Telah hadir Sustainable Boutique pertama Kiehl’s Indonesia di Central Park Mall, Jakarta. Butik dengan konsep retail berkelanjutan ini diberi nama Kiehl’s Sustainable Boutiqe.
Inisiatif ini adalah wujud komitmen L’oreal group, sebagai induk yang menaungi brand Kiehls Indonesia, untuk ikut bertanggung jawab atas keberlanjutan lingkungan, khususnya melalui program retail sustainibility.
Dalam sebuah keterangan, Caroline Foo, General Manager L’Oréal Luxe Indonesia menjelaskan, “Di L’Oréal Luxe Division, kami memiliki visi untuk memimpin perubahan menuju mindful & sustainable luxury beauty di Indonesia.”
“Selama bertahun-tahun, kami telah melakukan transformasi mendalam untuk lebih berkelanjutan dalam seluruh proses bisnis kami. Salah satunya dalam aspek ritel, kami menggabungkan keunggulan operasional ritel kami dengan tanggung jawab terhadap lingkungan,” tambahnya.
Kiehl's Sustainable Boutique dirancang dengan menerapkan prinsip-prinsip retail sustainibility berdasarkan pedoman L’Oréal Group’s retailing sustainability guideline.
“Didesain dengan menerapkan L’Oréal Group’s retailing sustainability guideline, renovasi butik Kiehl’s di Central Park Mall Jakarta menjadi bukti bagaimana kami mewujudkan komitmen sustainability kami, L’Oréal for The Future, dengan menghormati batas-batas planet,” papar Caroline.
Lebih lanjut lagi, sustainable boutique ini juga didesain dengan memperhatikan aspek kemudahan dan kenyamanan pengalaman berbelanja pelanggan.
Caroline menambahkan, “Kami berkomitmen terhadap keragaman dan inklusivitas, di mana kami memastikan pengalaman berbelanja yang mudah diakses oleh seluruh konsumen. Kami harap inisiatif ini dapat menginspirasi pelaku bisnis untuk merancang tranformasi ritel menjadi lebih hijau.”
Harapannya, inovasi-inovasi tersebut dapat mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan di butik, meningkatkan keamanan dan kenyamanan staf dan konsumen sekaligus menjawab kepedulian konsumen tentang ide pembangunan yang berkelanjutan.
Untuk mewujudkan retail yang lebih sustainable, beberapa strategi diterapkan mulai dari tahap desain dan perancangan, proses konstruksi, hingga operasional retail di Kiehls Sustainable Boutique Central Park Mall, Jakarta. Semua tahap itu dipastikan sesuai dengan prinsip-prinsip retail sustainability.
Arif Suwita, Head of Retail Design and Visual Merchandising, L’Oréal Luxe Indonesia memaparkan, “Sebagai seorang ritel desainer, untuk mewujudkan ritel yang lebih sustainable, kami melakukan penyesuaian material yang digunakan di butik. Hal tersebut melibatkan semua pihak, termasuk retailer, desainer, tim Kiehl’s, dan vendor untuk menganalisa praktik kami, untuk bekerja dengan lebih kreatif dan lebih cermat agar lebih berkelanjutan.”
Bentuk implementasi prinsip-prinsip retail sustainibility di Kiehls Sustainable Bouitqe, diantaranya:
Mohamad Fikri, Corporate Responsibility Director L’Oréal Indonesia mengharapkan, "Kami memiliki ambisi ke depannya agar 100% dari butik kami yang baru maupun yang direnovasi untuk dirancang dan dibangun mengikuti prinsip-prinsip keberlanjutan Grup pada tahun 2025,” jelasnya.
Sepertinya menarik untuk dinantikan, butik Kiehl's mana lagi yang akan ditransformasi dan dijadikan sebagai Kiehl’s Sustainable Boutique selanjutnya.
With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!