Monday, 01 January 2022

10 Tips Cara Memakai Legging yang Benar

Jadi yang terpenting adalah menemukan gaya berpakaian sesuai dengan diri sendiri dan merasa baik, nyaman, juga percaya diri.
June 17, 2024  | Pipintri Aviteni Damayanti
cara memakai legging yang benar
 

10 Tips Cara Memakai Legging yang Benar - Dari berbagai jenis bawahan yang biasa dikenakan oleh wanita, celana legging menjadi salah satu fashion item yang layak dikoleksi karena kenyamanannya dan serbaguna untuk berbagai situasi dan kesempatan. Selain itu, celana legging juga terbilang mudah dipadukan dengan beragam jenis atasan dan sepatu untuk aktivitas sehari-hari yang casual, tampilan sporty, maupun semi formal. 

Dengan kenyamanan dan kemudahan pergerakan yang dimiliki celana legging saat digunakan, membuatnya sangat populer di beberapa tahun terakhir sehingga banyak orang yang menyukainya dan sering digunakan dalam berbagai kombinasi pakaian. Berikut adalah 10 tips cara memakai legging yang benar, antara lain:

Pilih bahan berkualitas

Pemilihan celana legging yang terbuat dari bahan berkualitas menjadi hal penting yang harus diperhatikan, karena legging yang berkualitas akan membuat penampilanmu tampak trendy dan lebih rapi. 

Misalnya memilih bahan dari spandek atau elastane yang dapat memberikan dukungan dalam hal pergerakan dan kenyamanan, penting juga untuk memastikan bahwa celana legging cukup tebal sehingga tidak terlalu tipis dan terlihat transparan.

Pilih warna atau motif yang sesuai

Celana legging memiliki jenis motif dan warna yang beragam, maka dari itu pemilihan motif dan warna harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya pilih warna celana legging yang netral seperti hitam, navy, atau abu-abu agar dapat mudah dipadukan dengan berbagai pakaian, sedangkan untuk celana legging bermotif bisa dipadukan dengan atasan polos atau sebaliknya agar tampilan tidak terkesan ramai.

Baca juga:   Fairycore Aesthetic: Panduan Busana ala Peri Negeri Dongeng

Pilih atasan yang tepat

Desain celana legging biasanya ketat, pas, dan nyaman untuk digunakan sebagai bawahan, mulai dari pinggang hingga pergelangan kaki karena terbuat dari bahan elastis. Oleh sebab itu, pilihlah atasan seperti tunik, kemeja panjang, sweater oversized, kaos yang lebih panjang, atau bahkan blus cantik untuk menciptakan tampilan yang trendy dengan legging. 

Sebaiknya kamu menghindari memakai crop top bersamaan dengan legging, karena desainnya sama-sama pas di badan sehingga terkesan tidak sopan untuk dikenakan di tempat umum.

Pilih sepatu yang tepat

Perhatikan gaya berpakaianmu saat menggunakan celana legging di kesempatan atau kegiatan tertentu. Kemudian pilih sepatu yang sesuai dengan gaya dan kesempatan tersebut, misalnya sepatu olahraga, sepatu boot, slipper, sepatu datar, atau sepatu kets dapat menjadi pilihan yang tepat tergantung pada kesan yang ingin kamu buat.

Tambahkan aksesoris

Kamu bisa tampil trendy saat mengenakan celana legging dengan cara menambahkan aksesoris seperti topi, kalung, gelang, anting-anting, dan tas yang cocok dan sesuai gaya berpakaian untuk memberikan sentuhan ekstra pada penampilan.

Gunakan gaya layering

Untuk menciptakan tampilan trendy yang lebih menarik saat mengenakan celana legging, kamu bisa menambahkan lapisan pakaian seperti jaket denim, cardigan, rompi, coat, ataupun jaket kulit. Perpaduan antara celana legging dengan berbagai lapisan pakaian tersebut dapat membuat penampilanmu terlihat stylish dan fashionable.

Pertimbangan gaya athleisure

Celana legging seringkali dianggap menjadi bagian dari gaya athleisure, sebuah tren fashion yang memadukan pakaian olahraga dan pakaian sehari-hari karena kenyamanannya. Kamu bisa memadukan celana legging dengan hoodie, jaket olahraga, dan sepatu sneakers untuk mendapatkan tampilan yang santai namun tetap terlihat trendy.

Eksperimen dengan panjang legging

Terdapat berbagai macam ukuran panjang yang dimiliki celana legging, mulai dari ukuran panjang penuh dari pinggang hingga pergelangan kaki, ukuran tiga perempat, atau pendek diatas lutut. 

Baca juga:   6 Cara Berpakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Sebaiknya pilihlah celana legging yang memiliki panjang yang disesuaikan dengan bentuk tubuh dan gaya berpakaian, misalnya memilih celana legging yang panjangnya tepat diatas mata kaki agar kaki terlihat lebih jenjang.

Perawatan yang tepat

Untuk menjaga kualitas dan warna dari celana legging tetap baik, maka sebaiknya kamu mengikuti panduan atau petunjuk perawatan pada label yang tertera di celana legging tersebut. Proses perawatan yang tepat akan membuat celana legging tidak mudah melar dan terjaga keelastisitasnya, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama. 

Percaya diri

Yang paling penting saat kamu memakai celana legging dengan gaya pribadi yang khas adalah memiliki kepercayaan diri. Ketika kamu merasa nyaman dan percaya diri dengan apapun yang sedang dikenakan, penampilanmu akan terlihat lebih menarik dan trendy saat memakai ataupun tidak memakai celana legging.

Itulah 10 tips cara memakai legging yang benar. Ketika kita bisa menggunakannya dengan bijak,  celana legging dapat menjadi elemen yang bagus dalam pemilihan pakaian yang trendy dan nyaman. Namun harus selalu diingat bahwa setiap orang memiliki selera dan preferensi fashionnya masing-masing, yang terkadang ada kemiripan bahkan tidak jarang berbeda satu sama lain. Selamat mencoba, semoga tips cara memakai legging yang benar ini dapat membantumu tampil trendy dengan legging.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
fimela.com https://www.fimela.com/fashion/read/4649118/7-aturan-pakai-celana-legging-sebagai-outfit-sehari-hari
Diakses pada tanggal 6 Oktober 2023

voi.id https://voi.id/lifestyle/263965/untuk-kenyamanan-baiknya-6-outfit-ini-enggak-dipadukan-dengan-legging
Diakses pada tanggal 6 Oktober 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram