Monday, 01 January 2022

Alfaz Syam, Sosok Dibalik Produk Fashion dari Keyboard Bekas

Memadukan seni dengan fashion, Alfaz Syam alias skatesuckers telah mendaur ulang keyboard menjadi produk fashion yang bernilai tinggi.
February 19, 2023  | Anisa Ramadhani
fashion keyboard bekas
 

Baru menekuni keahliannya selama satu tahun, pria berusia 26 tahun ini telah menemukan kehidupan baru dari limbah elektronik dengan membuat balaclava, sarung tangan, sepatu, kacamata hitam, dan rompi dari keyboard bekas.

Sumber: instagram.com/skatesuckers

Saat tidak bermain skateboard atau syuting film, dia berada di tempat barang rongsokan untuk memulung keyboard tua. Di bawah bendera Button Network, proyek-proyek karya seni Alfaz yang hanya sekali dibuat langsung terjual habis. Siapa sangka keyboard bekas bisa disulap jadi berbagai barang fashion unik dan limited?

Pria kelahiran Sukabumi ini tertarik pada fashion daur ulang dari keyboard bekas

Dilansir dari Hypebeast, pekerjaan seni mendaur ulang keyboard ini dimulai Alfaz Syam pada tahun 2022. Dia melakukan penelitian mandiri tentang pakaian dan aksesori yang dikerjakan tahun lalu. Alfaz Syam menemukan sepasang slide di Pinterest di mana ada beberapa keycaps yang ditempatkan secara acak di slide dan tidak benar-benar dapat dipakai tapi tetap keren. Ia kemudian mendapatkan ide untuk membuat versinya sendiri yang bisa dipakai dan membagikannya di Instagram.

Seseorang kemudian berkomentar bahwa ia harus membagikannya dengan akun khusus yang membagikan karya-karya seni dan media fesyen yang menarik. Alfaz tidak mengira mereka akan repost unggahannya tersebut, namun ternyata mereka menyukainya dan banyak orang mulai menyukainya, jadi ia membuat lebih banyak produk yang kemudian dijual.

Nilai sustainable fashion bisa kamu temukan dari konsep produk skatesuckers

Alfaz sendiri mencari material keyboard dari tempat penampungan bekas khusus alat elektronik. Sebagian besar produknya menggunakan keycaps hitam, namun ia juga memiliki keycap berwarna lain. Namun, keycap berwarna lain biasanyaia dapatkan dari toko PC. menurut Alfaz, sebenarnya lebih baik bagi lingkungan jika orang-orang mau membeli karyanya yang berbahan keycap hitam karena akan memberikan kehidupan baru pada keyboard bekas tersebut.

fashion keyboard bekas
Sumber: instagram.com/skatesuckers

Produk fashion dari keyboard bekas milik Alfaz ini bermacam-macam, mulai dari sepatu, sandal, topi, rompi hingga kacamata dan sarung tangan.

Baca juga:   Dari Tema Supermarket hingga Miniatur Roket, Ini 5 Set Runway Ikonis Chanel Karya Karl Lagerfeld

Semuanya limited edition dan dijual sampai ke mancanegara

Button Network adalah gerai online dimana karya-karya limited edition buatan tangan Alfaz dapat dibeli. Orang-orang juga bisa membuat pesanan khusus atau menghubungi pria yang menyukai skateboard tersebut untuk berkolaborasi. Sejauh ini, Alfaz Syam sosok dibalik produk fashion keyboard bekas telah bekerja sama dengan nama-nama besar seperti Higround, The Anti Order, Amun Starr, dan Beatz ID Shoes.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.superlive.id/superchallenge/superchallenge-news/terlalu-produktif-dan-kreatif-alfaz-syam-recycle-keyboard-jadi-fashion-item (Diakses pada: 17 Februari 2023)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram