Monday, 01 January 2022

Warna Trendy 2023: Digital Lavender!

Tidak hanya di dunia fashion, Digital Lavender ini juga diprediksikan akan populer di dunia arsitektur!
March 13, 2023  | Levina Chrestella Theodora
digital lavender
 

Saat tahun 2022 diramaikan dengan warna Barbiecore Pink, sepertinya tahun 2023 akan didominasi dengan warna Digital Lavender.

(Sumber: WGSN)

Imm Cologne, Manufaktur Mebel dan Perabot Rumah Tangga mengatakan bahwa warna Digital Lavender Juga dikenal dengan kode Coloro 134-67-16. Warna ini semakin sering muncul di dunia digital, menunjukkan bahwa Digital Lavender akan segera masuk ke dunia nyata. Imm Cologne berprediksi bahwa warna tersebut akan mempengaruhi tren perabotan rumah dan interior.

Karena itu lah warna ungu pastel ini dinamakan “Digital Lavender

Warna ini berawal marak di dunia digital saja, belum hadir di dunia nyata.

WGSN juga memprediksikan hal yang sama. “Kami memprediksi bahwa warna ungu akan kembali pada 2023– warna yang akan merepresentasikan kesehatan, eskapisme digital, dan stabilitas, yang terhubung dengan fokus yang berkembang pada kesehatan mental,” prediksi WGSN.

Dalam dunia fashion, Digital Lavender telah menjadi pilihan populer di kalangan anak muda, dan berbagai merek telah menggunakan daya tariknya yang inklusif terhadap gender, tulis WGSN. Data analitik catwalk WGSN menunjukkan bahwa warna ini semakin populer di peragaan busana musim semi/musim panas baru-baru ini.

"Ini adalah warna yang menampilkan optimisme dan pelarian yang sangat dibutuhkan pasca pandemi dan bahkan di saat-saat sulitnya anggaran; warna ini imajinatif dan kreatif, namun juga menunjukkan ketenangan dan keseimbangan," kata Clare Smith, seorang Ahli Strategi Warna di WGSN kepada Marie Claire.

Warna digital lavender ditemukan pada koleksi catwalk S/S 2022. (Sumber: Salvatore Ferragamo FW21 © Catwalkpictures.com)

Walau sedang populer saat ini, warna ungu muda ini bukanlah warna yang baru. Smith berbagi kepada Marie Claire bahwa warna Digital Lavender sudah populer di beberapa tahun ini.

Baca juga:   Tren Persona Color ala Artis dan Idol Korea

“Saat kami pertama kali meramalkan lavender digital pada tahun 2021, ungu adalah salah satu warna yang paling cepat meningkat dari tahun ke tahun di peragaan busana Musim Gugur/Musim Dingin 21/22, dengan tingkat warna ungu yang lebih sejuk seperti lavender digital meningkat 55 persen dari tahun ke tahun,” ujar Smith.

WGSN mengatakan bahwa di antara semua warna ungu yang digunakan pada koleksi catwalk S/S 22, warna ungu pastel mencakup 57,2% dari keseluruhan (+8,2% YoY), dan angka ini meningkat menjadi 61,6% (+4,3% YoY) untuk koleksi S/S 23.

Lavender: Bunga yang Melambangkan Ketenangan

Warna dan bahkan bunga Lavender sudah lama dikenal dengan “ketenangan.” Bahkan, bunga lavender sendiri digunakan dalam dunia medis. Menurut Smith (2002) dalam risetnya, Efek sedatif lavender yang diidentifikasi dalam studi farmakologis di atas menunjukkan bahwa lavender mungkin menawarkan cara yang tidak terlalu invasif.

Lavender juga lebih ekonomis dan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres dan kecemasan dibandingkan dengan obat-obatan yang ada saat ini, dan tanpa efek samping.

“Lavender secara tradisional diduga memiliki berbagai sifat terapeutik dan kuratif, mulai dari mendorong relaksasi hingga mengobati infeksi parasit, luka bakar, gigitan serangga, dan kejang. Ada bukti yang menunjukkan bahwa minyak lavender dapat menjadi obat yang efektif dalam pengobatan beberapa gangguan neurologis,” tulis Koulivant et al., (2013).

Oleh karena itu, kamu akan sering melihat orang menjual “lavender oil,” atau “minyak lavender” untuk membantu orang-orang dengan gangguan kecemasan dan depresi. 

Lebih keren lagi, Lavender dilaporkan bermanfaat dalam pengobatan nyeri akut maupun kronis atau nyeri yang tidak dapat disembuhkan. Kamu bisa membaca riset lengkap mengenai dampak positif Lavender di penelitian ini.

Baca juga:   Tren Warna Tahun 2023: 'Viva Magenta' Versi Pantone

Konklusi

Digital Lavender adalah warna inklusif gender yang digemari anak muda dan diprediksikan akan menyebar ke semua kategori produk fashion juga perabotan pada 2023. 

Warna yang kalem, Digital Lavender, warna yang akan menghiasi tahun 2023 ini menandakan stabilitas, ketenangan, dan eskapisme digital yang telah dibangun oleh banyak orang ke dalam ritual mereka untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan mental di masa-masa sulit.

Terinspirasi dari tanaman aromatik lavender yang membantu mengurangi kecemasan dan bahkan membantu mengobati nyeri kronis, diharapkan bahwa melihat warna lavender juga akan memberikan efek yang sama– membuat pikiran dan hati menjadi tenang dan mengurangi kecemasan hidup.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
WGSN. Top Fashion Trends for 2023 & Beyond. https://www.wgsn.com/fashion/p/article/63b5911bdb6ac2ee7ada3734?lang=en&_gl=1*tbug7d*_ga*NDAwNTE0MjM5LjE2NjYwNjM2MDI.*_ga_3N1Q1PKH1F*MTY3NTkzODQxNC42LjEuMTY3NTkzODQ3Ni4wLjAuMA (Diakses pada: 16 Februari 2023)

Marie Claire. 2023's Digital Lavender Trend Is Taking Over. https://www.marieclaire.com/fashion/digital-lavender-trend-2023/ (Diakses pada: 16 Februari 2023)

Smith. The psychological effects of Lavender II: Scientific and clinical evidence. https://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S0962456203000778 (Diakses pada: 16 Februari 2023)

Koulivant et al.,. Lavender and the Nervous System. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3612440/ (Diakses pada: 16 Februari 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram