Monday, 01 January 2022

5 Fakta Menarik Tas Louis Vuitton Speedy yang Ikonik Itu

Dirilis dan diperkenalkan pertama kali tahun 1930, tas Louis Vuitton Speedy telah menjadi salah satu jenis tas paling ikonis dan populer.
June 20, 2023  | Zepanya Hutabarat
fakta tas louis vuitton speedy
 

Setelah hampir seabad sejak peluncurannya, tas Louis Vuitton Speedy tak hanya mewarnai perkembangan brand fashion mewah ini, tapi juga fashion dunia. Tak hanya di kalangan artis, tapi juga di kalangan banyak penggemar tas. 

Sebagai salah satu jenis tas paling ikonik dan istimewa milik LV, barangkali tidak ada yang lebih diinginkan, selain daripada mengetahui semua tentang tas Louis Vuitton Speedy. Cari tahu lebih dekat dan personal melalui daftar fakta menarik tas Louis Vuitton Speedy di bawah ini.

5 Fakta menarik tas Louis Vuitton Speedy

Berbicara tentang kisah awal perilisannya, model tas, kolaborasinya dengan seniman lain, hingga daftar artis yang pernah mengenakannya, berikut adalah lima fakta tas Louis Vuitton Speedy yang menarik untuk diketahui. 

Nama awal bukan Speedy

Tas Louis Vuitton Speedy dirilis pertama kali pada tahun 1930 dengan nama Express, bukan Speedy. Namanya mencerminkan fakta bahwa pada tahun-tahun itu, sebagai moda transportasi baru, penerbangan komersial digunakan sebagai cara baru bepergian anggota masyarakat kelas atas, lebih cepat dan lebih berorientasi ke depan daripada orang biasa.

Louis Vuitton pada awal berdirinya tahun 1854 memang merupakan sejenis perusahaan pembuat koper dan tas traveling. Seri Speedy juga dirancang untuk kebutuhan tersebut.

Versi mini dari tas LV Keepall

Speedy adalah versi lebih kecil dan lebih ramping dari Louis Vuitton Keepall, yang diluncurkan hanya enam tahun sebelumnya. Tetapi karena itu pula, speedy jadi tas yang istimewa.

Keepall, yang memulai rilisnya pada tahun 1924, dirancang untuk para pelancong yang sedang bepergian. Detail Padlock dan Toron Handles yang tahan lama bukan sekedar desain. Desain seperti itu sangat berguna untuk bepergian.

Baca juga:   Simak 4 Cara Mudah Merawat Knitwear Agar Tidak Cepat Rusak

Sama seperti seri Keepall, tas Louis Vuitton Speedy berbentuk silinder, dengan ritsleting di bagian atas tas, dan beberapa jenis diantaranya dilengkapi dengan kunci yang dapat digunakan untuk mengamankan tas. Namun, tidak seperti pendahulunya, Speedy dirancang untuk dibawa setiap hari, tidak hanya saat berpergian jauh.

Ukuran dan Model tas Louis Vuitton Speedy

Speedy yang pertama kali dirilis dengan nama Express, kemudian diberi nama Speedy 30, merujuk pada seberapa lebarnya tas tersebut dalam satuan sentimeter. Kini tas Louis Vuitton Speedy tersedia dalam ukuran nano, speedy 20, 25, 30, 35 dan 40.

Speedy pertama terbuat dari kanvas berlapis tanpa logo. Setahun berikutnya, didesain ulang dengan tambahan logo monogram khas LV. Karena tas terbuat dari selembar kanvas katun, monogramnya tampak terbalik di satu sisi. Tapi, ini bisa jadi salah satu dari banyak cara untuk membedakan Speedy asli dari yang palsu.

Meski lebih identik sebagai handbag, sejak tahun 2011, Speedy tersedia dalam opsi lain yang disebut Speedy Bandoulière. Bandoulière berarti "dengan tali" dalam bahasa Prancis. Dengan tali bahu yang cukup panjang, Speedy dapat dikenakan di bahu atau selempang.

Populer setelah dipakai Audrey Hepburn

Kepopuleran tas Louis Vuitton Speedy mulai menanjak ketika sering dikenakan oleh Audrey Hepburn, aktris pemain film Breakfeast at Tiffany’s tahun 1961. Kabarnya, sejak saat itu hingga sekarang, tas tersebut tetap jadi salah satu item terlaris Louis Vuitton

Ketika itu, Hepburn meminta Louis Vuitton untuk membuat versi yang lebih kecil dari speedy yang tersedia saat itu - hanya dalam ukuran 30, 35, dan 40. Speedy 25 lahir dan dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan sang artis.

Baca juga:   9 Tren Fashion Musim Gugur 2024 yang Memikat

Kolaborasi dengan beberapa seniman

Louis Vuitton sempat berkolaborasi dengan beberapa seniman terkenal untuk proyek Speedy yang dibuat dalam edisi terbatas. Kolaborasi dengan seniman Jepang Takashi Murakami melahirkan seri Speedy Multicolore. 

Dengan Stephen Sprouse, LV berkolaborasi sebanyak dua kali, di tahun 2001 dan 2009 untuk koleksi musim semi. Pada kolaborasi itu, huruf bergaya grafiti dilukis dengan latar belakang Monogram klasik.

Nama-nama lain seperti Yayoi Kusama, Richard Prince, dan yang terbaru Jeff Koons dan supreme, juga pernah berkolaborasi dengan LV menghasilkan seri Speedy terbatas, hits, dan membangkitkan antusiasme penggemarnya.

Ya, tas Louis Vuitton Speedy, sebuah karya abadi yang tak lekang oleh waktu. Mode sejak seabad lalu, tetap menjadi klasik tanpa pernah memudar. Apapun tentangnya, lebih dari sekedar menarik, barangkali itu bisa disebut menakjubkan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.harpersbazaar.com/uk/fashion/what-to-wear/a41106042/louis-vuitton-speedy-bag/

https://wwd.com/fashion-news/fashion-features/everything-to-know-about-louis-vuittons-speedy-bag-1235093134/
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram