Monday, 01 January 2022

Mengenal Gaya Old Money yang Viral di Internet

Kemewahan yang tenang adalah kunci untuk mengikuti tren ini.
October 12, 2023  | Anggun Tifani
Old Money
 

Kembali ke masa lalu dengan daya pikat menarik dari estetika gaya ‘old money’ yang tak lekang oleh waktu ini, gaya old money  telah mendapatkan popularitas luar biasa di kalangan milenial dan Gen Z di media sosial. Ingin tahu lebih jauh soal gaya old money? Yuk, simak pembahasan Gaya Old Money berikut!

Apa Arti Gaya Old Money?

Sumber Pinterest/Guitamoda

Artinya ‘Old Money’ atau uang kuno adalah sebuah istilah yang merujuk kepada kekayaan atau warisan yang diberikan secara turun-temurun dalam sebuah keluarga. Namun begitu dalam ruang industri fesyen,,old money mengacu pada gaya berpakaian yang dipengaruhi oleh gaya hidup kelas atas.

Berbeda dengan tren mencolok yang disukai oleh orang kaya baru, estetika klasik ini diketahui mengedepankan pendekatan berpakaian yang halus dan bersahaja.

Dalam hal ini, old money turut menyusup ke berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dekorasi rumah dan elemen gaya hidup lainnya. Estetika uang kuno telah memikat hati dan pikiran kaum milenial dan Gen Z, melampaui mode ke berbagai aspek kehidupan dunia fesyen belakangan ini. 

Gaya yang tak lekang oleh waktu ini, berakar dari gaya halus para orang kaum elit, yang berusaha merangkul kemewahan yang bersahaja dan mengutamakan kualitas daripada kuantitas.

Dengan asal-usulnya dalam kepekaan mode kelas atas dari abad-abad yang lalu, estetika ini telah diklaim telah mengalami kebangkitan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini dapat dikatakan terjadi dan kembali bergulirm berkat pengaruh platform media sosial seperti TikTok. 

Manjakan diri Anda dalam pesona menawan dari tren estetika uang lama dan biarkan membawa Anda ke era kecanggihan dan keanggunan.

Baca juga:   Tips Memilih Jeans yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Ketika kita berbicara tentang gaya hidup ini, kita mengacu pada individu yang mewarisi kekayaan daripada mengumpulkannya sendiri. Gaya terkait merembes kemewahan yang bersahaja, alias kekayaan tersembunyi, keahlian yang sempurna, dan aura kehalusan.

Estetika ini seringkali selaras dengan mode preppy, menampilkan barang-barang seperti blazer, sepatu pantofel, dan kemeja berkerah. Ini mencakup pakaian yang dirancang tanpa cela yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Ini adalah tampilan yang bertahan dalam ujian waktu, menghindari tren sekilas dan desain mencolok.

Asal-usul Gaya Old Money

Gaya old money dengan indah menangkap esensi dari berpakaian dan berperilaku seperti mereka yang memiliki kekayaan generasi. "uang lama" atau ‘uang kuno’ biasanya mengacu pada keluarga yang telah lama diistimewakan dan mewariskan kekayaan dan status mereka selama berabad-abad.

Uang Lama dianggap sebagai estetika yang didasarkan pada gaya klasik yang kaya. Uang Lama mengacu pada orang-orang yang mewarisi kekayaan tertentu. Di Amerika Serikat, Old Money dikaitkan dengan budaya WASP (White Anglo-Saxon Protestant), dan di Eropa, Old Money dikaitkan dengan gelar bangsawan atau kaum ningrat.

Asal usul tren ini dapat ditelusuri kembali ke kepekaan mode kelas atas selama abad ke-19 dan awal abad ke-20. Ini memancarkan keanggunan tersembunyi yang menghindar dari tampilan mencolok dan pemborosan uang baru. Kualitas berkuasa dalam gaya ini, mendukung karya yang dibuat dengan cermat yang dibuat untuk tahan lam

Sementara itu, merek-merek mewah seperti Chanel, Brunello Cucinelli, dan Prada sering menemukan tempat mereka dalam tren fesyen ini, ini sama halnya dengan menemukan potongan abadi yang melampaui tren yang lewat.

Gaya ini dibentuk dan dipengaruhi oleh banyak ikon fesyen yang meninggalkan jejak tak terhapuskan di dunia keanggunan abadi. Di antara tokoh-tokoh estetika uang lama, Audrey Hepburn berdiri tegak sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh. 

sumber parkcircus.com

Keanggunannya dianggap tak tertandingi terus memikat perancang dan penggemar mode. Ansambel ikonik Audrey Hepburn saat menampilkan celana yang dirancang tanpa cela, rok tenis, atasan leher perahu yang apik, dan gaun hitamyang sangat ikonik dalam ranah old money. 

Baca juga:   Mengenakan Perhiasan Paling Spektakuler di Karpet Merah Met Gala oleh Sederet Bintang

Tokoh fesyen old money lainnya yang secara signifikan memengaruhi tampilan uang lama adalah Putri Diana yang sering wara-wiri mengenakan pola busana yang menawan, berupa balutan blazer besar dan perhiasan yang menarik. 

Gaya Old Money
Sumber Reader's Digest Canada

Selain Hepburn dan Diana, gaya ini berhutang budi kepada ikon mode terkenal lainnya seperti Jackie Kennedy, Grace Kelly, dan Katharine Hepburn. memancarkan gaya sempurna dan keanggunan abadi, meninggalkan warisan abadi di dunia mode.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.fashiongonerogue.com/old-money-aesthetic/ diakses 22 juni 2023.

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram