Monday, 01 January 2022

Mengenal Arti Sustainable Fashion yang Jadi Tema Met Gala 2024

Beberapa desainer memanfaatkan Met Gala sebagai platform untuk memamerkan kreasi mereka yang ramah lingkungan.
May 9, 2024  | Anggun Tifani
arti sustainable fashion met gala 2024
 

Arti Sustainable Fashion yang Jadi Tema Met Gala 2024 - Met Gala 2024, yang diadakan pada tanggal 6 Mei 2024, bukan hanya menjadi ajang pamer gaun-gaun glamor dan selebriti ternama, tetapi juga menjadi momen penting untuk menyoroti isu sustainable fashion. Mengusung tema "Sleeping Beauties: Reawakening Fashion", acara ini mengajak para insan fashion untuk merenungkan kembali dampak industri fashion terhadap lingkungan dan mendorong adopsi praktik yang lebih berkelanjutan.

Arti Sustainable Fashion yang Jadi Tema Met Gala 2024

Pameran yang menyertai Met Gala 2024, berjudul "In America: An Anthology of Fashion", menampilkan koleksi kostum yang menelusuri sejarah fashion Amerika dari abad ke-17 hingga saat ini. Arti Sustainable Fashion yang Jadi Tema Met Gala 2024 ini juga menyoroti bagaimana para desainer telah menggunakan fashion untuk isu-isu terkait lingkungan.

Stella McCartney, desainer ternama yang dikenal dengan komitmennya terhadap sustainable fashion, kembali hadir di Met Gala 2024 dengan gaun yang terbuat dari jamur dan berlian hasil kolaborasi dengan VRAI.

Gaun Mccartney Milik Cara Delevingne Mencerminkan Desainnya yang Ramah Lingkungan

Berlian yang menghiasi gaun tersebut bukan berasal dari penambangan tradisional, melainkan dibuat di laboratorium dengan proses yang berkelanjutan dan etis.

VRAI, produsen berlian asal Amerika Serikat, bekerja sama dengan McCartney untuk menciptakan berlian ini. Proses budidaya berlian VRAI hanya membutuhkan waktu satu bulan di Northwest, AS, dan tidak merusak alam atau mengeksploitasi pekerja.

Baca juga:   Serba Serbi Met Gala 2024: Dress Code, Co-Chairs, dan Tamu

Reaktor plasma yang digunakan dalam proses produksi ditenagai oleh aliran Sungai Columbia dan memanfaatkan karbon rumah kaca. Komitmen McCartney terhadap sustainable fashion tidak hanya terlihat dari gaunnya, tetapi juga dari penampilan para tamunya. Ed Sheeran, yang datang bersama istrinya, Cherry Seaborn, melengkapi gayanya dengan sepasang sepatu formal berbahan kulit vegan.

Penyanyi Fka Twigs Juga Berkesempatan Mengenakan Busana Ramah Lingkungan

Kehadiran McCartney dan para tamunya di Met Gala 2024 menjadi bukti bahwa fashion berkelanjutan dapat terlihat elegan dan stylish.

Arti Sustainable Fashion yang Jadi Tema Met Gala 2024
Arti Sustainable Fashion yang Jadi Tema Met Gala 2024

Selain itu, beberapa selebriti pun turut menunjukkan komitmen mereka terhadap sustainable fashion dengan mengenakan gaun yang dibuat dengan bahan-bahan berkelanjutan atau dirancang oleh desainer yang berkomitmen terhadap praktik ramah lingkungan.

Livia Firth, Aktivis Lingkungan dan Pendiri Eco-Age menuturkan bahwa Met Gala adalah platform yang kuat untuk meningkatkan kesadaran tentang sustainable fashion.  “Saya senang melihat begitu banyak desainer dan selebriti yang menggunakan acara ini untuk mempromosikan perubahan. Ini adalah langkah ke arah yang benar, dan saya harap ini akan menandakan pergeseran permanen ke industri fashion yang lebih berkelanjutan," tuturnya.

Isu Sustainable Fashion Semakin Mendapat Perhatian dan Dukungan dari Berbagai Pihak

Met Gala 2024 telah memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran akan masalah ini dan mendorong industri fashion untuk bergerak menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Met Gala 2024 hanyalah awal dari perjalanan menuju industri fashion yang lebih berkelanjutan. Diperlukan upaya kolektif dari desainer, selebriti, konsumen, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan perubahan yang langgeng.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Solusi Pengganti Kulit Binatang, Kaktus dan Nanas Termasuk Bio Leather Lho!
Reference: 
https://www.nytimes.com/article/met-gala-theme-hosts-watch.html diakses 11 mei 2024
https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-7333057/debut-ed-sheeran-di-met-gala-2024-dan-dedikasi-stella-mccartney-untuk-bumi diakses 11 mei 2024.
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram