Monday, 01 January 2022

Awal Tahun 2024 yang Ceria, UNIQLO x Marimekko Luncurkan Koleksi Terbaru yang Unik

Label UNIQLO baru saja meluncurkan koleksi terbarunya hasil kolaborasi dengan label asal Finlandia, Marimekko.
January 7, 2024  | Kingkit Neira
UNIQLO x Marimekko
 

Koleksi terbaru UNIQLO x Marimekko ini baru saja dirilis pada 1 Januari 2024.

Label Marimekko merupakan label legendaris di Finlandia yang telah berdiri sejak 1951. Label ini dikenal karena memiliki kreativitas tingkat tinggi dalam menciptakan busana dan aksesori yang penuh dengan motif playful.

Dalam kolaborasinya dengan UNIQLO, Marimekko menyajikan busana esensial, seperti jaket fleece dan heattech, dalam beragam motif menarik. Koleksi kali ini menghadirkan kehangatan dan keceriaan sekaligus untuk para penggunanya mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala.

Creative Director Marimekko, Rebekka Bay mengatakan, koleksi kolaborasi kali ini mengusung tema 'Pakaian hangat dan nyaman untuk mengawali tahun baru'. Koleksi ini hadir untuk merayakan kegembiraan alam bebas.

UNIQLO x Marimekko
Sumber: Uniqlo

"Kami mengambil inspirasi dari pemandangan musim dingin Nordik yang tenang dan perasaan hangat saat menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan orang-orang tercinta," ujar Rebekka.

Jika Marimekko dikenal dengan motif yang berani dan penuh warna, kali ini Marimekko mengejutkan para penggemarnya karena hadir dengan warna-warna tenang.

Rebekka menilai koleksi edisi terbatas ini memang dibuat untuk menciptakan hubungan antara lanskap alami musim dingin dan juga motif print yang berani.

"Kami menggunakan warna abu-abu yang selaras, emas, dan hitam, motif dan grafis Marimekko yang berani berpadu sempurna dengan pakaian UNIQLO yang fungsional dan stylish untuk musim dingin yang semarak," paparnya.

UNIQLO x Marimekko
Sumber: Uniqlo

Ada empat motif yang dihadirkan dalam kolaborasi ini, keempatnya terinspirasi dari tema keindahan alam Nordik. Motif pertama adalah motif Kivet atau batu yang dirancang oleh mendiang Maija Isola, seorang desainer legendaris yang berkontribusi pada sejumlah motif ikonis Marimekko.

Meskipun pada pandangan awal, motif ini menciptakan kesan corak vintage dari era 1960-an, namun ternyata motif ini awalnya merupakan hasil pemotongan lingkaran dengan gunting.

Baca juga:   11 Luxury Fashion Brand ini Dukung Kampanye Suistanable Fashion dan Etis

Ekspresi yang lebih berani terpancar dari motif Kissapöllö. Dibuat dengan goresan kuas yang dilengkapi dengan titik-titik di dalamnya, motif ini tercipta ketika Maija tengah berada di studio, menggambar sambil mendengarkan musik. Lambat laun, motif abstrak ini malah menghadirkan gambaran akan Kissapöllö, yang merupakan burung hantu berwarna cokelat.

UNIQLO x Marimekko
Sumber: Uniqlo

Motif selanjutnya adalah motif motif Seireeni atau siren. Saat Maija melakukan perjalanan ke Yunani pada tahun 1960-an, aliran air menjadi sumber inspirasinya, yang kemudian diinterpretasikannya menjadi motif grafis yang menarik.

Terakhir, UNIQLO x Marimekko menghadirkan motif Hattara atau gumpana, sebuah karya dari Pentti Rinta, seorang desainer ikonis lainnya yang berkarya untuk Marimekko. Motif yang membentuk pola serupa gumpalan awan ini diilhami oleh keceriaan musim panas.

Selain menyediakan busana esensial untuk dewasa, koleksi UNIQLO dan Marimekko ini juga menyuguhkan koleksi teranyar mereka ntuk anak perempuan, tas bahu, dan kaus kaki. Harga produk dimulai dari Rp 99 ribu untuk kaus kaki hingga Rp 499 ribu untuk jaket fleece dewasa.

Apabila Anda tertarik ingin mengoleksi produk terbaru kolaborasi Uniqlo dan Marimekko ini, maka Anda bisa mendatangi gerai-gerai resmi UNIQLO khusus, yakni di Pondok Indah Mall 3 atau Anda juga bisa berbelanja secara daring melalui situs resminya, yakni https://www.uniqlo.com/id.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.uniqlo.com/id/id/contents/collaboration/uniqloxmarimekko/23fw/article/02/

https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/12/2023/34421/sambut-tahun-2024-uniqlo-rilis-
koleksi-kolaborasi-dengan-marimekko
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram