Monday, 01 January 2022

7 Brand Sneakers yang Menghadirkan Inovasi Ramah Lingkungan

Saat ini, ada sejumlah brand sepatu muncul dengan inovasi-inovasi ramah lingkungan yang mengubah cara kita memandang sepatu. 
April 29, 2024  | Kingkit Neira
brand sneakers ramah lingkungan
 

Brand Sneakers yang Menghadirkan Inovasi Ramah Lingkungan - Isu lingkungan sedang menjadi sorotan utama di seluruh dunia, dan industri fashion, termasuk industri alas kaki tidak luput dari perhatian ini.

7 Brand Sneakers yang Menghadirkan Inovasi Ramah Lingkungan

Mereka berusaha mengurangi dampak negatif produksi alas kaki terhadap lingkungan dengan memperkenalkan bahan-bahan inovatif, dan mempromosikan keberlanjutan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh brand sneakers yang menawarkan bahan-bahan ramah lingkungan.

IMG_256
Sumber: Veja

1. Veja

Brand sneakers asal Prancis, Veja memimpin jalan dalam dunia sepatu yang berkelanjutan. Salah satu aspek yang membedakan Veja adalah penggunaan bahan-bahan alami yang dapat terurai. 

Veja menggunakan limbah jagung yang biasanya tidak berguna dan mengubahnya menjadi sepatu kets modis. Produk mereka terbuat dari bahan seperti kapas organik regeneratif dan karet daur ulang.

Selain mendaur ulang bahan, Veja juga berkomitmen untuk mendukung petani keluarga di Brasil yang menerapkan agroforestri, sebuah metode yang membantu mencegah deforestasi dengan melestarikan hutan yang ada dan mempromosikan reboisasi. 

Dengan inisiatif ini, Veja tidak hanya mengurangi jejak karbon dan konsumsi air dalam proses produksinya, tetapi juga memberikan dampak positif pada komunitas petani dan lingkungan.

IMG_256
Sumber: Golden Goose

2. Golden Goose

Brand sepatu sneakers Golden Goose terkenal dengan produk sepatu ketsnya yang unik. Brand ini juga telah melangkahkan kaki ke dunia keberlanjutan dengan meluncurkan Model 1B. 

Sepatu ini terbuat dari semua komponen bebas hewani dan menggunakan bahan berbasis bio dari sumber nabati, serta poliester daur ulang dan karet biodegradable yang dapat terurai.

Baca juga:   Telah Hadir Sustainable Boutique Pertama Kiehl’s Indonesia, Konsep Butik Ramah Lingkungan

Dengan menyatukan gaya dan keberlanjutan, Golden Goose memberikan alternatif yang menarik bagi konsumen yang peduli dengan lingkungan.

IMG_256
Sumber: Toms

3. Tom's

Merek sneakers ramah lingkungan lainnya adalah Tom's yang dikenal karena model "one-for-one charitable". Tom's menyumbangkan sepasang sepatu kepada anak-anak yang membutuhkan setiap kali sepasang sepatu dibeli. Namun, mereka tidak hanya berfokus pada filantropi; mereka juga mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak lingkungan produksi sepatu.

Sepatu Tom's kini hanya menggunakan bahan-bahan vegan dan berkelanjutan, termasuk poliester daur ulang, rami alami, dan kapas organik. Selain itu, mereka bahkan menggunakan kemasan biologis yang terbuat dari limbah daur ulang. Dengan langkah-langkah ini, Tom's membuktikan bahwa fashion dapat bersinergi dengan kebaikan sosial dan lingkungan.

brand sneakers ramah lingkungan
Sumber: Sayebrands

4. Saye

Brand sneakers Saye yang baru berdiri pada tahun 2018 ini menghadirkan sepatu dengan estetika retro yang ramah lingkungan. Mereka memiliki nilai-nilai yang kuat dalam mempromosikan gaya hidup yang sadar akan lingkungan. 

Saye telah bermitra dengan LSM WeForest untuk melawan deforestasi. Setiap pembelian sepatu kets mereka menghasilkan penanaman dua pohon.

Selain aspek lingkungan, Saye juga memberikan perhatian pada estetika produk mereka. Sepatu mereka dirancang dengan gaya yang menarik, sehingga konsumen dapat tampil dengan gaya sekaligus berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan.

brand sneakers ramah lingkungan
Sumber: pijakbumi

5. Pijak Bumi

Perusahaan sepatu lokal Pijak Bumi yang berbasis di Bandung, Indonesia ini memproduksi sepatu dari bahan kulit yang mudah terurai. Koleksi mereka terbuat dari kulit alami yang diolah dengan ekstrak tanaman kenaf, yakni tanaman yang memiliki oksigen delapan kali lebih banyak daripada jenis pohon lainnya. 

Nama merek Pijak Bumi dipilih karena merek ini ingin memastikan bahwa produk mereka ramah lingkungan dan berhubungan erat dengan alam.

Baca juga:   5 Gaun Memukau Karya Desainer Indonesia Yogie Pratama

Dengan menggunakan bahan-bahan alami dan mendukung pertanian yang berkelanjutan, Pijak Bumi adalah contoh nyata bahwa sepatu yang baik untuk lingkungan juga dapat menjadi pilihan mode yang berkelas.

brand sneakers ramah lingkungan
Sumber: Instagram/nodeorganic

6. Node Organic

Node Organic adalah brand sneakers asli buatan Indonesia yang mengutamakan keberlanjutan dan ramah lingkungan. Nama "Node" sendiri merupakan singkatan dari "no deforestation," yang mencerminkan komitmen mereka untuk menghindari deforestasi dalam produksi mereka.

Merek ini menggunakan bahan-bahan sampingan pertanian yang dapat terurai menjadi pupuk tanaman, memastikan produk mereka tidak mencemari air dan tanah saat terurai. Mereka menggunakan bahan seperti kapas bambu, sutra, dan tanaman kenaf untuk bagian sol sepatu. 

Dengan sertifikasi bebas polutan dari bahan penelitian dan pengembangan pertanian, Node Organic menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen yang peduli dengan lingkungan.

brand sneakers ramah lingkungan
Sumber: Bro.do

7. Bro.do

Merek lokal Indonesia lainnya, Bro.do, yang telah ada sejak tahun 2010 juga memperkenalkan solusi berkelanjutan dengan menggunakan eco leather. Eco leather adalah mikrofiber bebas pelarut yang merupakan alternatif ramah lingkungan untuk bahan kulit konvensional. 

Proses produksi eco leather menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, sehingga mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Selain itu, Bro.do juga bekerja sama dengan Cassaplast untuk menciptakan kemasan bioplastik yang mudah terurai oleh mikroorganisme tanah. Langkah-langkah ini mencerminkan komitmen Bro.do untuk menjadi pemimpin dalam fashion berkelanjutan.

Semua brand sneakers dengan bahan ramah lingkungan di atas menjadi contoh nyata bagaimana dunia fashion dapat berinovasi untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Dengan penggunaan bahan-bahan alami, daur ulang, dan praktik berkelanjutan, mereka tidak hanya mengurangi dampak negatif pada lingkungan, tetapi juga memberikan alternatif yang menarik bagi konsumen yang ingin memadukan gaya dengan keberlanjutan. 

Baca juga:   Parfum Aroma Takjil dari Dolce & Gabbana Devotion Eau de Parfum

Itulah ulasan sederet Brand Sneakers yang Menghadirkan Inovasi Ramah Lingkungan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://harpersbazaar.co.id/articles/read/8/2023/19248/7-sneakers-berbahan-alami-yang-ramah-lingkungan
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram