Monday, 01 January 2022

Kilas Balik: 10 Fashion Trends yang Muncul di Tahun 2022

Pergantian mode busana bisa berupa fashion yang baru atau yang dulunya sudah pernah tren, lalu populer kembali.
January 16, 2023  | Utari Ayuningtyas
 

Tak terasa waktu berlalu beriringan dengan masa pasca-pandemi yang masih berjalan berdampingan dengan kita membuat sebagian perubahan dalam berbagai aspek termasuk industri fashion. Namun, ada satu perbedaan besar; kali ini, gaya klasik diciptakan kembali dalam gaya oversized, activewear, dan streetwear. Berikut adalah 10 fashion trends yang muncul di tahun 2022.

Hipster

Layaknya para pecinta gaya elemen vintage retro bernuansa era 60-70-an. Dengan model bawahan rok dan celana yang potongannya dimulai dari panggul atau hip.

Tren hipster telah mewarnai busana era millenium seperti Paris Hilton hingga Britney Spears. Saat ini pun rumah mode dunia seperti Versace atau Chanel turut menghadirkan item fenomenal tersebut dengan style yang lebih kekinian.

Pearl

Di bagian aksesoris, kamu akan temukan berbagai model unik dari mutiara. Dengan aksen cantik dan klasik yang tak lekang oleh waktu.

Aksesoris ini pun tak hanya digunakan untuk wanita namun juga pria, seperti Harry Styles dan Shawn Mendes turut memicu tren ini berkembang.

Bright Color

Setelah hampir menghabiskan waktu dua tahun di tengah pandemi Covid-19. Warna-warna cerah memberikan motivasi dari hasil perasaan kebebasan pasca lockdown. Seperti WSGN memprediksi orchid flower sebagai salah satu warna yang akan menjadi tren.

Nuansa terangnya diklaim menjadi semacam pelarian untuk menenagkan diri dari situasi yang tak menentu saat ini. Selain itu Veri Peri sebagai tren warna 2022 versi Pantone yang memberikan kombinasi biru yang menenangkan dan merah yang energik sehingga menghasilkan warna ungu pastel yang lembut.

Baca juga:   Putri Charlotte dan Gaun Berusia Satu Dekade

NFT Fashion

Popularitas NFT (Non-Fungible Token) sempat meluas belakangan ini. Banyak seniman dan kreator yang mengadaptasi kreasi mereka menuju Metaverse.

Industri fashion pun tak ketinggalan ikut serta dalam teknologi ini. Banyak brand seperti Gucci dalam meluncurkan merek NFT esklusif barunya dalam koleksi “Gucci Aria”. Tak hanya itu Louis Vuitton, Burberry, hingga Adidas turut serta berkolaborasi dengan NFT.

Berbahan Rajut

Penggunaan pakaian dengan tekstur rajut kini ramai dipilih oleh kaum millenial dan generasi Z. Hal ini tentunya terlihat secara jelas di kalangan anak muda yang sedang hangout atau menghadiri acara yang kasual.

Namun, tetap perlu juga melakukan mix and match agar bisa mendapatkan kombinasi yang tepat, ya. Busana ini sendiri dinilai bisa membuat para perempuan semakin feminin dan memberikan kesan yang lembut dan ceria.

Luxe Sportwear

Luxe Sportswear menjadi salah satu jenis busana yang saat ini sedang ramai digandrungi.

Meskipun nggak ada yang pernah menyangka bahwa pakaian sporty bisa dijadikan sebagai mode busana populer, tetapi nyatanya pakaian ini menjadi terkenal di banyak kalangan, termasuk untuk anak muda

Micro Blazer

Micro Blazer a.k.a super small blazer yang akan membuat penampilan kamu terkesan rapih dan kasual. Tak hanya digunakan untuk acara formal, blazer ini bisa kamu gunakan untuk sehari-hari seperti kuliah ataupun hangout dengan teman.

Kamu bisa padankan dengan mini skirts atau slim pant to make it perfect. Jangan ragu kenakan sneakers ataupun oxford shoes untuk menutup penampilanmu lebih sempurna.

Loud Print

Time to fun up your look dengan item printed yang fun! Mungkin para pencinta minimalist bisa bergeser sejenak.

Item printed ini cukup digemari oleh kalangan milenial karena memiliki motif yang berbeda-beda bahkan beberapa brand menyediakan custom yang bisa disesuaikan dengan gambar favorit kamu loh

Baca juga:   7 Tren Warna Outfit Kekinian yang Wajib Dimiliki di Tahun 2024

Bra Tops

Mungkin selama ini kamu sudah merasakan kalo bra tops ini lagi ngetren banget. Ini juga jadi pilihan favorit outfit formal casual in a blink.

Bisa kamu coba padankan dengan suit set dengan bagian dalam menggunakan bra tops. Pro tips, jika kamu tidak pede menggunakan bra tops langsung, kamu bisa coba layering sebagai luaran dengan t-shirt atau dress fit body.

Puff Sleeves

Puff Sleeves atau lengan balon yang mengacu pada tren fashion tahun 80-an, kini di populerkan kembali dengan lengan supersize.

Beberapa merek terkenal seperti koleksi sweater milik Fendi, McQueen pada koleksi shirtdresses ataupun koleksi mantel musim dingin di JW Anderson. 

So, are you ready to be stylish in 2022? Jangan lupa langsung coba 10 fashion trends 2022 di atas yang akan menambah kamu makin stylish!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://vogue.sg/wearable-nfts-trend-bored-apes/ (Di akses pada: 28 November 2022)

https://www.vogue.com/slideshow/bra-tops-trend (Di akses pada: 28 November 2022)

https://www.harpersbazaar.com/fashion/trends/a38518154/fashion-trends-2022/ (Di akses pada: 28 November 2022)

https://www.vogue.com/article/sport-couture-trend-fall-2022 (Di akses pada: 28 November 2022)

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram