Monday, 01 January 2022

6 Fakta Peragaan Balenciaga di Paris Fashion Week Pasca Kontroversi

Pertunjukan tahunan pada tahun ini digelar secara minimalis dan tampak sebagaimana layaknya pertunjukan busana pada umumnya. 
March 17, 2023  | Anggun Tifani
balenciaga paris fashion week
 

Pasca kontroversi Balenciaga merebak ke permukaan lantaran adanya dugaan skandal kontroversi BDSM pada November 2022 lalu, merek mewah ini tetap eksis untuk meluncurkan koleksi musim dingin terbarunya pada pagelaran busana Balenciaga Paris Fashion Week awal maret lalu.

 Instagram.com/@balenciaga

Fakta Peragaan Busana Balenciaga di Paris Fashion Week

Penasaran dengan suasana koleksi terbaru Balenciaga? Simak fakta menarik peragaan Balenciaga di Paris Fashion Week dalam ulasan berikut. 

Jauh dari kesan provokatif

Peragaan Busana Balenciaga Winter 2023 Minggu (5/3) lalu dapat dikatakan jauh dari kesan provokatif. Sebelumnya, merek mewah yang telah berusia lebih dari 1 abad ini seringkali menampilkan kesan-kesan dengan mengedepankan budaya populer yang nyentrik dibandingkan merek mewah lainnya. 

 Instagram.com/@balenciaga

Pada peragaan busana tahun lalu, gelaran rutin show tahunan mereka pernah diadakan di atas lumpur. Direktur Kreatif Balenciaga, Demna Gsavilia sebelumnya pernah menyampaikan bahwa peragaan busana tidak hanya berpusat pada koleksi pakaian tapi juga keseluruhan pengalaman yang impersif.

Venue sederhana 

Venue atau panggung tempat para model menampilkan koleksi jenama mewah ini jauh dari kesan yang nyentrik. Panggung hanya dibuat berlatar  belakang putih polos dengan pencahayan putih terang. 

 Instagram.com/@balenciaga

Bahkan diketahui, momen peluncuran koleksi musim dingin 2023 kepunyaan Balenciaga ini dilakukan di ruang bawah tanah di kawasan Carrousel du Louvre. 

Tak dihadiri oleh selebriti

Biasanya sebuah pagelaran busana jenama mewah akan dihadiri undangan tamu dari kalangan orang-orang populer seperti misalnya mengundang selebriti.

balenciaga paris fashion week
 Instagram.com/@balenciaga

Namun ternyata, dari 700 tamu yang diketahui hadir, ternyata tidak ada satu pun orang yang berasal dari kalangan selebriti. 

Baca juga:   7 Tren Warna Outfit Kekinian yang Wajib Dimiliki di Tahun 2024

Demna Gsavilia Kembali ke Zona Nyaman

Sebagai seorang direktur kreatif, Demna Gsavilla mengakui bahwa kontroversi yang dipicu oleh kedua iklan Balenciaga (yang menampilkan anak kecil yang tengah memegang boneka beruang BDSM), telah memengaruhinya dalam mengeksekusi koleksi yang diluncurkannya. 

balenciaga paris fashion week
 Instagram.com/@balenciaga

Dia mengungkapkan bahwa fesyen baginya tak dapat lagi dipandang sebagai sebuah hiburan, tapi lebih tentang seni membuat pakaian. 

Koleksi yang diluncurkan bernuansa dingin dan polos dan ready to wear

Demna membuka koleksi teranyarnya dengan variasi padanan blazer dan celana formal hitam-hitam, yang menonjolkan tekni jahitan sebagai power baru bagi Balenciaga. 

balenciaga paris fashion week
 Instagram.com/@balenciaga

Koleksinya kali ini pun nampak meminimalisir penggunaan logo dan nama brand pada produk. Busana sporty hingga evening wear juga turut menghiasi koleksi Balenciaga untuk musim dingin 2023. 

Kembali Berkiblat pada karya Orisinal Cristóbal Balenciaga

Atas adanya kontroversi yang menerpa Balenciaga, Demna terdorong untuk mengorganisir kembali nilai yang ingin dibawanya ke dalam karya-karyanya. 

balenciaga paris fashion week
 Instagram.com/@balenciaga

Dalam hal ini, akhirnya Demna pun mulai menampakkan kembali ruh karya orisinal sang pendiri Cristóbal Balenciaga yang mana karya tersebut nampak pada koleksi evening gown yang ditampilkannya. 

Bagaimana pendapat kamu? Apakah ini akan menjadi langkah baru Balenciaga untuk tetap eksis menjadi merek mewah yang berkelas? 


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.nytimes.com/2023/03/06/style/balenciaga-paris.html (Diakses pada: 15 maret 2023)

https://www.beautynesia.id/fashion/perdana-usai-kontroversi-bdsm-ini-7-hal-menarik-dari-peragaan-balenciaga-di-paris-fashion-week/b-271630/2 (Diakses pada: 15 maret 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram