Monday, 01 January 2022

Gaya Rockabilly: Perpaduan Genre Musik 1950-an

Dengan panduan ini, Anda siap untuk menjelajahi dunia mode Rockabilly yang ikonik!
January 26, 2024  | Kingkit Neira
Gaya Rockabilly
 

Gaya Rockabilly telah memainkan peran penting dalam dunia mode dan budaya populer selama beberapa dekade terakhir. Gaya yang terlahir dari kombinasi unik antara elemen-elemen dari musik Rock and Country era 1950-an menghasilkan sesuatu yang benar-benar mengasyikkan dan menciptakan jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah mode.

Kalau Anda masih awam dengan istilah gaya Rockabilly, di artikel ini akan dikupas mendalam mengenai seluk beluk gaya hits era 1950-an ini.

Gaya Rockabilly

Sejarah Gaya Rockabilly

Gaya Rockabilly memiliki akar yang kuat pada tahun 1950-an dan 1960-an, ketika musik Rock and Roll dan pengaruh Country mulai menggebrak di seluruh Amerika Serikat. Musik yang seringkali energetik dan berani ini memberikan banyak pengaruh tidak hanya terhadap dunia musik saja, tetapi juga mode serta budaya populer pada saat itu. Rockabilly muncul sebagai perpaduan penuh semangat dari kedua genre tersebut.

Gaya ini menjadi sangat populer melalui film-film ikonik seperti "Grease", "Cry-Baby", dan "Hairspray", yang semuanya menghormati kultur Rockabilly dan menampilkan tampilan mode yang mengagumkan. Kebangkitan Rockabilly pada tahun 1970-an dan 1990-an membuktikan bahwa gaya ini memiliki pesona yang tak tergantikan.

Gaya Rockabilly
Sumber: Rockabilly-rules.com

Panduan Gaya Rockabilly

Gaya Rockabilly memiliki ciri khas yang kental, dimulai dari pilihan atasan, bawahan, sepatu, gaya rambut, make up hingga tampilan khasnya yakni keberadaan tato. Ini adalah gaya yang berani dan penuh warna yang tetap relevan hingga saat ini. 

Meskipun gaya Rockabilly di era kekinian sudah tidak terlalu populer, bahkan sebagian orang tak mengenal gaya ini, Anda tetap bisa mencoba hal baru dengan meniru gaya ini. Berikut adalah panduan untuk merangkul gaya Rockabilly yang mengesankan:

Baca juga:   Disco Fashion: Style 1970-an yang Gemerlap

Atasan

Anda memiliki banyak pilihan untuk atasan dalam gaya Rockabilly. Mulai dari blus berfitting ketat, tank top, blus halter, hingga blus kancing. Pola klasik seperti polka dot dan garis-garis dengan warna solid seperti putih, hitam, dan merah adalah pilihan yang sering digunakan.

Bawahan

Gaun adalah pilihan utama dalam gaya Rockabilly, dengan potongan ramping yang biasanya hanya sepanjang bagian bawah lutut. Warna-warna yang paling cocok adalah merah, hitam, dan putih.

IMG_256
Sumber: Rockabilly-rules.com

Sepatu

Sepatu hak dengan warna-warna berani adalah pilihan yang cocok untuk tampilan Rockabilly. Tiga warna utama tema ini yaitu warna putih, hitam, dan merah adalah pilihan yang ideal.

Gaya Rambut

Gaya rambut memiliki peran penting dalam Rockabilly. Gaya rambut hitam atau alami dengan sentuhan retro adalah yang paling sesuai. Anda dapat mencoba mengeriting rambut, mengikatnya, atau menambahkan pita kecil. Gunakan semprotan rambut dan gel untuk menjaga agar rambut tetap rapi.

Makeup

Riasan wajah adalah kunci untuk membawa tampilan Rockabilly yang sempurna. Bibir merah mencolok dengan eyeliner hitam berujung sayap memberikan sentuhan klasik yang selalu efektif. 

Pastikan Anda memiliki tampilan wajah porselen dengan menggunakan alas bedak yang tepat, dan tambahkan maskara serta blush merah muda untuk tampilan yang menarik perhatian.

Tato

Gaya Rockabilly cukup identik dengan kehadiran tato di anggota tubuh, namun perlu diingat bahwa tato bukan bagian utama dari gaya Rockabilly. Beberapa elemen seperti gambar ceri, mawar, tengkorak, dan kartu bisa menjadi pilihan yang cocok. Tato berwarna juga bisa menjadi opsi yang baik jika sementara.

Dalam mengadopsi gaya Rockabilly, ingatlah untuk menciptakan pernyataan yang berani dan menarik. Gaya ini tentang merayakan keberanian dan keberanian Anda dalam tampilan yang klasik namun tetap segar.

Baca juga:   8 Tren Pakaian Pria Eropa Abad ke-15

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.vintage-retro.com/guide-on-rockabilly-style/

https://atomicjaneclothing.com/blogs/news/rockabilly-fashion-what-exactly-is-it

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram