Monday, 01 January 2022

Ingin Mengadaptasi Gaya Glam Punk? Jangan Lupakan 4 Item Penting Ini

Mengadaptasi gaya Glam Punk tentunya bakal seru. Kamu bisa muncul di hadapan orang-orang dengan gaya mencolok tapi elegan.
February 8, 2023  | Yaumil Azis
gaya glam punk
 

Tahun 2021 kemarin, publik dikejutkan dengan performa akting Emma Stone yang luar biasa dalam balutan karakter ‘Cruella’. Film produksi Walt Disney Pictures ini pun sukses meraup uang hingga 233.5 juta dollar (setara Rp3.6 Triliun).

Beberapa orang menganggap ‘Cruella’ sebagai film blockbuster yang menghibur. Namun untuk lainnya, termasuk Jacqueline Navas dari crfashionbook.com, ‘Cruella’ adalah pertunjukan mode. Ini dikarenakan ‘Cruella’ menceritakan latar belakang penjahat di film ‘101 Dalmation’ sebagai seorang desainer fesyen.

‘Cruella’ menjadi semakin seru ketika pemeran utama mulai memberontak dan menjadi pesaing utama sang bos, The Baroness, di industri mode. Ia muncul dengan alter-ego eksentrik bernama a la Vivienne. Dari situ, penonton dibombardir oleh koleksi fesyen yang memukau.

Beragam jenis pakaian dalam film ini terinspirasi dari gaya Glam Punk yang sempat menjadi tren di London pada era ’70-an. Glam Punk muncul sebagai respon atas gaya hippie dan bohemian yang marak pada era ’60-an. Gaya ini pun menjadi inspirasi lahirnya style Glam Metal yang kemudian dipopulerkan band-band Amerika Serikat seperti Motley Crue dan Poison.

Keeksentrikan Glam Punk sangat cocok buat menambah rasa percaya diri kamu untuk tampil di hadapan umum. Lalu, apa saja item yang harus kamu pakai untuk mengadaptasi gaya glam punk? Laruna punya informasinya. Cek di bawah ini ya!

Kulit, Kulit, dan Kulit!

Dasar dari gaya Glam Punk masih mengacu kepada subkultur punk yang juga besar di Inggris dengan sentuhan glamor. Jadi tentu saja, kamu butuh jaket kulit sebagai outer untuk atasan. 

Ilustrasi jaket kulit. Foto milik Celine Druguet.

Pada dasarnya, beberapa item krusial pada gaya ini harus menggunakan bahan kulit. Jadi bukan jaket saja. Kamu juga bisa menggunakan rok atau celana skinny, gelang, dan masih banyak lagi dengan berbahan kulit.

Baca juga:   9 Tren Warna Baju Lebaran 2024, Bukan Tersage-sage Lagi!

Nah, berhubung kita tinggal di daerah tropis, maka kamu perlu melakukan penyesuaian juga dengan jumlah item berbahan kulit yang digunakan. Jangan sampai barang-barang berbahan kulit ini membuat kamu jadi tidak nyaman, ya!

Motif Kotak-kotak Sebagai Alternatif

Jika pakaian berbahan kulit kurang cocok untuk kamu, jangan khawatir. Kamu juga bisa menggunakan alternatif lain dengan motif kotak-kotak klasik. Entah itu dress, rok, kemeja, atau celana panjang berbahan tartan.

gaya glam punk
Ilustrasi kain bermotif kotak-kotak. Foto milik Divazus Fabric Store.

Pakaian bermotif kotak-kotak juga muncul dari skena punk di Inggris. Meskipun memang, motif ini cukup melekat pada citra Kurt Cobain yang merupakan pentolan band Grunge Amerika Serikat, Nirvana.

Tapi toh, pada dasarnya grunge juga melihat skena punk sebagai kiblatnya. Jadi jangan ragu untuk menggunakan pakaian bermotif kotak-kotak. Dijamin gak bakal ganggu kesan punk pada gaya kamu kok!

Sepatu Boots

Sepatu boots sebenarnya cocok untuk dikenakan dengan berbagai macam gaya. Namun kalau kita berbicara tentang punk, maka penting untuk mempertimbangkan sepatu boots sebagai item wajib dimiliki.

gaya glam punk
Ilustrasi sepatu boots. Foto milik Julien Charton.

Namun jangan khawatir, masih ada alternatif lain sebagai pengganti sepatu boots. Khususnya buat kaum wanita. Kamu juga bisa menggunakan sepatu stiletto yang memiliki hak ekstra panjang. Sepatu stiletto juga bisa memperkuat kesan glamour pada gaya kamu.

Dr.Martens bukan jenama wajib. Kamu bisa menggunakan jenama apapun selama bentukan sepatunya masih boots. Kamu juga bebas memilih 4, 6, 8, atau bahkan 12 hole. Senyamannya kamu aja.

Aksesoris

Setelah atasan dan bawahan sudah lengkap, waktunya kamu menambahkan item penting dalam gaya glam punk: aksesoris! Begitu banyak pilihan aksesoris yang bisa kamu terapkan ke pakaian kamu untuk menambah kesan glamour, eksentrik, dan menantang!

gaya glam punk
Ilustrasi aksesoris punk. Foto milik Nick Fewings.

Spike berbahan besi bisa kamu tambahkan di mana saja. Entah itu di bagian pundak jaket kulit, ikat pinggang, ataupun gelang. Tergantung selera kamu aja! Kamu juga bebas memilih spike yang tebal atau tipis.

Baca juga:   5 Gaya OOTD Sweater ala Selebriti Dunia yang Bisa Kamu Tiru

Jika spike terlalu mencolok, kamu juga bisa menggantinya dengan stud

Penempatan stud pun kurang lebih sama seperti spike. Meskipun tidak semencolok spike, tapi stud tetap bisa membuat kamu jadi spotlight kok!

Rantai juga bisa menjadi tambahan aksesoris lainnya untuk menguatkan gaya glam punk kamu. Rantai bisa digantungkan pada ikat pinggang atau gelang. Jangan lupa sesuaikan panjang dan ukurannya agar tidak mengganggu aktivitas ya!

Nah, kurang lebih itulah item-item yang kamu butuhkan untuk mengadaptasi gaya glam punk. Kamu bisa menggunakan gaya glam punk dalam berbagai situasi, baik formal ataupun kasual. Jadi, sudah siap untuk menjadi pusat perhatian?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
Rebels Market. https://www.rebelsmarket.com/blog/posts/5-keys-to-the-glam-punk-style (Diakses pada: 30 November 2022).

Ninja Cosmic. https://ninjacosmico.com/how-dress-glam-punk/ (Diakses pada: 30 November 2022).

Wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Cruella_(film) (Diakses pada: 30 November 2022).

CR Fashion Book. https://crfashionbook.com/fashion-a36699476-glam-punk-disney-cruella/ (Diakses pada: 30 November 2022).
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram