Monday, 01 January 2022

Maternity Corset: Korset Bersalin di Abad 19

Pada paruh kedua abad ke-19 maternity corset atau disebut sebagai korset bersalin menjadi sangat digemari oleh para ibu-ibu pasca bersalin.
December 8, 2023  | Dena Ayu
Maternity Corset abad 19
 

Kepopuleran ini menjadi salah satu cara para wanita pada abad ke-19 yang ingin mengencangkan otot punggungnya atau penyangga perut. 

Nyatanya, maternity corset tidak hanya digunakan oleh para ibu-ibu pasca melahirkan, melainkan para remaja yang merasa kurang berkembang dengan baik otot punggungnya, sehingga memungkinkan harus memakai maternity corset sebagai salah satu cara memperbaikinya. 

Maternity Corset abad 19
Sumber: Pinterest/The Metropolitan Museum of Art

Di abad ke-19 maternity corset disebut dengan korset untuk wanita hamil dan menyusui, atau disebut dengan nama korset dua dalam satu. Akan tetapi, mempunyai perbedaan dengan korset biasa yang mana mempunyai tali tambahan dan bukaan “pintu” pada kancing payudara. Maternity corset bukan hanya sebagai pakaian dalam korektif tetapi pakaian yang sangat fungsional dan nyaman. 

Mode pakaian ini menjadi jenis pakaian yang bertahan pada tahun 1940-an dan kemudian para wanita zaman itu mulai mengganti pakaiannya dengan menggunakan sabuk perban. 

Maternity Corset abad 19
Sumber: Pinterest/Amira Rossi

Manfaat maternity corset

  • Membantu mengembalikan postur tubuh agar lebih ramping dan membuat ukuran rahim kembali seperti semula, ini sangat membantu para ibu-ibu pasca melahirkan karena akan ada perbedaan bentuk pada tubuhnya.
  • Mengencangkan otot-otot perut yang mungkin mengendur pasca melahirkan dan dapat mengurangi lemak pada bagian perut dan sekitarnya sehingga tidak mengakibatkan kebuncitan dan bergelambir perutnya. 
  • Ternyata dengan memakai maternity corset dapat mengurangi sakit atau nyeri pada punggung yang berlebihan, pinggang atau panggul pasca melahirkan. 
  • Menstabilkan dasar anggul sehingga aktivitas bergerak lebih nyaman dan aman.
  • Pasca melahirkan akan membuat postur tubuh yang bungkuk karena menanggung berat diperut, dengan memakai maternity corset akan memperbaiki bentuk tubuh lebih tegak dan ramping. 
  • mengencangkan kulit diarea perut, pinggang dan sekitarnya yang kendur pasca melahirkan. 
  • Mencegah stretch mark semakin parah karena kulit berangsur-rangsur akan mengencang. 
  • Dan yang paling terakhir pastinya membuat para ibu-ibu hamil lebih percaya diri dikarenakan perut yang kendur menjadi kencang lagi dan tidak bungkuk pasca melahirkan. 
Baca juga:   Mengenal Keunikan Sailor Suit yang Khas dan Terkenal Universal

Well, itulah beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika memakai maternity corset, bukan hanya untuk ibu-ibu hamil dan menyusui saja, melainkan bisa dipakai oleh para wanita remaja yang mungkin otot punggungnya kurang berkembang. Silakan mencoba! 


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
http://bloshka.info/2022/12/23/maternity-corset/
https://mamaschoice.id/article/memakai-korset-setelah-melahirkan/

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram