tampak jelas, seperti misalnya topi Porkpie.

Wajah berbentuk hati

Wajah berbentuk hati memiliki lebar yang sama pada dahi dan tulang pipi, tetapi kemudian menyempit di bagian garis rahang, seperti bentuk huruf V, atau segitiga terbalik. 

Baca juga:   5 Tips Inspirasi Style Sheer Outfit

Pada dasarnya, gaya topi apa pun bakal menunjang stye look kamu si pemilik wajah berbentuk hati, asalkan pinggiran atau tepi topi tidak lebar. Topi dengan pinggiran lebar hanya akan membuat dahi tampak lebih lebar dan dagu tampak lebih sempit.

Jenis-jenis topi seperti topi Beanie dan topi Porkpie adalah pilihan terbaik untuk wajah berbentuk hati. Jenis topi ini bakal memberikan ilusi lebar dahi yang lebih seimbang. 

Wajah segitiga

Kebalikan dari wajah berbentuk hati, wajah segitiga ditandai dengan lebar dahi lebih kecil dibanding tulang pipi, sedangkan garis rahang lebar atau hampir berbentuk persegi. Untuk menyelaraskan proporsi wajah, pilih jenis topi dengan mahkota atau pinggiran yang lebar. Gaya topi ini bakal memberi kesan lebar pada bagian dahi.

Fedora dengan pinggiran yang lebar, topi beanie dengan bentuk cekung, atau topi yang dilengkapi dengan aksen di bagian bawah, seperti trilby, dapat menjadi pilihan yang baik. Pilhan lainnya seperti flat cap, cloche hat, newsbot cap masih bisa kamu kenakan sebagai variasi style. Hindari gaya topi dengan mahkota yang lebih sempit dari tulang pipi. 

Bentuk Wajah Panjang

Ada dua gaya topi yang sesuai untuk bentuk wajah panjang. Yang pertama gaya topi dengan pinggiran yang lebar dan yang kedua yakni gaya topi dengan mahkota yang pendek. Kedua gaya tersebut menyeimbangkan wajah yang panjang dengan cara menciptakan ilusi lebar pada wajah.

Pilihan untuk topi dengan pinggiran lebar antara lain topi Fedora dan topi Boonie. Sementara itu,  topi dengan mahkota yang lebih pendek diantaranya seperti flat cap, baseball cap, atau newsboy cap. Selain kedua gaya topi tersebut, Topi dengan visor yang rata atau lebar, seperti misalnya topi Snapback dan Topi Bisbol, juga bisa jadi pilihan yang oke.

Baca juga:   7 Inspirasi Gaya Fashion dari Karakter Fiksi Terpopuler

Terlepas dari penjelasan tips pilih jenis topi pria sesuai bentuk wajah di atas, keputusan akhir ada di tangan kamu. Selama kamu nyaman dan percaya diri mengenakannya, barangkali jenis topi itu yang harus kamu pilih. 


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.hats.com/face-shapes (diakses 8 juni 2023)
https://www.brixton.com/blogs/broadcast/best-hats-for-face-shapes (diakses 8 juni 2023)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram