Monday, 01 January 2022

5 Kesalahan Dress Code di Tempat Kerja

April 30, 2024  | Kingkit Neira
Kesalahan Dress Code di Tempat Kerja
 

5 Kesalahan Dress Code di Tempat Kerja - Ketika memasuki dunia kerja, penting untuk memahami dan mengikuti etika berpakaian yang berlaku di tempat kerja. Setiap perusahaan memiliki dress code-nya sendiri, dan penampilan Anda dapat memengaruhi bagaimana Anda dipandang oleh rekan kerja, atasan, dan klien. 

5 Kesalahan Dress Code di Tempat Kerja

Jika Anda baru pertama kali memasuki dunia kerja, Anda tak perlu bingung lagi memikirkan dress code bekerja yang tepat. Artikel ini akan memberikan panduan tentang 5 Kesalahan Dress Code di Tempat Kerja, sehingga Anda dapat memastikan penampilan profesional Anda.

1. Pakaian yang Kotor atau Terlalu Lusuh

Saat Anda datang ke kantor, pastikan untuk selalu mengenakan pakaian yang bersih dan rapi. Menggunakan pakaian yang kotor atau terlalu lusuh dapat memberikan kesan kurangnya perhatian terhadap penampilan dan profesionalisme Anda. Atasan dan bawahan yang sudah disetrika dengan baik akan menunjukkan bahwa Anda serius dalam pekerjaan Anda.

2. Sandal Jepit

Saat memilih alas kaki untuk ke kantor, hindari penggunaan sandal jepit. Walaupun beberapa perusahaan sekarang mungkin memperbolehkan penggunaan sepatu yang lebih santai seperti sneakers atau flat shoes, sandal jepit sebaiknya dihindari karena biasanya dianggap terlalu kasual untuk lingkungan kerja yang formal.

Kesalahan Dress Code di Tempat Kerja
Sumber: Pinterest

3. Celana Jeans yang Terlalu Santai

Celana jeans adalah pilihan yang semakin umum di tempat kerja, terutama dalam lingkungan yang lebih santai. Namun, perlu diingat bahwa celana jeans yang terlalu santai, seperti ripped jeans dengan bolong berlebihan, sebaiknya dihindari. Penggunaan pakaian yang terlalu kasual dapat memberikan kesan kurang profesional.

Baca juga:   Fenomena Fashion & AI, Sebuah Transformasi Besar?

4. Pakaian yang Terlalu Ketat

Meskipun pakaian yang ketat mungkin memiliki daya tarik tertentu, penggunaannya di tempat kerja perlu diperhatikan. Pakaian yang terlalu ketat dapat mengganggu kenyamanan Anda selama bekerja dan dapat mempengaruhi produktivitas. Pastikan untuk memilih pakaian yang nyaman dan sesuai dengan lingkungan kerja.

Kesalahan Dress Code di Tempat Kerja
Sumber: Pinterest

5. Kaus dengan Pesan Berbau Politik atau Ujaran Kebencian

Pakaian dengan pesan politik atau berisi ujaran kebencian sebaiknya dihindari di lingkungan kerja. Penggunaan pakaian dengan pesan provokatif dapat memicu pertikaian yang tidak perlu di tempat kerja. Jika Anda merasa ragu tentang pakaian yang akan Anda kenakan, selalu periksa peraturan perusahaan atau konsultasikan dengan departemen sumber daya manusia (HRD) untuk panduan lebih lanjut.

Penting untuk diingat bahwa berpakaian di tempat kerja bukan hanya masalah penampilan, tetapi juga tentang menghormati budaya dan norma-norma perusahaan. Mengetahui dan mengikuti dress code yang berlaku adalah langkah pertama dalam menunjukkan profesionalisme Anda di tempat kerja.

Jika Anda merasa bingung tentang apa yang sebaiknya Anda kenakan, selalu lebih baik untuk tetap memilih pakaian yang lebih konservatif daripada terlalu santai. Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa penampilan Anda selalu mencerminkan tingkat profesionalisme yang diharapkan di lingkungan kerja Anda.

Pada akhirnya, penting untuk diingat bahwa dress code dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Oleh karena itu, selalu periksa peraturan dan pedoman perusahaan Anda untuk memastikan bahwa Anda mengikuti standar yang berlaku. Dengan mengenakan pakaian yang sesuai dan profesional, Anda dapat menciptakan citra yang positif di tempat kerja dan membantu meningkatkan reputasi Anda di mata atasan, rekan kerja, dan klien.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Fashion Show Luar Biasa untuk Merayakan Hari Perempuan Internasional
Reference: 
https://glints.com/id/lowongan/pakaian-yang-harus-dihindari-saat-ke-kantor/
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram