Monday, 01 January 2022

Clog Shoes, Sepatu ‘Kuno’ yang Jadi Tren Dunia

Penyanyi Justin Bieber juga tampak mengenakan Hardclog keluaran Balenciaga saat menghadiri Grammy Awards 2022.
February 14, 2023  | Melisa Nirmaladewi
clog shoes
 

Style fashion lawas tampaknya mulai memadati tren mode di tahun 2022 ini. Selain tren Y2K yang memperlihatkan gaya eksentrik di awal tahun 2000-an, di perhelatan fashion musim spring/summer tahun ini, clog atau bakiak menjadi salah satu fashion item yang kembali naik daun. Alas kaki yang muncul di awal tahun 90-an ini mulai terlihat di runway fashion dunia seperti Gucci, Givenchy, dan ALAÏA.

Sepatu yang juga dikenal dengan sebutan ‘’ugly shoes’’ ini perlahan mulai menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki para fashion enthusiast. Misalnya dengan sentuhan aksesori jibbitz yang dimiliki oleh Crocs, atau material rubber yang makin marak digunakan para desainer untuk koleksi clog terbaru mereka. Selain modelnya yang timeless dan nyaman untuk digunakan sehari-hari, clog shoes menjadi salah satu summer fashion item yang juga mudah dipadupadan. Seperti apa keunikan dan inspirasi padupadan untuk clog? Yuk, simak lebih lengkapnya berikut ini!

Sejarah Awal Clog Shoes

Di zaman dulu, clog sering digunakan oleh petani yang bekerja di sawah dan para penari. Sepatu ini umumnya digunakan oleh masyarakat kelas bawah yang berkembang di Eropa pada tahun 1300-am. Pada masa itu, clog terbuat dari kayu yang dipahat. Sepatu kayu clog tertua dalam sejarah ditemukan di Belanda. 

Source: Getty Image

Secara tradisional, clog dibuat dengan tangan dari satu balok kayu persegi, yang dibasahi, kemudian dicukur dan dipahat dengan halus. Pengrajin yang mengkhususkan diri dalam pembuatan clog umumnya dikenal sebagai bodgers. Mereka suka suka menggunakan kayu seperti balsa, beech dan sycamore karena jenis kayu ini tidak mudah pecah saat dibentuk. Clog kemudian dipoles menggunakan cat dan gaya serta desainnya bervariasi di seluruh Eropa tergantung pada tren mode lokal.

Baca juga:   4 Trend Winter Shoes 2022-2023, Cocok Untuk Ke Luar Negeri!

Desain clog modern sering kali memadukan style clog tradisional dengan bahan yang lebih modern, seperti kulit dan kain. Pada tahun 70-an dan 80-an, clog Swedia menjadi aksesori modis untuk pria dan wanita. Saat dikenakan tanpa kaus kaki, sandal clog dianggap sebagai pernyataan mode avant-garde untuk pria modern dalam mode.

Di tahun 80-an dan 90-an, clog dan sandal dengan tumit platform sangat trendy di kalangan wanita. Bagian tengah tumit yang besar, yang biasanya berkisar antara 6 dan 8 inci, biasanya terbuat dari gabus, sedangkan sol karetnya memiliki warna pucat.

Clog ber-platform sering ditampilkan di runway high fashion; Desainer Belanda Viktor & Rolf memasukkan clog heels dalam Koleksi Fall/Winter 2007/08 mereka. Clog kembali populer di kalangan mode wanita lagi pada tahun 2010 berkat desainer papan atas seperti Chanel dan Louis Vuitton yang memasukkannya ke dalam Koleksi Spring/Summer mereka.

Inspirasi Mix & Match Clog Modern

Inspirasi padupadan Clog semakin berkembang seiring dengan kembali mencuatnya sepatu Crocs sebagai salah satu fashion item yang kembali trending belakangan ini. Selain dengan ciri khasnya yang terbuat dari rubber sol yang empuk, Crocs juga memberikan sentuhan kreatif yang mengajak para customer untuk berkreasi melalui aksesori lepas pasang jibbitz milik mereka. 

Potensi dari clog kian merebak dengan beberapa merk high fashion mulai ikut serta berkreasi untuk mengeluarkan produk clog mereka. Sebut saja Dior yang mengeluarkan koleksi Diorquake Clogs di tahun 2016 dan Jacquemus yang mengeluarkan koleksi dengan bahan leather-nya yang khas.

Bagi kamu yang membutuhkan inspirasi mix and match menggunakan clog, coba intip beberapa jenis clog yang bisa kamu pakai berikut ini yuk!

Baca juga:   Berpakaian Secukupnya, Coba Minimalist Fashion Yuk!

Minimalist Clog

Bagi kamu yang baru memulai untuk bereksperimen, minimalist clog bisa menjadi opsi style yang aman.

Dengan desain yang simpel dan elegan, minimalist clog bisa mendukung penampilanmu lebih unik dan ber-statement dengan siluet khas clog.

Classic Clog

Jenis clog yang umum ditemukan di pasaran dan mudah dikenali karena clog milik brand Crocs masuk ke dalam kategori ini.

clog shoes
Sumber: The Urban Journal & Vogue
clog shoes
Sumber: The Urban Journal & Vogue

Dikenal sebagai model clog yang populer di kalangan pekerja (seperti perawat dan chef), classic clog bisa memberikan sentuhan casual yang stand out dengan shape uniknya.

Studded Clog

Sentuhan aksesori dari clog kuno yang khas dengan hiasan stud di pinggirnya, studded clog memberikan nafas segar untuk tampilan klasik yang penuh nostalgia. Koleksi dari… bisa menjadi pilihan studded

Rubber Clog

The super star of the clog trend.

clog shoes
Sumber: Bottega Venetta & Mytheresa
clog shoes
Sumber: Bottega Venetta & Mytheresa

Selain bahannya yang nyaman dan mudah dipadupadan, rubber clog emphasize sassy style yang klasik dan cocok untuk kamu yang suka tampil simpel dan antiribet.

Sandal Clog

Lebih suka model clog yang memperlihatkan jari-jari kakimu yang manis? Sandal clog is the right choice! Sentuhan platform yang tinggi di sandal clog juga cocok untuk kamu yang suka tampil feminin.

clog shoes
Sumber: Lyst & DSW
clog shoes
Sumber: Lyst & DSW

Clog shoes menjadi bukti bagaimana fashion item lawas yang terlihat membosankan bisa di spice up menjadi koleksi yang mewah dan trendy. Entah kamu ingin bereksperiman dengan casual style atau avant-garde, clog selalu ada ruang untuk perjalanan style fashion-mu! 


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Kata Siapa Tidak Nyaman? Ini Sederet Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Docmart
Reference: 
https://www.worldofclogs.com/clog-blog/the-origins-of-clogs/ (Diakses pada: 11 November 2022)

https://www.vogue.com/article/best-clogs (Diakses pada: 11 November 2022)

https://thebeaulife.co/lifestyle-guides/how-to-style-crocs- (Diakses pada: 11 November 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram