Monday, 01 January 2022

Miami Fashion Week: Spesialis Resort Wear yang Kembali Pasca Pandemi

Miami Fashion Week kembali setelah absen selama dua tahun, menampilkan Missoni label, Benito Santos, Angel Sanchez, Ruiz de la Prada, Rene by RR, dan Naeem Khan.
January 12, 2023  | Yaumil Azis
miami fashion week
 

Bicara soal pekan mode di Amerika Serikat, publik pastinya berpikir bahwa topik perbicaraan akan menyasar ke New York Fashion Week. Namun ada satu pekan mode dari Negara Paman Sam yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Miami Fashion Week dimulai pada tahun 1998. Dan sejak tahun 1998, pagelaran mode ini disebut sebagai yang terbesar kedua di Amerika Serikat. Namun tidak seperti pekan mode lainnya, Miami Fashion Week hanya digelar sekali dalam setahun.

MFW memiliki citra pekan mode terbaik dunia untuk desainer-desainer hebat berdarah Amerika Latin dan Karibia. Lantas seperti apa bentukan pagelaran ini? Simak ulasannya di bawah ini ya!

Spesialis Resort Wear

MFW terbilang unik jika dibandingkan dengan pekan mode dari kota-kota lainnya. Spesialisasi pagelaran ini adalah resort wear, atau gaya yang umumnya dikenakan pada saat liburan.

Resort wear umumnya dibuat dari bahan-bahan pakaian yang ringan, dan terinspirasi tema pelaut dan kapal pesiar. Biasanya dikenakan oleh orang-orang yang ingin menghabiskan masa liburan musim dingin di tempat yang hangat. 

Spesialisasi inilah yang membuat Miami Fashion Week jadi garda terdepan dalam bisnis mode global. Koleksi resor yang ditampilkan di pagelaran ini bisa memberikan dampak positif yang besar dari segi ekonomi kepada pelaku industri mode.

Miami Fashion Week umumnya digelar di pertengahan tahun, tepatnya sekitaran bulan Mei dan Juni. Acara ini juga sering dihadiri oleh aktor kenamaan asal Spanyol, Antonio Banderas, yang ditunjuk sebagai presiden kehormatan.

Eksplorasi Semesta Meta Lewat L’Atelier

Seperti kebanyakan pekan mode di kota-kota lain, Miami Fashion Week juga menunjukkan keseriusan dalam membawa pagelaran ke ranah teknologi. Mereka memperkenalkan sebuah program bertajuk l’Atelier.

Baca juga:   Tren Busana untuk Pria pada Helatan Milan Fashion Week 2023

L’Atelier memungkinkan pengunjung untuk membuat, berinovasi, dan membangun komunitas di dalamnya. Pengunjung bisa memanfaatkan NFT untuk mendapatkan beragam manfaat dari metaverse untuk dunia digital dan fisik.

Sejumlah pertunjukan mode digelar selama virtual Miami Fashion Week berlangsung. Para pengunjung menyaksikan pertunjukan dengan diwakili oleh avatar yang bisa dibentuk sesuai keinginan ketika memasuki platform Decentraland.

“Fashion Estate kami telah menjadi pilar dalam komunitas virtual dan menjadi tujuan populer untuk menyelenggarakan pertunjukan mode,” kata CEO Tokens.com, Andrew Kiguel.

“Kami menjembatani acara virtual dan fisik untuk memberikan akses ke acara eksklusif. Metaverse Group terus memantapkan posisinya sebagai toko serba ada tepercaya untuk semua hal yang berkaitan dengan metaverse, dan terus mengembangkan ruang bersama ahli guna memandu klien baru ke era internet ini.”

Miami Fashion Week 2022

Setelah sempat hiatus selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Miami Fashion Week akhirnya kembali digelar. Edisi ke-22 pekan mode ini digelar selama empat hari, mulai dari tanggal 31 Mei sampai 3 Juni 2022.

‘Sustainability’ juga menjadi salah satu tema yang banyak digaungkan di Miami Fashion Week 2022. Penyelenggara acara mengusung tiga misi: Empower (memberdayakan), Change (perubahan), dan Connect (berhubung).

Tema ‘sustainability’ didiskusikan sejumlah pembicara seperti Dr. Carmen Hijosa dan Javier Goyeneche. Total sebanyak 22 pembicara dihadirkan untuk menyuarakan tema keberlanjutan dalam industri mode.

Jenama kenamaan asal Italia, Missoni, menjadi bintang utama dalam pagelaran ini. Mereka memamerkan sejumlah koleksi musim panas wanita yang didominasi oleh pakaian renang, tentunya dengan gaya ikonik Missoni.

“Kami akan menggelar pertunjukan yang sangat terkurasi, banyak desainer hebat. Kami juga akan memiliki Missoni yang menjadi tamu spesial kami untuk pertama kalinya, yang di mana itu akan membuat acara semakin luar biasa,” kata Lourdes Fernandez Velasco selaku Direktur Miami Fashion Week beberapa hari sebelum acara.

Baca juga:   Lihat Lebih Dekat Koleksi Bridal Terbaru Hian Tjen Bertajuk “Aglaea”

Benar saja, koleksi musim panas Missoni ditampilkan di Vizcaya Museum & Gardens pada tanggal 1 Juni. Selain itu, dalam Miami Fashion Week juga, beberapa desainer tersohor seperti Angel Sanchez dan Benito Santos memperkenalkan karya-karya terbarunya.

L’Atelier sendiri diselenggarakan pada tanggal 4 Juni 2022, diikutkan dalam rangkaian acara yang terbatas pada tamu undangan saja. Lalu pada tanggal 5 Juni, pameran koleksi Naeem Khan menjadi penutup rangkaian Miami Fashion Week 2022.

Instagram Miami Fashion Week: @miamifashionweek

Situs Miami Fashion Week: https://www.miamifashionweek.com/


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://ww.fashionnetwork.com/news/Miami-fashion-week-returns-missoni-to-headline,1407099.html (Diakses pada: 25 November 2022).

https://www.prnewswire.com/news-releases/miami-fashion-week-returns-with-a-revamped-and-live-edition-301550175.html (Diakses pada: 25 November 2022).

https://downtown-news.com/fashion-takes-over-miami-24e48871f870 (Diakses pada: 25 November 2022).
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram