Monday, 01 January 2022

Gaya Busana Baju Ruffle: Feminin dan Romantis

Busana dengan detail ruffle telah menjadi tren fashion yang populer dalam beberapa tahun terakhir.
November 1, 2023  | Anggun Tifani
Gaya Busana Baju Ruffle
 

Baju Ruffle, yang didefinisikan sebagai lipatan atau lipatan kain yang menciptakan efek berlipat, menambahkan dimensi dan keanggunan pada pakaian. Dengan sentuhan feminin dan romantis, gaya busana ruffle dapat menghadirkan penampilan yang menarik dan elegan. 

Tips Menggunakan Busana atau Baju Ruffle

Berikut ini adalah beberapa tips dari laruna terkait  penggunaan busana ruffle yang dapat membantu  tampil gaya dengan percaya diri!

1. Pilih Potongan yang Sesuai

Ruffle dapat ditemukan pada berbagai jenis pakaian, termasuk atasan, blus, rok, dan dress. Penting untuk memilih potongan yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu. Jika kamu memiliki bahu yang sempit, pilihlah atasan dengan ruffle di bagian bahu untuk menciptakan tampilan yang seimbang. Jika kamu ingin menonjolkan lekuk tubuh kamu, pilihlah dress atau rok dengan ruffle di area pinggang atau pinggul.

2. Pertimbangkan Skala dan Proporsi

Ketika memilih busana ruffle, penting untuk memperhatikan skala dan proporsi ruffle tersebut. Jika kamu memiliki tubuh kecil atau pendek, hindarilah ruffle yang terlalu besar atau berlebihan karena dapat membuat kamu terlihat tenggelam di dalamnya. Sebaliknya, pilih ruffle dengan ukuran yang lebih kecil atau dalam jumlah yang sedikit untuk menciptakan tampilan yang seimbang dan elegan.

3. Padankan dengan Pakaian Lain yang Sederhana

Karena ruffle sudah memberikan detail yang mencolok pada pakaian kamu, sebaiknya padukan dengan pakaian lain yang lebih sederhana. Hindari penggunaan aksesori atau pakaian lain yang terlalu berlebihan agar fokus tetap pada ruffle. Pilihlah celana atau rok dengan potongan sederhana dan minimalis untuk mengimbangi keanggunan ruffle.

Baca juga:   Perbedaan Thrifting dan Preloved

4. Pilih Warna yang Cocok

Warna juga memainkan peran penting dalam gaya busana ruffle. Jika kamu menginginkan penampilan yang klasik dan serbaguna, pilihlah warna netral seperti putih, hitam, atau nude. Warna-warna ini dapat mudah dipadankan dengan pakaian lain dalam lemari kamu. Namun, jika kamu ingin tampil lebih berani, cobalah warna-warna cerah atau motif yang menarik untuk memberikan sentuhan yang segar dan menyenangkan pada penampilan kamu.

5. Gunakan Aksesori yang Tepat

Meskipun sebaiknya menghindari aksesori yang terlalu ramai, tetapi aksesori yang tepat dapat memperkaya penampilan kamu dengan busana ruffle. Pilih aksesori sederhana seperti anting-anting atau kalung yang tidak mengganggu fokus pada ruffle. kamu juga dapat menggunakan ikat pinggang yang sesuai untuk memberikan definisi pada pinggang kamu ketika mengenakan dress atau rok ruffle.

6. Percantik dengan Sepatu yang Tepat

Pilihan sepatu juga penting untuk melengkapi penampil

an busana ruffle. Untuk tampilan yang lebih formal atau elegan, pasangkan busana ruffle dengan sepatu hak tinggi atau skamul dengan desain yang elegan. Jika kamu ingin tampilan yang lebih kasual, padukan dengan sepatu datar atau sneakers untuk menciptakan penampilan yang santai namun tetap stylish.

Gaya Busana Baju Ruffle

Sumber pexels.com

7. Jangan Takut Eksperimen

Satu hal yang baik tentang gaya busana adalah eksplorasi dan berani mencoba hal-hal baru. Jadi, jangan takut untuk bereksperimen dengan busana baju ruffle. Cobalah padu-padankan dengan pakaian lain yang tidak biasa atau tambahkan lapisan dengan menggunakan jaket atau blazer yang cocok. Jangan lupa untuk mencerminkan kepribadian kamu melalui gaya busana kamu dan jadilah kreatif dalam mengekspresikannya.

Dengan tips ini, kamu siap untuk mengenakan busana ruffle dengan percaya diri dan gaya yang menawan. Jadikan ruffle sebagai sentuhan feminin dalam penampilan kamu, dan biarkan busana kamu berbicara dengan elegan. Ingatlah bahwa gaya busana adalah tentang menyenangkan diri sendiri dan mengekspresikan diri, jadi selamat bereksperimen dan menikmati perjalanan kamu dalam dunia fashion!

Baca juga:   Evolusi Tren Fashion Indonesia: Inspirasi Jejak Sejarah

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.womanandhome.com/fashion/how-to-wear-ruffles/ diakses 24 Juni 2023.
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram