Monday, 01 January 2022

5 Bahan Pakaian yang Bisa Bikin Kamu Kerepotan Saat Hujan

Indonesia mulai kembali memasuki musim hujan di bulan November.
December 6, 2023  | Kingkit Neira
bahan pakaian musim hujan
 

Meskipun hujan belum merata, penting bagi kita untuk mempertimbangkan pilihan pakaian yang tepat agar tetap nyaman dan terlindungi dari efek musim hujan yang tidak terduga. Salah satu aspek kunci yang perlu diperhatikan adalah jenis bahan pakaian yang kita kenakan. 

Beberapa bahan memiliki sifat-sifat tertentu yang membuatnya kurang cocok untuk digunakan saat cuaca basah. Bahan-bahan pakaian seperti ini sebaiknya kamu hindari agar tidak kerepotan di saat musim hujan. 

Lalu, apa saja bahan pakaian yang wajib dihindari saat musim hujan tiba? Berikut adalah ulasan mengenai 5 jenis bahan pakaian yang sebaiknya dihindari selama musim hujan.

bahan pakaian musim hujan
Sumber: Hellomagazine.com

1. Denim

Meskipun bahan denim menjadi salah satu pilihan bahan yang nyaman dan serbaguna untuk digunakan, bahan ini memiliki kecenderungan untuk menyerap air dengan mudah. Ini dapat membuat pakaian terasa lebih berat dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengering. 

Bagi mereka yang tidak ingin terganggu dengan celana basah, terutama dalam rutinitas sehari-hari seperti pergi ke kampus atau kantor, disarankan untuk memilih alternatif potongan celana yang lebih pendek atau di atas mata kaki. 

2. Sutra

Sutra adalah bahan kain yang dikenal dengan kemampuannya untuk cepat kering. Sebenarnya menggunakan bahan sutra di musim hujan dapat menjadi pilihan yang baik. Namun, ketika terkena percikan air, seringkali meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasi masalah ini, trik layering dengan pakaian berbahan seperti rayon bisa menjadi solusi cerdas. Hal ini tidak hanya memberikan perlindungan tambahan dari air, tetapi juga menambah dimensi pada gaya pakaian.

bahan pakaian musim hujan
Sumber: chadwicks.com

3. Suede

Meskipun memiliki tampilan yang mewah dan lembut, bahan suede sangat rentan terhadap air. Suede cenderung menyerap air dengan cepat dan merusak tekstur bahan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya hindari memakai pakaian atau sepatu berbahan suede selama musim hujan. Untuk menjaga keawetan dan penampilan bahan suede, lebih baik disimpan dan digunakan selama musim kering saja.

Baca juga:   5 Tips Memakai Oversize Outfit Agar Makin Stylish

4. Katun

Meskipun dikenal sebagai bahan yang nyaman sepanjang tahun, bahan katun memiliki sifat yang mudah menyerap air. Ini membuatnya kurang ideal untuk dipakai selama musim hujan.

Selain itu, bahan katun juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk kering, sehingga bisa membuat pemakainya merasa tidak nyaman. Jika sulit untuk menggantikan pakaian berbahan katun, penggunaan layer dengan busana berbahan wol yang lebih tahan air dapat menjadi alternatif yang baik.

bahan pakaian musim hujan
Sumber: wendyslookbook.com

5. Velvet

Busana berbahan velvet sering kali dianggap elegan dan mewah. Namun, velvet termasuk dalam kategori bahan yang mudah menyerap air, sehingga kurang cocok untuk digunakan saat musim hujan tiba. Pakaian berbahan ini dapat menjadi tidak nyaman dan sulit dijaga kebersihannya ketika terkena air hujan. Sebagai gantinya, simpan busana berbahan velvet untuk acara atau kegiatan dalam ruangan selama musim hujan. Jangan gunakan bahan velvet di acara outdoor saat musim hujan jika tidak ingin kerepotan, ya!

Dengan memperhatikan jenis bahan pakaian yang digunakan, kita dapat tetap tampil modis dan nyaman meskipun musim hujan telah tiba. Penggantian pilihan pakaian yang lebih sesuai dengan kondisi cuaca dapat menjadi langkah cerdas untuk menjaga kenyamanan dan penampilan kita. 

Nah, itulah sederet bahan pakaian yang sebaiknya dihindari selama musim hujan tiba. Pastikan kamu tetap bisa tampil nyaman, stylish dan tentunya tidak kerepotan dengan memilih bahan-bahan pakaian yang tepat selama musim hujan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   4 Penguasa Industri Fashion
Reference: 
https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/11/2023/33865/musim-hujan-tiba-hindari-memakai-5-bahan-pakaian-ini
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram