Monday, 01 January 2022

Kata Siapa Tidak Nyaman? Ini Sederet Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Docmart

Sebagai penggermar Docmart, kamu bisa menemukan berbagai macam tips dan trik untuk membuat sepatu Docmart kamu tahan lama di segala situasi.
February 8, 2023  | Yaumil Azis
pakai docmart
 

Beberapa waktu lalu, media sosial Twitter sempat diramaikan oleh satu orang. Akun bernama @mlkylatte mengeluhkan tentang beberapa opini yang mengatakan bahwa sepatu Dr.Martens, singkatnya Docmart, nyaman untuk digunakan.

Ia tidak sependapat dengan itu. Baginya, pakai sepatu Docmart tidak nyaman untuk digunakan sehari-hari, terlebih di Jakarta. Sebab, menurut pengalamannya, sepatu Docmart justru menyiksa saat digunakan dalam aktivitas commuting.

Ini bukan keluhan pertama untuk produk Docmart. Bahkan, keluhan-keluhan serupa telah muncul bahkan sejak Twitter muncul di jagat media sosial. Soalnya, Docmart sendiri sudah hadir di publik sejak 75 tahun yang lalu.

Jelas, penggemar berat Docmart jadi tersentil. Banyak dari mereka memberikan opini balasan pada kolom jawaban sang pemilik akun Twitter. Beberapa bahkan mengaku punya lebih dari 40 pasang sepatu Docmart dan tidak merasakan keluhan serupa.

Menunggu ‘Break In’

Sebenarnya sudah terjawab dengan jelas, bahwa docmart harus berada dalam situasi ‘break in’ untuk bisa nyaman digunakan sehari-hari. Butuh pengorbanan besar demi mencapai situasi ‘break in’, dalam hal ini si pengguna harus merelakan kenyamanannya selama periode tertentu.

Sepatu docmart. Foto milik Kilian Seiler

Periode ‘break in’ tergantung pada sepatu dan kaki penggunanya. Ada yang bisa langsung memakainya tanpa merasakan sakit sejak hari pertama. Namun pada beberapa kasus, ada juga pengguna yang butuh waktu berbulan-bulan agar bisa mencapai situasi ‘break in’.

Begitu sudah mencapai situasi ‘break in’, penggunanya akan melupakan rasa sakit yang dialami. Pakai sepatu docmart pun bisa dikenakan dengan nyaman dalam berbagai aktivitas, seperti commuting, travelling, hingga hiking sekalipun.

Baca juga:   6 Tips Fashion Memukau dengan Rok Tutu

Perlunya Memiliki Docmart

Sebelum memasuki masa ‘break in’, sepatu docmart memang sangat menyiksa. Namun siksaan itu sepadan dengan apa yang docmart bisa berikan ke kamu: gaya keren dan bisa digunakan dalam situasi apapun.

Sepatu docmart. Foto milik Kilian Seiler.

Fleksibilitas menjadi alasan kenapa kamu harus menggunakan docmart. Sepatu ini cocok digunakan dalam sejumlah kegiatan formal dan non-formal. Selain itu, docmart juga bisa digunakan dalam berbagai macam gaya.

Umumnya, docmart menggunakan bahan kulit yang membuatnya seringkali terlihat lebih mengkilap dibanding sepatu-sepatu lain. Ini bisa memberikan kesan mencolok dan elegan kepada penggunanya. 

Bagus untuk Ortotik

Sudah menjadi pengetahuan umum kalau docmart ditemukan oleh dokter asal Jerman bernama Dr. Klaus Martens — terlihat jelas bukan? Namun tidak banyak yang tahu kalau docmart sangat cocok untuk mengatasi berbagai permasalahan ortotik.

pakai docmart
Sepatu Docmart. Foto milik Abbie Togstead

Sepatu docmart mampu mengakomodasi setiap bentuk kaki dan lengkungan tinggi. Sole didesain agar bisa cocok dengan pergelangan kaki dan mencegah tergelincirnya pergelangan kaki di dalam sepatu. 

Bukan cuma lengkungan kaki tinggi, docmart juga nyaman buat digunakan oleh orang-orang dengan masalah flat feet (kaki datar). Fleksibilitasnya tidak hanya terbatas pada gaya, tapi juga bentuk. Docmart bisa demgan mudah dibentuk untuk menyesuaikan struktur kaki kamu.

Bisa Bertahan Lama

Ada harga, ada rupa. Docmart memang lumayan pricey, tapi itu tidak hanya dikarenakan jenamanya yang sudah populer. Lebih dari itu, standar kualitas docmart cukup tinggi dan dibuat agar bisa dipakai dalam periode waktu lama.

pakai docmart
Sepatu docmart. Foto milik Syd Wachs

Selama digunakan secara wajar, docmart tidak akan mudah rusak. Berbeda dengan produksi sepatu boots lainnya yang terkadang bisa mengalami kerusakan setelah dua-tiga tahun. Karena ini juga, harganya tidak mudah turun ketika akan dijual lagi.

Baca juga:   Mengenang Virgil Abloh dan Pendekatan Tiga Persen Miliknya

Docmart juga bisa digunakan dalam berbagai macam cuaca. Septu docmart tidak mudah kemasukan air jika penggunakan terjebak hujan. Memang, tidak ada yang bisa menjamin kalau sepatu docmart waterproof. Namun bahan dan kekuatan jahitannya bisa mengurangi masalah dalam cuaca hujan.

Solusi Tersedia di Internet

Pengguna docmart tidak pelit ilmu. Bahkan kamu bisa tahu banyak tips untuk mencapai ‘break in’ dari kolom jawaban tweet keluhan @mlkylatte.

pakai docmart
Sepatu docmart. Foto milik Elias Jonassonn

Docmart terkenal dengan durabilitasnya. Contohnya, untuk menambah daya tahan sepatu terhadap air, kamu bisa menggunakan Wonder Balsam yang diproduksi oleh docmart sendiri. Produk ini terbuat dari campuran minyak kelapa, lanolin, dan lilin lebah untuk menambah kekuatan kulit sepatu saat berhadapan dengan air dan cairan lainnya.

Kamu juga disarankan untuk menyemprotkan cairan waterproof sebelum berkegiatan demi perlindungan yang lebih baik. Tips-tips semacam ini sangat mudah loh kamu temukan di internet. Jadi apakah kamu pakai Docmart juga?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
Bellatory. https://bellatory.com/clothing/10-reasons-to-wear-doc-martens (Diakses pada: 30 November 2022).

Fashion&Mash. https://fashionandmash.com/are-doc-martens-good-for-orthotics/ (Diakses pada: 30 November 2022).

All Sole. https://www.allsole.com/blog/style/buyers-guide/a-buyers-guide-to-dr-martens/ (Diakses pada: 30 November 2022).
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram