Monday, 01 January 2022

5 Fakta Menarik di Runway New York Fashion Week SS 2024

NYFW musim semi/panas 2024 telah menghadirkan berbagai inovasi dan penampilan yang memukau dalam dunia fashion.
November 23, 2023  | Kingkit Neira
NYFW musim semi/panas 2024
 

New York Fashion Week (NYFW) musim semi dan panas 2024 baru saja berlangsung dan sejumlah fakta menarik telah muncul dari perhelatan mode ini. Tahun ini, minimalisme mendominasi panggung dengan sejumlah desainer yang berhasil menghadirkan nuansa segar dan unik dalam estetika yang sederhana. 

Berikut ini Laruna telah merangkum lima fakta menarik yang memeriahkan NYFW musim semi/panas 2024.

Snapinsta.app_376922718_18384529987020720_2618788430412297152_n_1080
Sumber: Instagram/helmutlang

Debut Peter Do untuk Helmut Lang

Salah satu momen paling dinantikan adalah debut Peter Do untuk Helmut Lang. Peter Do, seorang desainer yang telah mencuri perhatian dalam dua tahun terakhir diharapkan dapat mengembalikan gemerlap label ikonis tersebut. 

Koleksi debutnya menampilkan tailoring yang rapi dan gaya sporty dengan aksen pita berwarna fuchsia dan mustard, mengingatkan kita pada gaya ikonis Helmut Lang di era '90-an. Selain itu, penampilan taksi kuning khas New York pada busana juga menjadi tribut kepada Helmut Lang yang pernah memasang iklan di taksi pada tahun 1998, sebuah inovasi pemasaran yang revolusioner pada masanya.

Sumber: Kartini

Koleksi Ikat Indonesia oleh Didiet Maulana

Didiet Maulana, seorang desainer spesialis tenun asal Indonesia  turut ambil bagian meramaikan NYFW dengan koleksi bertajuk The Wiron. Koleksi ini memadukan busana feminin yang effortless dengan elemen-elemen tenun yang khas Indonesia. 

Nama "Wiron" sendiri menggambarkan lipatan-lipatan kecil pada kain yang mencerminkan dinamika gerakan anak muda dan siluet baru yang memancarkan semangat wanita Indonesia yang optimis.

lumpur
Sumber: Instagram/debonairafrik

3. Konsep Provokatif 'Perkelahian di Lumpur' ala Elena Velez

Elena Velez mencuri perhatian dengan konsep fashion show yang provokatif. Para model beradegan berkelahi di atas lumpur, menghadirkan pertunjukan yang menimbulkan banyak pertanyaan. 

Baca juga:   Victoria Secret Pastikan akan Kembali Menggelar Runway

Meskipun desainer ini tidak memberikan penjelasan resmi, konsep tersebut memberikan ruang bagi penafsiran yang beragam, mungkin sebagai komentar terhadap perang komentar antar netizen atau upaya untuk meredefinisi citra perempuan dalam dunia mode.

Snapinsta.app_376013284_3680260828964621_5647956085698329154_n_1080
Sumber: Instagram/collinastrada

4. Model Tersenyum & Kreativitas AI di Collina Strada

Label Collina Strada mempersembahkan konsep yang unik dengan model-model yang tersenyum ceria saat memeragakan koleksi desainer Hillary Taymour. Hal yang lebih menarik lagi, Hillary Taymour juga menggabungkan keceriaan ini dengan penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam proses desain, menciptakan perpaduan antara manusia dan teknologi dalam dunia mode.

IMG_256
Sumber: Cosmopolitan

Tren Gaya Minimalis

Tren minimalisme mendominasi NYFW musim ini. Meskipun banyak desainer yang terkenal dengan estetika yang berbeda, seperti Tory Burch yang dikenal dengan busana feminin, mereka berhasil menghadirkan koleksi minimalis yang tetap dapat dikenakan. Altuzarra yang menggabungkan gaya retro dengan rok A-line dan mantel bervolume.

Dari debut yang sangat dinantikan hingga konsep kontroversial, acara ini terus menginspirasi dan menggoda selera mode para penggemar fashion di seluruh dunia. Itulah sederet fakta menarik di atas runway NYFW SS 2024.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/9/2023/33141/5-momen-penting-di-new-york-fashion-week-springsummer-2024
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram