Monday, 01 January 2022

AW2023 Fashion Week di New York, London, Milan, dan Paris

Rangkaian AW2023 Fashion Week telah resmi dimulai pada tanggal 10 Februari 2023, yang ditandai dengan perhelatan New York Fashion Week sebagai momen pembuka.
October 20, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
AW2023 Fashion Week
 

Para pecinta fashion pasti sangat menunggu empat ajang pekan mode yang selalu menjadi tren mode dunia, dan paling dinantikan kehadirannya di New York, London, Milan, dan Paris yaitu AW2023 Fashion Week.

New York, London, Milan, dan Paris menjadi empat kota utama mode dunia karena memiliki perbedaan karakteristik yang kuat satu sama lain, yang terlihat dari perhelatan fashion week di masing-masing kota tersebut. Seperti pada Haute Couture Week 2023 yang baru saja diselenggarakan beberapa bulan yang lalu, menampilkan debut couture Haider Ackermann untuk Jean Paul Gaultier, grand final oleh Robert Wun yang merupakan seorang desain Asia, serta pertunjukan-pertunjukan menakjubkan lainnya dalam Haute Couture Week 2023.

Kemudian setelah Haute Couture Week 2023 selesai, kalender fashion selanjutnya adalah Autumn Winter 2023 yang akan menyajikan banyak hal menarik untuk dinantikan. Berikut adalah debut dari beberapa desainer ternama hingga momen-momen yang berpotensi viral di AW2023 Fashion Week New York, London, Milan, dan Paris.

New York Fashion Week

Pekan mode New York Fashion Week Autumn Winter yang diselenggarakan pada tanggal 10-15 Februari 2023 di Manhattan akan dimulai dengan Rodarte. Pada musim ini beberapa merek terlihat berpindah lokasi, sebagai upaya untuk menciptakan kreativitas baru. Seperti Heron Preston seorang desainer Amerika yang memiliki image street wear dan kolaborasi sejak 2017 di Paris, melangsungkan runaway pertamanya di New York Fashion Week pada 11 Februari setelah tinggal di Paris selama hampir dua dekade. Di hari Valentine, Thom Browne juga memutuskan untuk pulang ke New York City setelah hampir 10 tahun berkarya di Paris Fashion Week.

Baca juga:   Beragam Kolaborasi Menarik Sepak Bola dan Fashion Sejauh Ini

London Fashion Week

Pekan mode London Fashion Week Autumn Winter yang diselenggarakan pada tanggal 17-21 Februari 2023, menjadi pusat perhatian dari industri fashion dunia karena banyaknya desainer muda yang tengah naik daun. London Fashion Week Autumn Winter menghadirkan koleksi pertama dari Daniel Lee untuk Burberry, salah satu koleksi yang banyak dinantikan pada musim ini. Daniel Lee seorang desainer asal Inggris berusia 36 tahun memutuskan meninggalkan Bottega Veneta pada November 2021, kemudian pada bulan September lalu ditunjuk sebagai chief creative officer Burberry untuk menggantikan Riccardo Tisci. Hadirnya koleksi Burberry di London Fashion Week pada 20 Februari menjadi awal yang baru bagi Burberry, dan industri mode juga tidak sabar ingin melihat apakah visi cutting-edge milik Daniel Lee dapat direalisasikan kali ini.

Koleksi pertama dari seorang perancang Gen Z yang sedang naik daun yaitu Harris Reed untuk Nina Ricci juga sangat dinantikan di London Fashion Week, beberapa keahliannya sudah diakui seperti couture, estetika gender-fluid, dan ansambel mewah yang dibuat khusus untuk A-listers. Pendatang baru lainnya yaitu Ludovic de Saint Sernin, merupakan seorang direktur kreatif Ann Demeulemeester kelahiran Belgia yang berbasis di Paris, berharap dapat menciptakan kreativitas baru melalui merek senama miliknya yang dikenal dengan pesona seksi.

Milan Fashion Week

Pekan mode Milan Fashion Week Autumn Winter yang digelar pada tanggal 21-27 Februari 2023, akan dimeriahkan oleh beberapa desainer dunia seperti Prada, Valentino, Tod's, Moncler, Max Mara dan masih banyak desainer lainnya yang akan tampil. Milan Fashion Week juga menampilkan koleksi kedua dari Maximilian Davis di Ferragamo, koleksi Rhuigi villasenor di bally, koleksi Marco de vincenzo di etro, serta Tomo Koizumi menampilkan proyek khusus yang didukung oleh Dolce & Gabbana.

Baca juga:   10 Selebriti Berpakaian Terbaik di Grammy 2024

Paris Fashion Week

Pekan mode Paris Fashion Week Autumn Winter yang digelar pada tanggal 28 Februari - 7 Maret 2023 akan menjadi saksi kembalinya Y/Project ke kalender pakaian wanita, dan masih banyak lagi hal menarik lain yang membuat Paris Fashion Week sangat dinantikan. Salah satunya adalah Pierre Cardin, sebuah rumah mode asal Perancis yang akan kembali ke Paris setelah berkeliling dunia melangsungkan pameran di Tembok Besar China, Moskow, Palais Bulles di Provence, dan Venesia pada tahun 2022. Pertunjukan yang berlangsung di Rue du Faubourg Saint-Honore nomor 59, Pierre Cardin akan dipimpin oleh Rodrigo basilicati-cardin yang tidak lain adalah keponakan sang pendiri itu sendiri.

Alexander McQueen juga menampilkan koleksi AW2023 nya di Paris fashion week pada 4 Maret, setelah pertunjukan terakhirnya di Paris tiga tahun yang lalu. Sebuah label Italia yang dipimpin oleh Francesco ragazzi, yaitu Palm Angels merupakan nama baru juga akan hadir di Paris Fashion Week pertamanya pada 5 Maret.

Selain itu, ada beberapa momen-momen yang berpotensi viral di New York, London, Milan, dan Paris. Salah satunya adalah Coperni, sebuah label asal Perancis milik arnaud vaillant dan Sebastian Meyer viral musim lalu lewat pembuatan gaun yang langsung disemprotkan ke tubuh Bella Hadid. Akankah Coperni kembali menjadi sorotan lagi di musim ini? Kita lihat nanti ya..

Schiaparelli juga hadir dengan koleksi terbarunya di AW2023 Fashion Week, setelah viral di acara couture satu bulan yang lalu lewat desain hewan yang disulam pada gaun dan mantel. Daniel roseberry, seorang direktur kreatif akan menampilkan koleksi ready-to-wear miliknya di runaway pertama kali, setelah menyelenggarakan presentasi rangkaian ready-to-wear selama perhelatan Paris Fashion Week berlangsung.

Baca juga:   Kembali Kolaborasi, UNIQLO x JW Anderson Rilis Hari Ini

Sementara itu setelah absen dari couture week, Balenciaga mulai kembali ke kalender fashion pada 5 Maret sebagai upaya kembali ke mata publik karena kampanye kontroversialnya pada bulan November tahun lalu. Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah Paco rabanne dan Vivienne Westwood sebagai penampil reguler di Paris Fashion Week akan kembali ke koleksi pertama mereka pada 1 dan 4 Maret, sejak meninggalnya para pendiri.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
tatlerasia.com https://www.tatlerasia.com/style/fashion/fashion-week-aw23-heres-what-to-expect-in-new-york-london-milan-and-paris-replicate-id
Diakses pada tanggal 1 Juli 2023

jawapos.com https://www.jawapos.com/lifestyle/01428659/catat-jadwal-pekan-mode-2023-dari-paris-hingga-new-york-fashion-week
Diakses pada tanggal 1 Juli 2023

beautynesia.id https://www.beautynesia.id/fashion/ini-perbedaan-fashion-week-di-new-york-london-milan-dan-paris/b-237568
Diakses pada tanggal 1 Juli 2023

rukita.co https://www.rukita.co/stories/jadwal-paris-fashion-week-hingga-new-york-fashion-week/
Diakses pada tanggal 1 Juli 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram