Monday, 01 January 2022

Ice Skating Wear 1800s-1950s Transformation

Ice skating atau seluncur es merupakan sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga musim dingin dengan cara berseluncur diatas es menggunakan sepatu seluncur.
July 28, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
 

Ice skating wear atau pakaian seluncur es adalah sebuah istilah yang mengacu pada pakaian khusus yang dirancang dan digunakan untuk olahraga seluncur di es. Dalam pembuatannya pakaian ini juga mempertimbangan kinerja, kenyamanan, dan keselamatan agar dapat mendukung setiap orang yang melakukan kegiatan seluncur ini.

Ice skating wear dapat mencakup berbagai macam perlengkapan dan aksesoris yang sesuai dengan beberapa jenis olahraga seluncur es seperti seluncur indah, seluncur cepat, seluncur hoki dan lain sebagainya. Dan seiring dengan berjalannya waktu, busana ice skating wear mengalami perubahan yang terjadi dalam periode tahun 1800an hingga 1950an, antara lain:

1800an

Pada tahun 1800an, ice skating wear yang digunakan masih terbilang sederhana dan belum terlalu khusus untuk olahraga seluncur es, sehingga tidak memiliki fitur teknis yang kompleks.

  • Menggunakan pisau logam di bawah sepatu biasa untuk meluncur diatas permukaan es
  • Wanita mengenakan pakaian harian seperti gaun atau rok panjang, sesuai dengan pilihan pakaian yang umum di masa itu, meskipun dapat menghambat pergerakan saat berada di atas es
  • Pria mengenakan celana panjang dan kemeja seperti pakaian olahraga pada umumnya
  • Menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari suhu dingin, dan topi atau tudung untuk melindungi kepala

Di masa ini ice skating wear atau pakaian seluncur es cenderung lebih fungsional daripada modis, karena olahraga seluncur es belum begitu populer.

ice skating wear

1900an

Selama tahun 1900an, ice skating wear mengalami beberapa perubahan dan lebih berkembang dibandingkan dengan periode sebelumnya.

  • Penggunaan sepatu khusus ice skating yang dilengkapi dengan pisau logam di bagian bawahnya mulai umum digunakan, juga desain dan teknologi sepatu ice skating semakin berkembang yang ditandai dengan meningkatnya daya cengkraman dan kontrol yang baik saat sepatu berada di atas es
  • Wanita mulai mengenakan gaun atau rok yang lebih pendek daripada abad sebelumnya, sehingga perubahan ini memungkinkan pergerakan yang lebih luas dan kenyamanan selama berseluncur di es
  • Baik pria maupun wanita mulai mengenakan jaket atau sweater untuk melindungi diri dari suhu dingin
  • Penggunaan sarung tangan tetap menjadi aksesoris penting untuk melindungi tangan dari suhu dingin saat berseluncur di es
  • Terkadang penambahan aksesoris seperti syal atau topi dilakukan untuk menambah sentuhan gaya pada ice skating wear
Baca juga:   Tren Gaun Pernikahan yang Berkembang di Abad ke-20

Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi pisau seluncur dan popularitas olahraga ice skating atau seluncur es semakin meningkat.

ice skating wear
ice skating wear

1920an hingga 1950an

Di era ini, terjadi beberapa perubahan dan perkembangan pada ice skating wear sesuai dengan tren dan mode yang sedang populer.

  • Sepatu ice skating terus mengalami perubahan dan berkembang dari segi desain dan teknologi yang semakin baik untuk meningkatkan performa seluncur
  • Wanita mulai mengenakan gaun atau rok yang lebih pendek dan longgar bergaya flapper atau swing, agar lebih bebas bergerak ketika berada di atas es dan mencerminkan kebebasan serta kegembiraan di masa ini.
  • Terkadang bagi wanita yang menginginkan kenyamanan ketika bermain ice skating, bisa mengenakan celana pendek atau celana panjang 
  • Mengenakan pakaian pelapis seperti sweater dan kardigan bisa melindungi tubuh dari suhu dingin saat berseluncur di es
  • Aksesoris tambahan seperti syal, sarung tangan, dan topi masih tetap menjadi bagian penting dalam ice skating wear
  • Di periode ini, baju khusus ice skating mulai diperkenalkan dengan kelebihannya yang fungsional dan nyaman serta sentuh gaya seperti renda, bordir, atau hiasan lainnya  juga mulai populer

Akibatnya di tahun 1950an olahraga ice skating semakin banyak disukai, karena desain dan fungsinya juga semakin lebih baik.

ice skating wear
ice skating wear
ice skating wear

Memasuki tahun 2000an sampai sekarang, ice skating wear atau pakaian seluncur mengalami perubahan yang signifikan dalam berbagai hal dengan mempertimbangkan teknis dan mode yang seimbang, untuk memenuhi kebutuhan penyuka olahraga ice skating dan mengikuti tren mode terkini. 


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Tren Fashion Gaun Pengantin Tahun 1880-1930
Reference: 
bloshka.info http://bloshka.info/2020/12/14/ice-skating-wear/
Diakses pada tanggal 21 Juli 2023

id.wikipedia.org https://id.m.wikipedia.org/wiki/Seluncur_es
Diakses pada tanggal 21 Juli 2023

skateguard1.blogspot.com https://skateguard1.blogspot.com/2016/06/a-century-of-figure-skating-fashion.html?m=1
Diakses pada tanggal 21 Juli 2023

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram