Monday, 01 January 2022

7 Inspirasi Fashion Eklektik yang Unik dan Berani

Dalam dunia fashion, keberagaman menjadi kunci untuk mengekspresikan diri.
July 27, 2023  | Kingkit Neira
fashion eklektik
 

Salah satu gaya yang mencerminkan keunikan dan kreativitas adalah fashion eklektik. Gaya ini melibatkan kombinasi yang berani dan tidak terduga dari berbagai elemen, termasuk gaya, warna, pola, dan tekstur, sehingga menciptakan tampilan yang unik dan penuh karakter. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang gaya fashion eklektik dan beberapa tips untuk menciptakan tampilan yang mencerminkan kepribadian Anda.

Apa itu Fashion Eklektik?

Fashion eklektik adalah pendekatan unik dalam berpakaian yang melibatkan penggabungan elemen dari berbagai gaya dan era dalam satu tampilan. Di dalamnya terdapat keberanian dalam menggabungkan pakaian dari berbagai perancang, budaya, dan periode waktu sehingga menciptakan tampilan yang penuh kehidupan dan dinamis. Gaya ini tidak mengikuti tren konvensional, melainkan mencari inspirasi dari segala hal dan menggabungkannya dengan imajinasi dan ketekunan dalam berkreasi.

Tentu saja, gaya eklektik bukanlah tentang mencampur segala sesuatu tanpa pemikiran. Ada seni yang halus dalam mencocokkan elemen yang berbeda sehingga tetap terlihat harmonis dan estetis. Ketika dilakukan dengan benar, gaya eklektik akan mencerminkan kepribadian Anda dan menarik perhatian orang lain dengan tampilan yang mencolok dan khas.

Pahami Pakaian Dasar Anda

Sebelum mencoba menggabungkan berbagai elemen dalam gaya eklektik, penting untuk memiliki pakaian dasar yang solid dalam lemari Anda. Kemeja putih, celana hitam, rok pensil, dan jeans klasik adalah beberapa contoh pakaian dasar yang sangat penting.

Sumber: Pinterest

Setelah Anda memiliki pakaian dasar, mulailah memikirkan cara-cara kreatif untuk mengenakannya dengan gaya yang berbeda.

Baca juga:   Tren Busana untuk Pria pada Helatan Milan Fashion Week 2023

Lakukan Kombinasi yang Tak Terduga

Salah satu kunci utama dari fashion eklektik adalah mencampur pakaian dan aksesori dengan cara yang tidak terduga. Cobalah menggabungkan pakaian dari berbagai gaya dan periode waktu.

Sumber: blaireadiebee/Instagram

Misalnya, Anda bisa mengenakan kemeja vintage dengan celana modern, atau gaun elegan dengan jaket biker yang berani. Jangan takut untuk bermain-main dengan warna, pola, dan tekstur yang berbeda.

Kombinasikan Warna yang Berani

Warna adalah salah satu elemen utama dalam fashion eklektik. Cobalah untuk mencocokkan warna yang tidak biasa atau tidak lazim, seperti kuning dengan hijau, merah dengan ungu, atau biru dengan oranye.

fashion eklektik
Sumber: Street Scout

Anda juga bisa mencoba menggabungkan warna-warna utama dengan nuansa-nuansanya atau warna-warna yang berdekatan di roda warna untuk menciptakan tampilan yang menarik.

Gunakan Aksesori yang Mencolok

Aksesori adalah kunci untuk menciptakan tampilan eklektik yang menonjol. Pilihlah aksesori berani seperti kalung pernyataan, gelang besar, atau tas dengan warna cerah.

fashion eklektik
Sumber: Cute&Little

Anda juga bisa mencoba aksesori dengan bentuk yang unik atau motif yang mencolok. Aksesori dapat menjadi titik fokus dalam tampilan Anda dan memberikan sentuhan pribadi pada gaya Anda.

Jangan Takut Untuk Bereksperimen

Gaya eklektik adalah tentang bereksperimen dan berani mencoba hal-hal baru. Jangan takut untuk mencoba kombinasi yang berbeda dan mengeksplorasi gaya yang tidak biasa.

fashion eklektik
Sumber: Silvanapatrick.com

Ketika Anda berani mencoba hal-hal baru, Anda bisa menemukan kombinasi yang tidak terduga dan menciptakan tampilan yang unik dan menarik.

Cobalah Mix and Match dengan Selera

Gaya eklektik memberikan kebebasan untuk mencampur pakaian dan aksesori dengan cara yang Anda suka. Pilihlah elemen-elemen yang benar-benar mencerminkan kepribadian Anda dan selera Anda. Anda bisa mencampur gaya-gaya yang berbeda atau menambahkan aksen dari budaya yang berbeda. Ingatlah bahwa gaya eklektik adalah tentang menciptakan tampilan yang khas dan menceritakan cerita unik tentang diri Anda.

Baca juga:   Yuk Coba! Gaya Minimalis dan Chic yang Bisa Bikin Kamu Tambah Keren

Percaya Diri adalah Kunci Utama

Yang terpenting dalam mengadopsi gaya eklektik adalah percaya diri. Kenakan tampilan Anda dengan percaya diri dan keyakinan, karena ini akan mencerminkan pesona sejati dari gaya eklektik. Ketika Anda percaya diri dengan apa yang Anda kenakan, orang lain juga akan melihat ketegasan Anda dalam gaya berpakaian Anda.

fashion eklektik
Sumber: Bag and a Beret

Gaya fashion eklektik memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi kreativitas dalam berpakaian dan menciptakan tampilan yang unik dan menarik. Dengan mencampur-mencocokkan pakaian dan aksesori dari berbagai gaya dan periode waktu, Anda dapat menciptakan tampilan yang mencerminkan kepribadian Anda dengan cara yang paling pribadi. 

Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru dan bereksperimen dengan warna, pola, dan tekstur yang berbeda. Percayalah pada diri Anda dan kenakan gaya eklektik dengan percaya diri, karena itulah yang membuat Anda menjadi pusat perhatian dan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang percaya diri dan berani dalam bereksperimen dengan fashion.

Itulah inspirasi gaya fashion eklektik yang unik dan berani. Selamat berkreasi!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.fashionologymag.com/eclectic-style-overview-and-tips-for-making-it-work-for-you/
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram