Monday, 01 January 2022

Haute Couture Maria Grazia Chiuri Musim Gugur 2023: Dior

Ada desainer seperti Maria Grazia Chiuri yang memilih mengusung rancangan yang lebih wearable.
October 25, 2023  | Kingkit Neira
Maria Grazia Chiuri
 

Koleksi Haute Couture selalu menjadi sorotan karena rancangannya yang unik dan avant-garde. Dalam koleksi terbarunya, Maria Grazia Chiuri menampilkan gaya minimalis dengan palet warna netral seperti putih, abu-abu, dan navy. Namun, rancangan Chiuri memiliki substansi yang berbeda dan menarik perhatian. 

Berikut adalah beberapa hal menarik tentang koleksi Haute Couture Maria Grazia Chiuri:

Inspirasi "Archetypal"

Maria Grazia Chiuri tidak secara rinci menjelaskan inspirasinya untuk koleksi ini. Namun, dalam keterangan pers yang dirilis, koleksi ini disebut sebagai "archetypal". Chiuri ingin menekankan esensi haute couture sebagai pakaian sehari-hari dengan tetap mempertahankan keahlian kerajinan tangan.

dior-hc-aw23-24-28-1689066380X65zC
Sumber: Dior

Detail yang Memukau

Rancangan Chiuri membutuhkan inspeksi yang detail. Detail ruffles dan lipit terlihat jelas pada padanan blus dan rok dalam koleksi ini. Selain itu, setelan jas menghadirkan hiasan bordir yang memperindah busana. Karena ini adalah koleksi haute couture, sebagian besar pengerjaan dan detail masih mengandalkan keterampilan tangan yang mahir.

Gaya Minimalis & Modest

Garis rancangan minimalis yang elegan menjadi ciri khas koleksi ini. Gaun cape dan maxi dress mendominasi koleksi ini, sementara jaket dipadukan dengan rok panjang. Siluet yang sederhana mencerminkan keanggunan yang terukir dan klasik. Chiuri secara konsisten menampilkan hemline panjang yang memperkuat citra elegan dalam setiap koleksinya.

Maria Grazia Chiuri
Sumber: Dior

Inspirasi dari Preferensi Klien Haute Couture

Pilihan gaya minimalis Chiuri didasarkan pada preferensi klien haute couture, terutama dari Timur Tengah. Salah satu contohnya adalah Ratu Rania dari Kerajaan Yordania yang terlihat memakai busana Dior couture dalam pernikahan anaknya. Hal ini menunjukkan bahwa Chiuri memahami preferensi dan kebutuhan klien-kliennya, serta mengadaptasi rancangan sesuai dengan selera mereka.

Baca juga:   8 Fashion Selebriti Paling Unik di Met Gala 2024

Latar Runway yang Mengagumkan

Chiuri sering bekerja sama dengan seniman untuk merancang latar belakang panggung yang unik. Pada koleksi terbarunya, Chiuri mempercayakan desain latar pada seniman Italia Marta Roberti. Ilustrasi taman yang dihiasi dengan fauna menjadi inspirasi latar belakang ini, yang terinspirasi dari mitologi dewi.

Maria Grazia Chiuri
Sumber: Dior

Detail Latar yang Memakan Waktu Panjang

Latar belakang yang terdiri dari 9 bagian ini dijadikan bordiran oleh atelier bordir khusus, Chanakya, di India. Proses pembuatannya melibatkan 360 orang pengrajin dan memakan waktu sekitar 480 ribu jam kerja. Hal ini menunjukkan komitmen Chiuri dalam menciptakan pengalaman visual yang mendalam dan memukau bagi penontanya.

Koleksi Haute Couture Maria Grazia Chiuri menghadirkan kombinasi sempurna antara gaya minimalis dan keanggunan yang terukir. Rancangannya yang wearable dan perhatian terhadap detail membawa kesan yang tak terlupakan. Chiuri juga tidak ragu untuk berkolaborasi dengan seniman dalam menciptakan latar belakang yang memukau. Dalam koleksi ini, Chiuri membuktikan bahwa haute couture dapat menjadi medium untuk mengekspresikan elegansi sehari-hari dengan sentuhan khayalan yang unik.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/7/2023/32387/minimalis-dan-modest-jadi-tema-koleksi-dior-haute-couture-fall-2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram