Monday, 01 January 2022

8 Aksesoris Rambut Wanita yang Digunakan dalam Gaya Fashion

Usahakan memilih aksesoris rambut wanita yang sesuai dengan kesempatan dan selera pribadi, untuk menciptakan penampilan yang unik dan menarik.
June 17, 2024  | Pipintri Aviteni Damayanti
aksesoris rambut wanita
 

Selain kalung, gelang, anting-anting, dan cincin, aksesoris rambut wanita juga merupakan elemen penting untuk menunjang dan menyempurnakan penampilan dengan cepat dan mudah. Pemilihan aksesoris rambut yang tepat sebagai gaya fashion, dapat membuat rambut terlihat lebih rapi dan juga mampu mempertegas style bagi setiap pemakainya.

Penggunaan aksesoris rambut tidak hanya mempengaruhi penampilan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memungkinkan kita untuk mengekspresikan diri dalam gaya fashion dengan lebih kreatif dan bervariasi. Terdapat banyak sekali aksesoris rambut untuk melengkapi penampilan, seperti 8 aksesoris rambut wanita di bawah ini yang dapat menambah sentuhan kreativitas dalam gaya fashion, antara lain :

Headband

aksesoris rambut wanita

freepik.com/nakaridore

Pilihan pertama aksesoris rambut yang bisa dipakai adalah headband atau bando, yang dikenakan di kepala untuk menjaga rambut tetap teratur dan mempercantik penampilan. 

Mereka dapat terbuat dari berbagai bahan seperti kain, kulit, atau plastik dengan desain atau bentuk yang bervariasi dan seringkali dihiasi bermacam dekorasi berupa berlian palsu, pita, maupun motif yang berwarna-warni.

Pin rambut

aksesoris rambut wanita

freepik.com

Aksesoris rambut berikutnya yang bisa menjadi pilihan adalah pin rambut, khususnya bagi yang memiliki rambut panjang. Pin rambut merupakan aksesoris kecil yang dapat digunakan untuk menahan rambut agar tetap rapi, dan stylingnya tetap dalam posisi yang diinginkan. 

Terdapat berbagai variasi pin rambut termasuk bobby pins, hair pins, dan hair clips yang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, ukuran, dan dekorasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Scrunchie

aksesoris rambut wanita

freepik.com

Jenis aksesoris rambut lainnya yang dapat digunakan dalam gaya fashion yang lebih santai dan casual adalah scrunchie, yaitu sebuah ikat rambut elastis terbuat dari karet atau bahan elastis yang dilapisi kain dan digunakan untuk mengikat rambut. 

Baca juga:   4 Koleksi Aksesori Branded V BTS, Simple tapi Berkelas

Scrunchie memiliki banyak motif dan warna yang cantik, dan juga sangat nyaman dipakai sehingga membuat rambut tidak akan mudah patah atau rontok ketika diikat dengan scrunchie. 

Scarf

freepik.com/kroshka_nastya

Scarf menjadi salah satu jenis aksesoris rambut wanita yang serbaguna karena selain digunakan untuk mengikat rambut dalam berbagai gaya, scarf juga dapat digunakan sebagai penutup kepala. 

Fungsi scarf sebagai penutup kepala disini berbeda dengan kerudung yang menutupi seluruh rambut dan leher, tetapi scarf yang digunakan sebagai aksesoris biasanya masih memperlihatkan area rambut dan leher karena ukurannya lebih kecil dari kerudung.

Hair extension

Bagi yang memiliki rambut pendek namun ingin tampil berbeda secara instan dan praktis, dapat mencoba memakai aksesoris hair extension atau rambut palsu untuk menambahkan panjang serta volume rambut. 

Hair extension tersedia dalam berbagai jenis seperti poni palsu, ekstensi keriting, ekstensi lurus dan masih banyak varian lainnya yang bisa digunakan dan dapat diubah sesuai dengan gaya yang diinginkan.

Ikat rambut

Aksesoris rambut sederhana yang pasti dimiliki setiap wanita adalah ikat rambut yang digunakan untuk mengikat rambut, agar aktivitas sehari-hari lebih leluasa terlebih lagi jika suasana sedang panas-panasnya dan menyebabkan tubuh mudah berkeringat. 

Ikat rambut terbuat dari karet atau nilon yang memiliki elastisitas tinggi, sehingga bisa dipakai untuk rambut yang tipis maupun rambut tebal. Untuk rambut yang tipis dan pendek bisa memakai ikat rambut kecil agar tidak mudah lepas, sedangkan untuk rambut yang tebal sebaiknya memakai ikat rambut yang besar dan tebal.

Headpiece

Headpiece merupakan aksesoris rambut wanita yang sederhana berupa topi atau bandana, hingga ada yang lebih rumit seperti mahkota atau tiara yang memberikan kesan kerajaan dan elegan. 

Baca juga:   5 Rekomendasi Tas Lokal yang Timeless

Headpiece biasanya terbuat dari logam, plastik, atau kain dan sering dihiasi batu permata atau hiasan berkilau lainnya, sehingga cocok untuk digunakan di acara-acara khusus seperti pernikahan atau pesta besar.

Jepit rambut

Sangat disarankan untuk mengoleksi berbagai macam aksesoris rambut wanita agar dapat dipakai secara bergantian. Selain headband, scrunchie, scarf dan yang lainnya, jepit rambut dengan banyak variasi juga perlu dikoleksi agar dapat dipakai sesuai kebutuhan. 

Jepit rambut biasanya terbuat dari bahan plastik atau logam yang ringan dalam berbagai warna dan desain, untuk menjepit sebagian rambut agar tidak mengganggu wajah atau mata serta untuk menambah kesan feminim pada penampilan.

Demikian 8 aksesoris rambut wanita yang dapat memberikan variasi dan menambah sentuhan kreativitas yang khas pada gaya fashion masing-masing individu. Selamat mencoba, semoga terinspirasi!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
id.my-best.com https://id.my-best.com/137458
Diakses pada tanggal 7 Oktober 2023

riaumadani.com https://www.riaumadani.com/read-12425-aksesoris-kepala-untuk-fashion-yang-bikin-cantik-dan-memukau.html#sthash.xlTqYunw.dpbs
Diakses pada tanggal 7 Oktober 2023

tresseme.com
https://www.tresemme.com/id/caranya/8-ide-tampil-cantik-dan-anggun-dengan-aksesoris-rambut.html
Diakses pada tanggal 7 Oktober 2023

popbela.com https://www.popbela.com/fashion/style-trends/stella-marlena-johanna/kenali-yuk-ini-dia-macam-macam-aksesori-rambut-wanita
Diakses pada tanggal 7 Oktober 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram