Monday, 01 January 2022

8 Koleksi Gaun Termahal dalam Sejarah Kultur Pop

Dalam budaya abad ke-21, acara galas dan karpet merah menampilkan gaun mewah untuk menarik perhatian publik.
June 5, 2023  | Anggun Tifani
gaun kultur pop
 

Gaun identik dikenakan sebagai busana pesta bagi kaum hawa. Mengutip buku Pendamping Berg untuk Mode karya Hegland, Jane; Steele, Valerie (2010). Gaun bola, atau ball gown gaun pesta atau gaun adalah jenis gaun malam yang dikenakan ke pesta atau acara formal. Sebagian besar versi dipotong dari bahu dengan décolletage rendah , lengan terbuka, dan rok panjang bergaya bouffant .  

Sumber: gettyimages.com

Dalam hal ini, gaun dengan ciri khas seperti itu biasanya dikenakan dengan sarung tangan putih panjang opera dan perhiasan vintage atau couture, atau sebuah mencuri yakni selendang formal atau bisa juga dilengkapi jubah sebagai pengganti mantel.

Diketahui, pada tahun 1950-an gaun pesta dikenakan untuk acara dan pesta pribadi. Beranjak ke pertengahan abad ke-20, acara pribadi berubah menjadi acara publik. Seiring berjalannya waktu, acara tradisional menjadi kurang penting sementara acara seperti acara amal menggantikannya.

Berikut terdapat gaun-gaun populer yang masuk dalam kategori gaun paling meriah, mewah, dan terlampau mahal sepanjang masa dalam era sejarah kultur pop.

Gaun "Seven Year Itch" Marilyn Monroe

Gaun ikonik ini pertama kali terlihat di film tahun 1955  yaitu The Seven Year Itch  - dilelang pada tahun 2011, terjual seharga AU$6,6 juta.

Sumber gettyimages.com

Gaun tersebut dilelang oleh Debbie Reynolds, yang kabarnya membeli gaun tersebut hanya seharga US$200 pada tahun 1971.

Gaun Oscar 2013 Jennifer Lawrence

Koleksi gaun Dior Haute Couture yang dikenaka Jenifer Lawrence ini diketahui seharga US $4 Million.

Sumber: gettyimages.com

Ada hal menarik saat Jenifer sempat mengenakan gaun ini, ketika ia diumumkan memenangkan tropi Oscar dia sempat tersandung sesaat sebelum naik ke panggung untuk menerima tropi.

Baca juga:   Sabato De Sarno, Direktur Kreatif Gucci Teranyar

Gaun Oscar 1997 Nicole Kidman

Dibuat oleh Christian Dior Haute Couture, karya bordir ini dikenakan oleh Kidman ke Academy Awards ke-69 pada tahun 1997.

Sumber: gettyimages.com

Gaun "Selamat Ulang Tahun, Tuan Presiden" Marilyn Monroe

Gaun Jean Louis merupakan salah satu koleksi terkenal Marylin Monroe saat itu ia sempat memakainya untuk menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" pada Presiden John F. Kennedy pada tahun 1962. Gaun itu memiliki ciri khas yakni dilapisi dengan kristal. Selanjutnya koleksi itu diakuisisi oleh Ripley's Believe It or Not! pada 2016. 

Sumber: gettyimages.com

Pada saat gelaran Met Gala pada tahun 2022.  Kim Kadarshian diketahui pernah memakai gaun fenomenal tersebut dan beredar bahwa gaun bersejarah tersebut kembali dalam kondisi rusak. Dalam hal ini, Kim kepada Vogue mengklaim bahwa saat acara dimulai, Kim disebut berganti pakaian dan mengenakan gaun replika agar koleksi Marilyn Monroe itu tidak rusak.

Gaun "Breakfast At Tiffany's" Audrey Hepburn

Gaun Audrey Hepburn dalam film legendaris Breakfast at Tiffany, bisa dibilang sebagai salah satu gaun paling dikenal dari zaman keemasan Hollywood. Jadi, tidak mengherankan jika dijual lebih dari satu juta dolar pada tahun 2006.

gaun kultur pop
Sumber: gettyimages.com

Gaun Penghargaan Kecantikan Hollywood Paris Hilton

Ikon Y2K membuat percikan dalam ansambel berkilauan khas di 2017 Beauty Awards.

gaun kultur pop
Sumber: gettyimages.com

Gaun Getty Agustus yang mahal ditutupi 500.000 kristal Swarovski dan membutuhkan waktu lima delapan bulan untuk diproduksi.

Gaun Oscar 1970 Elizabeth Taylor

29 tahun setelah dia mengenakannya ke Oscar tahun 1970, gaun sifon Taylor dijual  seharga AU $ 240.000.

gaun kultur pop
Sumber: gettyimages.com

Gaun Cannes Putri Diana

Gaun sifon milik mendiang Princess of Wales ini dijual seharga AU $ 197.500 setelah Diana mengenakan gaun itu sebanyak tiga kali - sekali untuk potret duduk, sekali lagi ke Opera Premier, dan kemudian ke Festival Film Cannes 1997.

gaun kultur pop
Sumber: gettyimages.com

Nah itu dia gaun-gaun mewah yang terkenal sepanjang masa dalam sejarah kultur pop. Manakah gaun mewah yang menurut kamu paling mempesona?

Baca juga:   5 Rekomendasi Pakaian Linen dari Brand Lokal

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://harpersbazaar.com.au/11-most-expensive-celebrity-dresses-of-all-time/ d
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram