Monday, 01 January 2022

Perdana! Model Difabel Tampil di Sampul British Vogue

Berangkat dari aspirasi sang Editor-in-Chief-nya langsung, wajah-wajah baru ini berhasil tampil dengan apik di sampul depan British Vogue.
May 22, 2023  | Anisa Ramadhani
model difabel british vogue
 

Biasanya majalah fashion internasional seperti Vogue memiliki citra eksklusif dimana selalu menampilkan model dengan tubuh sempurna dan semampai sebagai cover majalah. Tapi, British Vogue berhasil mematahkan identitas keekslusivan tersebut dengan menjadikan model disabilitas sebagai cover majalah mereka.

Sumber: British Vogue

British Vogue edisi Mei 2023 menampilkan model difabel pertama pada sampul dan editorial majalah mereka. Tak hanya memotret dan menampilkan wajah-wajah baru sebagai sampul depan majalah, British Vogue juga mewawancarai dan merangkum cerita model-model disabilitas ini dengan begitu rapi dan terstuktur. Masing-masing model memiliki cerita dan pandangan tersendiri terhadap dunia secara keseluruhan dan pada bidang fashion.

Beberapa model difabel di sampul British Vogue tersebut adalah Paras Sinéad Burke, Ellie Goldstein, Selma Blair, Aaron Rose Philip dan Justina Miles. Menurut sang Editor-in-Chief, Edward Enninful, seperti dikutip dari website British Vogue: “Saya sangat senang melihat Sinéad bergabung dengan model Ellie Goldstein dan Aaron Rose Philip di sampul majalah bulan Mei, aktor Selma Blair, dan Justina Miles, yang ditonton jutaan orang saat tampil di Super Bowl Halftime Show Rihanna dengan menggunakan Bahasa Isyarat Amerika.”

“Pada akhirnya, sampul majalah dan portofolio ini memberikan sebuah pertanyaan: kita semua terlibat dalam fashion, tetapi apakah fashion terlibat dengan kita semua? "Dinamis, Berani dan Disabilitas" demikian bunyi sampul kami dalam edisi bulan Mei 2023.”

Ia mengatakan jika yang dimaksud dengan dinamisme adalah semangat, bakat dan imajinasi yang dimiliki oleh para bintang edisi ini. Kualitas inilah yang harus dimiliki oleh semua industri jika ingin melayani komunitas penyandang disabilitas dengan lebih baik.

model difabel british vogue
Sumber: British Vogue
model difabel british vogue
Sumber: British Vogue

Sekitar 16 juta orang di Inggris adalah penyandang disabilitas, dengan jutaan lainnya adalah penyandang disabilitas yang berdekatan, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Waktunya telah tiba bagi kita semua untuk menyadari siapa diri kita sebagai masyarakat dan bagi dunia mode untuk membangun industri yang lebih baik, lebih mudah diakses, dan inklusif mencakup semua lapisan masyarakat.

Baca juga:   Intip Busana Super Seksi dan Tipis Shakira di MTV VMAs 2023

Wah, pesan yang disampaikan oleh British Vogue menggunggah banget ya! Semoga kita semua bisa terinspirasi dan mengaplikasikan inklusivitas ini baik dalam industri fashion dan industri lainnya.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.vogue.co.uk/article/british-vogue-may-2023-editors-letter
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram