Monday, 01 January 2022

Lewat Re-See JFW 2023 Collection di JFH, APR Mendukung Konsep Sustainable Fashion Sepenuhnya

Re-See JFW 2023 Collection bertemakan "I Love Viscose" merupakan hasil kolaborasi APR dengan lima brand dari Indonesia yang kembali digelar di JFH pada tanggal 7 - 11 November 2022.
June 15, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
Re-See JFW 2023
 

Asia Pacific Rayon (APR) yaitu sebuah produsen serat viscose berkelanjutan yang memiliki komitmen untuk mendukung konsep sustainable fashion di Indonesia, dan sebagai upaya mewujudkan komitmennya APR akan menggelar Re-See Jakarta Fashion Week 2023 Collection. 

Sebelumnya kelima brand tersebut telah menampilkan koleksinya di JFW 2023 di akhir bulan Oktober tahun lalu. Alasan Re-See JFW 2023 Collection kembali digelar adalah untuk memberikan akses eksklusif bagi media, anggota member JFH, dan masyarakat umum yang belum menyaksikan koleksi dari kelima brand yang berkolaborasi dengan APR di JFW 2023. Di pameran ini, pengunjung dapat langsung melihat dan merasakan material serat rayon yang dibuat oleh APR dan contoh pengaplikasian kain pada fashion. Dengan begitu, pengunjung dapat mengetahui lebih jauh seperti apa koleksi yang ditampilkan di acara Re-See JFW 2023 Collection. 

Dalam kolaborasi ini, semua koleksinya menggunakan material utama serat rayon APR yang mendukung konsep sustainable fashion karena memiliki sifat biodegradable (mudah terurai), terbarukan karena berasal dari sumber legal yang dapat dilacak. Para desainer mengaplikasikan serat rayon tersebut dalam berbagai gaya seperti batik kontemporer, konsep minimalis yang modern hingga praktikal.

Kelima brand yang berkolaborasi dengan APR di acara Re-See JFW 2023 Collection antara lain :

FREDERIKA

Sebelumnya pada tahun 2019 brand ini bernama EUREKA, kemudian atas arahan Frederika Cynthia Dewi namanya berganti FREDERIKA sejak bulan November 2021. Terkait dengan acara Re-See JFW 2023 Collection ini, FREDERIKA menampilkan koleksi "Sweet Plantation Resort 2023" yaitu batik kontemporer yang menjadi simbol keharmonisan antara manusia dengan alam. Koleksi batik ini terinspirasi dari kompleks Hutan Tanaman Industri (HTI) yang berkelanjutan di Riau dan dikelola oleh supplier APR, APRIL Group. FREDERIKA juga menyediakan produk siap pakai atau ready-to-wear yang terbuat dari 40% rayon, 60% cotton dan polymix, 35% rayon, dan 65% polyester yang lembut dan tidak mudah kusut.

Baca juga:   7 Padu Padan High Waist Jeans untuk Hijaber yang Stylist

Oline Workrobe

Selanjutnya Oline Workrobe yang menampilkan koleksi "NISKALA" di Re-See JFW 2023 Collection, dalam rangka mendukung gerakan sustainable fashion sekaligus meminimalisir limbah produksi fashion dengan memanfaatkan bahan sisa-sisa produksi untuk membuat koleksinya. Oline Workrobe memiliki koleksi yang berdesain konstruktif dan modern serta berinovasi dengan tekstur, warna kontras, dinamis dan stylish yang nyaman dikenakan sehari-hari.

BT Batik Trusmi 

Brand berikutnya yang berkolaborasi dengan APR adalah BT Trusmi yang menampilkan koleksi "Sejati Bersanding" di Re-See JFW 2023 Collection. Koleksi ini memuat kisah perjuangan seorang putri bernama Ong Tien yang rela mempertaruhkan semua kemewahan miliknya untuk menemui Sunan Gunung Jati, sang pujaan hatinya. Dalam perjalanan cinta Ong Tien dan Sunan Gunung Jati tersebut menyuguhkan potret akulturasi budaya, kemudian dituangkan ke dalam koleksi batik bernuansa mewah dengan desain dan warna yang menawan.

Geulis

Brand selanjutnya yang berkolaborasi dengan APR adalah Geulis yang menampilkan koleksi "Bloom Refresher Spring Summer 2023" berdesain modern dan dinamis yang menggunakan lyocell APR. Lewat koleksi ini, ada celana panjang, setelan statement dan baju layering yang ditampilkan oleh Geulis. Selain itu, Geulis juga menampilkan tiga look terbaru dari lini brand khusus pria bertajuk "KASEP" sebagai tambahan penyempurnaan koleksinya.

Everyday

Kemudian brand terakhir yang berkolaborasi dengan APR adalah Everyday, di Re-See JFW 2023 Collection ini mereka menampilkan koleksi "Shape & Form" yang terinspirasi dari suasana perkotaan seperti gedung pencakar langit, stasiun, hingga lanskap district business modern dan gambaran pemukiman padat. Lewat koleksinya, Everyday juga menuangkan gagasannya ke dalam motif serta siluet Akira dan Raja yang didominasi oleh warna terang.

Itulah lima brand yang berkolaborasi dengan APR di pameran Re-See JFW 2023 Collection. Dengan diadakannya acara ini kita sebagai penikmat dan pengguna fashion harus mendukung APR dan wadah kolaborasi melalui JFH, untuk turut serta mendukung dan memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan fashion yang berkelanjutan di Indonesia.

Baca juga:   Indeks Transparansi Fashion 2022

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
jakartafashionhub.com https://www.jakartafashionhub.com/blog/semarakkan-sustainable-fashion-apr-hadirkan-re-see-jfw-2023-collection-di-jfh/
Diakses pada tanggal 6 Juni 2023

fimela.com https://www.fimela.com/fashion/read/5121146/semarakkan-sustainable-fashion-apr-hadirkan-re-see-jakarta-fashion-week-2023-collection-di-jakarta-fashion-hub
Diakses pada tanggal 6 Juni 2023

mediaindonesia.com https://m.mediaindonesia.com/weekend/536307/apr-hadirkan-kembali-5-brand-dari-jfw-2023-collection-di-jakarta-fashion-hub
Diakses pada tanggal 6 Juni 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram