Monday, 01 January 2022

Dari Tema Supermarket hingga Miniatur Roket, Ini 5 Set Runway Ikonis Chanel Karya Karl Lagerfeld

Karl Legerfeld dikenal sebagai legenda, fashion icon, dan creative director dari brand fashion luxury, Chanel. Terbukti lewat karya-karyanya yang selalu spektakuler.
January 20, 2023  | Melisa Nirmaladewi
5 set runway ikonis chanel
 

Karl Lagerfeld, salah satu sosok bapak fashion dunia yang berpengaruh pada masanya. Meninggalnya sosok maestro brand Chanel pada tahun 2019 silam menjadi momen kehilangan terbesar dalam industri mode internasional. Kiprahnya dalam dunia fashion – terutama di Chanel – selama 37 tahun, telah mengembangkan brand milik Coco Chanel ini sebagai salah satu yang berkembang secara cepat dengan berbagai koleksinya yang selalu dinanti setiap tahunnya.

Berbagai karya ikonis telah diluncurkan oleh Chanel di bawah arahan Karl ketika menjabat sebagai Creative Director. Beberapa diantaranya adalah tweed circuits dan classic quilt handbag dengan aksen logo double C yang telah menjadi simbol dari brand Chanel.

Tidak hanya dari segi koleksi busana dan aksesoris, Karl juga memiliki sejumlah ide konsep runway yang spektakuler dan inovatif. Mulai dari menghadirkan patung singa raksasa hingga supermarket, berikut 5 set runway ikonis Chanel yang dibuat oleh Karl.

Fall/Winter 2010 Haute Couture

Tepat di tengah Grand Palais, diletakkan sebuah patung singa megah berukuran 18 meter yang berdiri dengan gagah sebagai simbol dari mimpi yang ingin diutarakan oleh Karl. Patung singa ini dilambangkan sedang mencengkram mutiara warna-warni raksasa dengan protektif di bawah kaki depannya. 

Seperti halnya adegan dari mimpi surealis, sebuah pintu terbuka dan model secara ajaib muncul dari dalam mutiara. Kecantikan dari koleksi yang dikenakan para model memiliki makna akan mengalahkan kebuasan dari sang singa dan daya pikat liar mereka akan menjinakkannya.

Sumber: Vogue Runway

Koleksi pakaian yang ditampilkan dalam runway ini banyak memunculkan kombinasi warna-warna mute seperti maroon, navy, cokelat, abu-abu, dan aksen warna emas di beberapa aksesoris dan detail busana.

Baca juga:   Koleksi Cruise Gucci 2025 Hadir Kembali di London

Métiers d'Art 2012

Karl membawa para tamu undangannya untuk tenggelam ke dalam kemewahan restoran bintang lima dengan sajian premium khas India. Berlokasi di Bombay, konsep runway kali ini mirip dengan restoran yang diperlihatkan dengan deretan tiga meja panjang yang diisi dengan sajian buah, makanan, dan candelabras untuk dinikmati para tamu sembari menikmati koleksi terbaru Chanel yang mengambil tema Paris-Bombay.

Sumber: Reuters
Sumber: Vogue Runway

Memadukan nuansa Paris dan Bombay dalam satu koleksi, Karl menonjolkan aksen gemerlap dalam busana tweed bermotif mutiara, tunik, hingga blazer dan jas yang memiliki sentuhan formal. Menariknya, pernak-pernik yang dikenakan para model juga didesain seperti aksesoris tradisional India. Salah satunya memiliki bentuk seperti tikka yang merupakan aksesoris kepala khas India.

Autumn/Winter 2014 Ready-To-Wear

Jika di konsep sebelumnya kita dimanjakan dengan set runway khas restoran bintang lima, dikonsep kali ini, Karl kembali membuat kejutan lewat ide inovatifnya dengan membawa konsep runway bertemakan supermarket.

5 set runway ikonis chanel
Sumber: Rex Features

Detail latar runway dibuat semirip mungkin seperti supermarket dengan ribuan detail hiasan yang berisikan produk rumah tangga hingga makanan dan minuman. Koleksi yang ditunjukkan dalam runway ini juga didominasi dengan tampilan sporty untuk menunjukkan pakaian nyaman dan stylish yang sering dikenakan ketika orang-orang berbelanja ke supermarket.

5 set runway ikonis chanel
Sumber: Vogue Runway

Dihiasi palet warna dengan tone netral, mute, hingga pastel, koleksi dalam runway ini didominasi dengan busana tweed coat, turtleneck, korset, dan trousers yang berpadu dengan alas kaki sneakers dan boots.

Autumn/Winter 2017 Ready-To-Wear

Di perhelatan runway musim ini, Karl dan timnya menyulap Grand Palais layaknya stasiun ruang angkasa. Para tamu secara otomatis akan memusatkan perhatiannya pada roket life-size yang direkonstruksi ulang. Meski hanya berfungsi sebagai miniatur raksasa, roket tersebut berhasil dibuat sedemikian rupa agar terlihat seperti akan segera meluncur ke angkasa.

5 set runway ikonis chanel
Sumber: Getty
5 set runway ikonis chanel
Sumber: Vogue Runway

Setting runaway tersebut didukung dengan koleksi terbaru Autumn/Winter 2017 Chanel yang bernuansa futuristik. Aksen dan detail seperti metalik dan glitter tampak menghiasi beberapa koleksi busana tweed, coat, bike shorts, hingga aksesoris bandana. 

Baca juga:   Avatar Metaverse Gunakan Prada dan Balenciaga

Spring/Summer 2019 Ready-To-Wear

Melakukan runway di pantai pasti akan terdengar mustahil dan merepotkan. Tapi, hal itu tidak menjadi mustahil di tangan maestro mode Karl. Di koleksi khusus musim panas tahun 2019 ini, Karl mengajak para tamunya untuk berkumpul ke pantai ‘buatan’  eksklusif yang ada di Paris. Hamparan pasir putih tampak beradu dengan langkah tegas para model yang tampil mengenakan koleksi Spring/Summer kala itu.

5 set runway ikonis chanel
Sumber: Imaxtree
5 set runway ikonis chanel
Sumber: Vogue Runway

Membawa semangat santai khas musim panas, koleksi yang ditampilkan memberikan tampilan chic khas perempuan Perancis yang carefree. Beberapa koleksi yang ditampilkan antara lain 80’s tweed jacket, sweater, quilted chain bags, dan jas.

Karya-karya runway diatas hanya sebagian dari ratusan karya brilian Karl. Meski kini fisiknya tidak lagi tampil di acara penutup runway, kiprah dan mahakaryanya akan selalu abadi dalam sejarah fashion. Adakah dari 5 set runway ikonis Chanel yang menjadi favoritmu di sini?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.harpersbazaar.com/nl/mode-juwelen/a4630/chanel-herfst-2017-show-pfw/ (Diakses pada: 3 November 2022)

https://www.marieclaire.co.uk/fashion/chanel-aw14-karl-s-supermarket-sweep-96380 (Diakses pada: 3 November 2022)

https://www.marieclaire.com/fashion/g26405749/chanel-most-iconic-runway-looks/ (Diakses pada: 3 November 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram