Monday, 01 January 2022

10 Ide Padu Padan Gaya Fashion yang Stylish di Iklim Tropis

Kuncinya adalah kreativitas, jadi jangan pernah ragu untuk mencoba gaya fashion yang mencerminkan dirimu.
April 30, 2024  | Pipintri Aviteni Damayanti
ide padu padan iklim tropis
 

10 Ide Padu Padan Gaya Fashion yang Stylish di Iklim Tropis - Berbeda dengan negara yang memiliki empat musim seperti Eropa, di Indonesia hanya terdapat dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Orang Indonesia akan mengalami kesulitan untuk mengikuti trend mode negara dengan empat musim tersebut, yakni Spring/Summer, Autumn/Winter atau dikenal Fall/Winter, karena perbedaan waktu pagi dan malam sesuai dengan musim yang sedang berlangsung.

Namun sebaliknya, orang Eropa akan cenderung lebih cepat beradaptasi dengan iklim tropis di Indonesia karena hanya terdapat dua musim, dan hampir selalu panas sepanjang tahunnya. Akibatnya, gaya fashion di Indonesia lebih mengutamakan kenyamanan, kesegaran, dan perlindungan dari panas matahari yang intens. Dibawah ini adalah 10 inspirasi ide padu padan gaya fashion yang stylish di iklim tropis dan bisa kamu tiru, yaitu:

1. Atasan tanpa lengan

Atasan seperti kaos, blus berbahan ringan, atau kemeja kaos yang tidak berlengan adalah pilihan terbaik untuk dipakai di iklim tropis. Karena model ini memungkinkan tubuh mendapat sirkulasi udara untuk bernapas dengan baik, dan memberikan kenyamanan ekstra bagi penggunanya di cuaca yang panas.

2. Pakaian berwarna terang dan cerah

Pakaian dengan warna-warna terang dan cerah seperti putih, kuning, orange, biru laut, merah muda atau hijau pastel mampu memberikan nuansa yang ceria dan menyenangkan. Selain itu, pakaian berwarna terang dan cerah dapat membantu mengurangi penyerapan panas dan membuat penampilanmu terlihat lebih segar.

Baca juga:   6 Rekomendasi Sepatu Wanita yang Nyaman buat ke Kantor

3. Celana pendek atau rok

Untuk bawahannya bisa memakai celana pendek yang nyaman atau rok midi ringan, usahakan untuk memilih celana atau rok yang sesuai dengan gaya pribadimu agar penampilanmu semakin stylish dan percaya diri meskipun cuaca sedang panas-panasnya.

4. Gunakan aksesoris

Sebagai pelengkap penampilan, pilih aksesoris sederhana seperti anting-anting kecil, kalung tali, atau gelang karet untuk memberi sentuhan gaya yang lebih menarik. Selain itu, gunakan aksesoris lain seperti tas berbahan ringan, topi, kacamata, atau payung untuk melindungi diri dari sengatan matahari agar tidak terlalu merasa panas.

5. Sandal atau sepatu terbuka

Sedangkan untuk alas kakinya, keputusan memakai sandal, espadrille, sepatu terbuka atau sejenisnya adalah sebuah pilihan yang tepat, karena dengan memakainya sirkulasi udara menjadi lebih baik dan mengurangi risiko kelembaban pada kaki, sehingga membuat kaki tetap sejuk dan nyaman.

6. Mencoba pakaian berlapis

Gaya berlapis juga bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk dipakai di iklim tropis, dengan cara mengenakan blus tipis dengan luaran rompi atau jaket tipis yang bisa dilepas kapan saja atau jika cuaca tiba-tiba terasa lebih panas.

7. Pakaian bermotif tropis

Pakaian dengan motif bunga, dedaunan, atau motif alam lainnya sangat cocok untuk gaya fashion di iklim tropis. Motif-motif tropis ini tidak hanya memberikan nuansa alami yang menyegarkan, tapi juga dapat mengalihkan perhatian dari keringat atau noda yang mungkin terjadi karena cuaca yang panas di iklim tropis.

8. Kaos polo

Jenis atasan lainnya yang bisa menjadi pilihan sangat baik adalah kaos polo, yaitu sebuah atasan dengan potongan sederhana yang dapat menciptakan penampilan bergaya kasual, terlihat santai namun tetap rapi dan nyaman. 

Baca juga:   7 Inspirasi Fashion Eklektik yang Unik dan Berani

9. Pakaian serba putih

Mode all-white atau pakaian serba putih juga sangat cocok untuk dikenakan di iklim tropis, karena pakaian serba putih mampu mencerminkan cahaya matahari dan menjaga tubuh tetap sejuk di cuaca yang panas.

10. Pakaian renang stylish

Jika sering berada di dekat area pantai atau kolam renang, pastikan memiliki pakaian renang yang stylish dan nyaman untuk berenang atau sekedar berjemur, saat ingin menyegarkan badan di tengah cuaca yang panas terik.

Berbagai ide padu padan gaya fashion diatas bisa menjadi inspirasi untuk membuatmu selalu tampil stylish, meskipun berada di wilayah beriklim tropis dengan cuacanya yang panas. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap merasa nyaman seperti :

  • Memilih bahan pakaian yang tepat, terbuat dari bahan-bahan ringan dan bernapas, misalnya katun, linen, rayon atau chiffon
  • Perlindungan terhadap matahari, dengan menggunakan tabir surya yang kuat untuk melindungi diri dari efek buruk sinar matahari
  • Memakai pakaian yang longgar, untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik dan membuat tubuh terasa sejuk
  • Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan sesuai dengan pakaian, pilih yang terbuat dari bahan bernapas seperti katun karena dapat menjaga kesejukan dan mengurangi resiko iritasi kulit.

Ingatlah untuk selalu memilih gaya fashion yang membuatmu nyaman dan percaya diri, tidak hanya di iklim tropis saja tetapi di semua musim.

Semoga terinspirasi!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
kapanlagi.com https://www.kapanlagi.com/showbiz/hollywood/mengintip-spring-fashion-trend-ala-streetwear-paris-yang-cocok-digunakan-di-iklim-tropis-c2387f.html
Diakses pada tanggal 2 September 2023

rimma.co https://rimma.co/49728/fashion/ceriakan-penampilanmu-di-tengah-cuaca-panas-dengan-10-inspirasi-gaya-tropical-prints-yang-lagi-hits-banget-ini/
Diakses pada tanggal 2 September 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram