Monday, 01 January 2022

10 Jenis Kemeja Pria, Tak Melulu untuk OOTD Formal

Eksplor gaya kamu dengan beragam jenis kemeja pria
June 28, 2023  | Zepanya Hutabarat
Jenis Kemeja Pria
 

Tidak terbatas untuk OOTD formal saja, ragam jenis kemeja pria tersedia dan bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan. Jenisnya yang variatif mencakup semua dressing needs kamu, mulai dari gaya berbusana formal, semi-formal, kasual, bahkan untuk style santai sekalipun.

Eksplor gaya kamu, jangan terpaku hanya satu jenis kemeja pria saja. Tampil lebih stylish dan trendy dengan style yang lebih variatif. Ambil waktu, temukan tentang apa saja jenis kemeja pria melalui ulasan di bawah ini. Simak terus ya!

Kemeja formal

Di antara semua, kemeja formal adalah pilihan terbaik untuk gaya berpakaian formal. Kalau kamu pekerja kantor jenis bussiness formal, kemeja ini bakal paling sering kamu kenakan. Paling tidak kamu perlu punya satu untuk menghadiri acara pertemuan resmi.

Jenis kemeja pria yang satu ini umumnya terbuat dari katun popelin yang halus, tidak mudah kusut, dan tidak menerawang. Bagian belakangnya dibuat lebih panjang agar mudah dan terlihat rapi saat dimasukkan ke dalam celana. Ya, kemeja formal adalah magic untuk dress style yang rapi, elegan, dan profesional.

Tidak semua jenis kemeja cocok dipadukan dengan dasi, tetapi kemeja formal adalah pasangan yang paling sempurna untuk dasi, tanpa atau dengan setelan jas. Sebaiknya kenakan sepatu pantofel untuk tetap menjaga kesan tampilan formal.

Kemeja Oxford

Salah satu jenis kemeja pria yang match dipakai untuk banyak jenis gaya berbusana. Kamu bisa pakai kemeja oxford untuk occasion formal atau semi formal, bahkan kasual sekalipun masih memungkinkan. 

Sebutan oxford sendiri diambil dari nama kain yang digunakan sebagai bahan utama kemeja ini. Modelnya klasik a la vintage dengan kancing kerah dan gantungan di bawah kerah belakang sebagai ciri khas kemeja ini.

Baca juga:   Gaya Fashion Bacapres Indonesia

Padukan kemeja oxford dengan celana bahan atau chino dan sepatu pantofel untuk tampilan formal, sedangkan jeans dan sneakers atau sepatu kasual lainnya untuk tampilan semi formal. 

Kemeja Twill

Sebagaimana namanya, jenis kemeja pria yang satu ini terbuat dari bahan katun twill yang cukup tebal. Selain dari ketebalannya, kemeja twill langsung terlihat dari dua kantong di area dada sebagai ciri khas kemeja ini.

Kemeja yang juga tersedia dalam ukuran oversized ini lebih pas digunakan untuk gaya berpakaian semi formal atau kasual tetapi masih cocok kamu pakai ke kantor atau ocassion formal.

Untuk style yang lebih kasual, pilih kemeja twill oversized sebagai luaran dari kaos yang kamu pakai. Lalu, kamu bisa memadukannya dengan berbagai jenis celana mulai dari jeans hingga celana chino.

Kemeja Flanel

Kemeja flanel langsung bisa dikenali dari pola kotak-kotaknya dengan ragam paduan warna. Salah satu jenis kemeja pria yang kamu bisa andalkan untuk gaya outfit kasual. Pakai dengan kancing terbuka di luar Tshirt kamu sebagai outer, lalu padukan dengan jeans untuk tampilan kasual yang lebih keren dan stylish.  

Jenis kemeja ini terbuat dari bahan wol yang cukup tebal dan bertekstur lembut berbulu. Ketebalannya bervariasi, mulai dari yang tebal sampai yang agak tipis. Kamu bisa pilih dan sesuaikan sama kebutuhan kamu.

Kemeja denim

Tak hanya celana atau jaket saja, kemeja juga bisa dibuat dari bahan denim. Sebagaimana bahan denim, jenis kemeja pria ini cukup tebal dan teksturnya agak kaku dan kasar. 

Coba pasangkan dengan celana jeans, lalu padukan dengan sepatu sneaker untuk style yang lebih santai, atau sepatu boot untuk gaya yang lebih dandy. Kalau warna kemeja kamu lebih lembut, cari jeans dengan warna gelap, begitu sebaliknya sebisa mungkin kontras.

Baca juga:   7 Tips Padu Padan Rok Denim Agar Makin Stylish dan Chic

Kamu juga bisa variasikan dengan menutup kancing kemeja seluruhnya, membuka sebagian, atau membuka seluruhnya sebagai outer melapisi t-shirt. Sedikit tips mungkin berguna: Coba gulung bagian lengan kemeja sampai siku, trik ini bakal memancarkan sisi maskulinitas kamu.  

Kemeja Chambray

Sekilas tampilannya mirip seperti kemeja denim, tapi kemeja chambray memiliki tekstur lebih halus dan lebih ringan karena terbuat dari katun serat. Jenis kemeja pria yang satu ini sering dianggap sebagai alternatif outfit yang lebih formal dan berkelas, sementara kemeja denim lebih kasual. 

Kemeja ini cocok dipadukan dengan celana jeans untuk tampilan kasual, atau bisa juga dengan celana formal untuk tampilan yang lebih resmi. Sekali-kali kamu juga bisa gunakan dengan setelan blazer untuk tampilan yang lebih formal.

Model kemeja biasanya bergaya sederhana dan minimalis, dan seringnya berwarna biru muda atau abu-abu. Dengan bahan yang tidak terlalu tebal atau terlalu tipis, kemeja chambray bisa jadi pilihan tepat untuk penampilan sehari-hari kamu, kuliah, ke kantor, sekedar hangout, atau ke berbagai acara yang sedikit lebih formal.

7. Kemeja Linen

Jenis kemeja pria yang satu ini cocok buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan. Kemeja yang terbuat dari kain linen ini teksturnya ringan, halus, berpori, dan terasa sejuk di kulit.

Pilihan warnanya cukup bervariasi. Untuk tampilan yang colourful kamu bisa coba warna-warna pastel. Sementara untuk model, tersedia model dengan kerah, seperti kemeja formal umumnya, dan tanpa kerah, untuk tampilan yang lebih santai tapi tetap elegan. Juga tersedia dengan variasi lengan pendek dan panjang.

Kemeja linen adalah pilihan paling nyaman untuk aktivitas luar ruangan dan tampil dengan kesan kasual, stylish, dan menarik. Jenis kemeja ini masih cocok dipadukan dengan celana pendek, tapi kamu juga masih bisa mengenakannya untuk acara semi-formal. Cukup padukan saja dengan celana kain, chino, atau jeans.

Baca juga:   Taylor Swift OOTD, Simpel & Elegan

8. Kemeja camp collar

Kemeja camp collar ditandai dengan kerah yang lebih lebar dan terbuka, juga bahan yang tipis dan ringan, yang menampilkan kesan lebih santai dan kasual. Biasanya berlengan pendek dan fit-nya lebih longgar dengan berbagai pola dan corak yang lebih cerah.

Kemeja yang nyaman di pakai di cuaca hangat ini cocok dikenakan untuk occasion yang lebih santai. Padukan dengan celana pendek dan sandal untuk kesan yang santai dan bebas. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai outer melapisi kaos polos agar terlihat lebih kasual.

9. Kemeja Hawaii

Satu lagi jenis kemeja dengan tampilan lebih santai, bahkan mungkin paling santai. Dengan motif-motif yang semarak, seperti motif bunga, daun, atau gambar hewan laut, kerah yang lebar dan lengan pendek, serta potongan yang lebih longgar, kemeja ini memberikan kesan yang ceria dan santai.

Meskipun identiknya dipakai oleh turis yang berlibur di pantai, tapi saat ini kemeja hawai jadi bagian dari mode populer, dipakai untuk berbagai aktivitas santai. Kemeja yang juga dikenal dengan nama kemeja aloha ini bisa jadi outfit pilihan kamu saat nongkrong sama teman-teman, travelling, atau acara-acara santai lainnya. Kamu juga bisa padukan kemeja hawai sama celana pendek dan sandal.

10. Kemeja batik

Jenis kemeja pria yang terakhir adalah salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia yang telah mendunia. Apalagi kalau bukan kemeja batik. Dipadukan dengan celana bahan formal atau celana chino, kemeja batik umum dipakai pada acara formal resmi, seperti misalnya menghadiri pernikahan kerabat atau teman.

Tersedia dalam berbagai model dan potongan, seperti lengan pendek atau lengan panjang, serta potongan slim fit atau regular fit, kemeja batik masih cocok dipadukan dengan celana jeans untuk tampilan kasual tetapi rapi, elegan, tradisional, dan berbudaya.
Pilih jenis kemeja pria yang paling sesuai sama aktivitas atau acara yang lagi kamu hadiri. Ingat juga untuk tepat dalam mengombinasikannya dengan fashion items lain.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.thetrendspotter.net/types-of-shirts/ (diakses 23 April 2023)

https://www.fashionbeans.com/article/types-of-shirt-men/ (diakses 23 April 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram