Monday, 01 January 2022

10 Inovasi Fashion Unik, Serat Buah Jeruk Salah Satunya

Dalam hal inovasi fashion unik, hal-hal seperti manfaat, adopsi konsumen, dan perkembangan teknologi yang konstan sangatlah penting.
March 9, 2023  | Anisa Ramadhani
inovasi fashion unik
 

Inovasi fashion unik dapat membantu menggantikan bahan yang boros dengan alternatif yang berkelanjutan dan diciptakan dari bahan-bahan bekas pakai atau bahkan bersifat alami. Hal ini dapat mengakhiri pekerjaan manusia yang bergaji rendah, berulang-ulang, dan berbahaya, serta membantu menciptakan industri produk fashion unik yang lebih ramah lingkungan.

Sumber: www.rts.com

Namun, dalam hal teknologi, tidak semua perkembangan cocok untuk industri fesyen. Yuk, intip beberapa contoh fashion unik internasional yang menginspirasi dalam artikel di bawah ini!

Virtual Clothes

Inovasi fashion unik yang pertama ialah Superpersonal. Superpersonal adalah startup Inggris yang membuat aplikasi yang memungkinkan pembeli untuk mencoba pakaian secara virtual. Pengguna tinggal memberikan informasi dasar seperti jenis kelamin, tinggi badan dan berat badan kepada aplikasi ini.

Superpersonal menciptakan versi virtual dari pengguna dan mulai menambahkan pemodelan pakaian digital pada siluet virtual. Aplikasi ini diluncurkan di London Fashion Show pada bulan Februari dan sudah tersedia untuk diunduh. Perusahaan ini juga memiliki versi komersial Superpersonal untuk gerai ritel. Hal ini memungkinkan peritel untuk menciptakan pengalaman belanja yang dipersonalisasi bagi pelanggan mereka, sangat praktis dan mudah.

Digital Runways

Pada fase awal pandemi COVID 19, Tokyo Fashion Week memikirkan kembali peragaan busananya dengan menyiarkan presentasi konsep secara online, tanpa penonton langsung namun tetap terasa real and intimate. Terinspirasi oleh upaya Tokyo, kota-kota lain telah beralih ke teknologi untuk berkomunikasi dengan audiens mereka yang sedang 'tinggal di rumah'. Ke depannya, peragaan busana secara online juga bisa dilakukan di beberapa kesempatan lho.

Baca juga:   Eco-friendly packaging agar Bisnis Fashion Kamu Makin Bermakna

Nanotechnology Material

Berkat 'PlanetCare', ada filter serat mikro yang dapat diintegrasikan ke dalam mesin cuci untuk menangkap mikroplastik sebelum mencapai air limbah. Sistem ini didasarkan pada mikrofiltrasi air, dan bekerja berkat serat dan membran bermuatan listrik. Nanoteknologi ini berkontribusi dalam mengurangi polusi mikroplastik di perairan dunia dari bermacam produk fashion.

Bio Packaging

'Paptic' adalah sebuah perusahaan yang memproduksi bahan kemasan alternatif berbasis bio yang terbuat dari kayu. Bahan yang dihasilkan memiliki sifat yang mirip dengan kertas dan plastik yang digunakan di sektor ritel. Meskipun bahan alternatif, tapi bahan ini memiliki ketahanan sobek yang lebih tinggi daripada kertas dan dapat didaur ulang bersama dengan kardus. Beberapa brand produk fashion memilih packaging yang eco-friendly.

Bahan dari Serat Buah Jeruk

Inovasi produk fashion unik lainnya adalah serat jeruk yang diekstraksi. Selulosa yang ditemukan dalam jeruk yang dibuang selama pengepresan dan pemrosesan industri. Serat tersebut kemudian diperkaya dengan minyak esensial buah jeruk, menciptakan kain yang unik dan berkelanjutan.

Needle-Free Sewing

Nano Textiles adalah alternatif yang berkelanjutan untuk menggunakan bahan kimia untuk menempelkan lapisan akhir pada kain. Bahan inovatif ini menyematkan lapisan kain langsung ke dalam kain melalui proses yang disebut 'kavitasi'. Teknologi Nano Textiles dapat digunakan pada berbagai macam produk seperti pelapis antibakteri dan anti-bau, atau anti air.

Knitting Robot

Scalable Garment Technologies Inc telah membangun mesin rajut robotik yang terhubung dengan perangkat lunak pemodelan 3D. Robot ini dapat membuat garmen rajut khusus yang mulus. Selain itu, perangkat rajut hasil dari inovasi fashion yang unik ini memungkinkan digitalisasi seluruh proses produksi dan manufaktur sesuai permintaan.

Baca juga:   Menerapkan Sustainable Fashion di Bulan Ramadhan!

Fabric from Apples

Pektin apel adalah produk limbah industri yang sering kali dibuang di akhir proses produksi. Namun, teknologi baru yang dikembangkan oleh Frumat memungkinkan penggunaan pektin apel untuk menciptakan bahan yang berkelanjutan dan dapat dijadikan kompos.

Merek ini menggunakan kulit apel untuk menciptakan bahan seperti kulit yang cukup tahan lama untuk membuat aksesori mewah. Selain itu, jenis kulit apel vegan ini dapat diwarnai dan disamak tanpa bahan kimia beracun.

Biodegradable Glitter

BioGlitz adalah perusahaan pertama di dunia yang memproduksi glitter yang dapat terurai secara hayati. Berdasarkan formula unik yang terbuat dari ekstrak pohon eukaliptus, glitter ramah lingkungan ini dapat dibuat kompos dan dapat terurai secara hayati. Inovasi fashion unik yang luar biasa karena memungkinkan konsumsi glitter yang berkelanjutan tanpa kerusakan lingkungan yang terkait dengan mikroplastik.

Fabric from Seaweed

Algiknit adalah perusahaan yang memproduksi tekstil dan serat dari kelp, salah satu jenis rumput laut. Proses ekstrusi mengubah campuran biopolimer menjadi benang berbahan dasar rumput laut yang dapat dirajut, atau dicetak 3D untuk meminimalkan limbah. Pakaian rajut ini nantinya dapat terurai secara hayati dan tidak mencemari lingkungan.Wah, keren dan ciamik ya 10 inovasi fashion unik diatas. Memanfaatkan teknologi digital sampai bahan-bahan alami untuk menciptakan sustainable fashion. Inovasi mana yang menurutmu paling unik?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.jawapos.com/internasional/17/03/2019/serat-buah-jeruk-jadi-bahan-pakaian-di-italia/ (Diakses pada: 10 Febaruari 2023)

https://www.dw.com/id/orange-fiber-serat-buah-jeruk-bahan-busana-dari-italia/a-47789915 (Diakses pada: 10 Febaruari 2023)

https://www.dream.co.id/lifestyle/fashion-berkelas-dari-kulit-jeruk-dan-daun-nanas-190404v.html (Diakses pada: 10 Febaruari 2023)

https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-4506442/hm-rilis-koleksi-busana-terbuat-dari-daun-nanas-dan-kulit-jeruk (Diakses pada: 10 Febaruari 2023)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram