Monday, 01 January 2022

10 Gaun Pengantin Unik, Ada yang Terbuat dari Lego dan Kondom

Gaun pengantin identik dengan gaun putih yang dirancang bak putri raja. Lalu, apa jadinya jika gaun pengantin ini malah terbuat dari bahan yang tidak biasa?
February 8, 2023  | Anggun Tifani
gaun pengantin unik
 

Setiap perempuan setidaknya memiliki wedding dress atau gaun pengantin impian yang akan digunakannya pada saat hari pernikahan. Terang saja, sebutan bagi calon pengantin perempuan biasanya dijuluki “Putri Sehari”. dalam hal ini maksudnya, seorang pengantin perempuan diibaratkan layaknya seorang putri. Jadi apapun gaun pengantin yang diinginkan seorang putri biasanya perlu diwujudkan pada hari pernikahannya.

Mengutip buku Seri Sketksa Majalah Gaun Pengantin Elegan karya Holly CH (6:2007), Treen mode gaun pengantin saat ini banyak menampilkan romantisme negeri dongeng yang kaya akan detail. Desain yang ringan melayang serta sentuhan kain yang transparan melengkapi koleksi desain yang kini banyak dikeluarkan para desainer.

Jadi biasanya meskipun gaun yang diimpikan membutuhkan biaya yang banyak dalam hal pembuatannya, terkadang calon pengantin akan rela-rela saja meskipun harus merogoh kocek dalam-dalam. Semua tergantung bagaimana gaun pengantin yang diimpikan. Ingin menampakkan sisi klasik, elegan, cantik, mempesona atau bahkan unik. 

Gaun pengantin seharusnya membuat calon pengantin merasa nyaman dan elegan, namun jika calon pengantin lebih fokus pada kreativitas, maka gaun-gaun unik berikut adalah bukti bahwa kreativitas tak terkalahkan! Yuk, cek 10 gaun pengantin unik yang menarik untuk disimak dalam ulasan berikut.

Gaun pengantin unik dari LEGO

Dibuat oleh seniman Jepang Rie Hosokai, 'LEGO Wedding Dress' adalah gaun yang mungkin diinginkan para pengiring pengantin yang terobsesi dengan LEGO untuk pernikahan mereka. 

Gaun pengantin unik -Sumber:gizmodiva.com

Desain menakjubkan untuk gaun pengantin LEGO didasarkan pada gaun balon Hosokai. 

Baca juga:   Panduan Lengkap Ukuran Baju US ke Indonesia

Konstruksi buatan LEGO ini diketahui membutuhkan waktu lama pada saat pembuatannya, sama seperti kreasi LEGO kompleks lainnya.

Gaun pengantin LEGO ini, dibuat sebagai bagian dari pameran amal 'Piece of Peace' Tokyo di Museum Parco. Bayangkan jika kamu menggunakan gaun ini pada acara pernikahan, apakah kira-kira kamu dapat duduk dengan nyaman? 

Gaun pengantin model ombre

Gaun pengantin ini nampak terbuat dari bahan bulu fur di bagian bawah gaun. Gaun ini diketahui ingin dibuat nampak seperti sebuah warna kelopak mawar merah muda.

Gaun pengantin unik -Sumber:ImagesEntertainment/GettyImages

Gradasi warnanya nampal seperti lipstik ombre. Kamu tertarik buat mencobanya?

Gaun pengantin unik dari tisu toilet

Terlihat sama seperti gaun pengantin pada umumnya, ternyata gaun ini terbuat dari tisu toilet.

Gaun pengantin unik-Sumber: instagram.com/@tdpresscontest

Tentunya penggunaan gaun ini harus ekstra hati-hati ya, sebab tisu merupakan bahan yang mudah sobek. 

Gaun pengantin kue

Seorang desainer bernama Lukka Sigurdardottir menciptakan gaun yang bisa dimakan.

Gaun pengantin unik-Sumber: feed.id/neatorama.com

Karya gaun pengantin yang dibuatnya, terbuat dari ratusan cake yang dilapisi krim di setiap bagiannya. Rekomen banget nih, biar hemat budget pembelian kue!

Gaun pengantin tag label kedaluwarsa roti tawar

Kamu pasti gak asing dengan tag label kedaluwarsa yang dipasang pada kemasan roti tawar, nah perempuan asal Australia bernama Stephany Watson  jadiin barang yang mungkin kelihatan sepele itu buat gaun pernikahannya.

Gaun pengantin unik-Sumber: feed.id/mnn.com/Constructing Nadine

Dia mengaku telah mengumpulkan 10 ribu tag label untuk dijadikan gaun pada acara pernikahannya. 

Gaun pengantin coklat putih

Pecinta coklat ayo merapat. Ini ada gaun terbuat dari coklat putih atau white chocolate yang unik banget. Dibuat layaknya gaun pengantin berwarna putih bersih, coklat di sini dibuat sebagai bahan pelapis untuk bentukan baju yang sebetulnya merupakan sebuah kue. 

gaun pengantin unik
Gaun pengantin unik-Sumber: feed.id/rococochocolates.com

Diketahui, gaun berbahan cokelat ini dibuat oleh Ian Stuart, desainer dari Ian Stuart Brides, bersama seorang chocolatier bernama Chantal Coady. Mereka sebenarnya ingin menciptakan gaun tersebut dari bertahun-tahun yang lalu. Namun, mereka beru bisa merealisasikannya di acara Chocolate Week 2008.

Baca juga:   Bikin Bangga, Ini 7 Desainer Hijab yang Karyanya Tembus ke Mancanegara

Jadi bisa dibilang ini merupakan gaun pengantin kue coklat putih. Siapa nih yang mau coba pakai gaun kue coklat putih? 

Gaun pengantin body painting

Gaun pengatin body painting ini nyaris membuat penggunanya hampir telanjang.

gaun pengantin unik
Gaun pengantin unik-Sumber: oddee.com

Karya seni body painting ala gaun penganti ini dijamin bisa bikin hemat budget dana pernikahan kamu. Tertarik buat pakai konsep unik ini?

Gaun pengantin balon

Gaun balon yang dibuat sebagai gaun pengantin ini tersusun dari balon-balon putih yang dirangkai menjadi sebuah gaun pengantin.

gaun pengantin unik
Gaun pengantin unik Sumber: feed.id/ bombod.com

Agak riskan ya pakai gaun ini. Apa gak takut meletus balonnya? 

Gaun pengantin struk belanja

Gaun pengantin yang dibuat dari struk belanja ini sempat dipamerkan di sebuah acara peragaan busana. Tentunya karena gaun ini dibuat dari tumpukkan struk yang pastinya berbahan dasar kertas, pemakaian gaun struk belanja ini pastinya perlu kehati-hatian.

Apa kamu tertarik buat menjadikan gaun struk belanja super hemat budget dana pernikahan ini buat sebagai gaun impian?

Gaun pengantin kondom

Ada-ada aja, gaun pengantin ini terbuat dari ratusan susuan kondom yang dibuat sedemikian rupa layaknya gaun pengantin. Ternyata gaun ini merupakan bagian dari kampanye sosial loh. 

gaun pengantin unik
Gaun pengantin unik-Sumber: odee.com

Diketahui, gaun ini diciptakan sebagai bagian dari kampanye peningkatan kesadaran penyakit menular seksual Chlamydia yang penderitanya terus meningkat belakangan ini. Dilaporkan, dalam setengah tahun terakhir, penderita Chlamidia wanita di daerah tersebut telah meningkat sebanyak 75%, dan 61% di kalangan pria. 

Gaun ini dipamerkan di Pusat Hiburan Kota oleh Dewan Kotapraja Shoulhaven, untuk menarik perhatian masyarakat kota dalam diskusi masalah-masalah seputar penyakit menular seksual dan pentingnya praktek seksual yang benar.

Baca juga:   Fakta Unik Dibalik Sejarah Sarung

Itu dia 10 gaun pengantin unik yang terbuat dari bahan-bahan nyeleneh yang tidak seperti biasanya. Apa kamu tertarik buat coba pakai gaun-gaun unik seperti ulasan di atas? 


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
Buku Seri Sketksa Majalah Gaun Penganti Elegan karya Holly CH (6:2007)

https://www.trendhunter.com/trends/lego-wedding-dress (Diakses pada: 16 Desember 2022)

https://living.alot.com/beauty/15-craziest-wedding-dresses-youve-ever-seen--15680 (Diakses pada: 16 Desember 2022).
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram