Monday, 01 January 2022

Ada Bella Hadid, Inilah Nominasi The Fashion Awards 2022

January 3, 2023  | Yaumil Azis
nominasi the fashion awards 2022
 

The Fashion Awards akan kembali digelar pada tahun 2022 ini. Sejumlah figur-figur penting yang memiliki kontribusi besar dalam dunia fashion masuk dalam beragam nominasi dan berkesempatan mendapatkan penghargaan bergengsi.

The Fashion Awards adalah perayaan tahunan yang digelar di Britania Raya sejak tahun 1989. Sebelumnya, acara ini bernama British Fashion Awards sebelum berganti pada tahun 2016. Untuk tahun ini, The Fashion Awards akan kembali digelar di London’s Royal Albert Hall.

Pemenang masing-masing kategori yang dikonteskan akan diketahui pada tanggal 5 Desember mendatang. Pemenang ditentukan oleh hasil pemungutan suara dari 1000 anggota penting dalam industri fashion internasional.

Penghargaan ini juga meliputi 15 Pemimpin Perubahan yang terdiri atas desainer, jenama, dan figur kreatif yang bekerja keras mendukung perubahan positif dalam industri fashion. Kategorinya sendiri terdiri dari lingkungan, masyarakat, dan kreativitas.

“Setiap [nominasi] berkontribusi dalam jumlah besar untuk menciptakan industri yang mempromosikan pengekspresian diri dan individual,” tutur petinggi British Fashion Council, Caronline Rush. “Saya tidak sabar ingin merayakan hasil kerja yang luar biasa dari nominasi kami, Pemimpin Perubahan, pemenang penghargaan dan industri yang lebih luas.”

Mencuri perhatian di Paris Fashion Week 2022

Tidak heran apabila Bella Hadid masuk dalam nominasi. Baru-baru ini, ia menarik perhatian publik dalam penutupan ajang Paris Fashion Week 2022. Ia memeragakan spray-on dress yang merupakan karya terkini dari label asal Prancis, Coperni.

Hadid melenggang hanya dengan mengenakan pakaian dalam di atas catwalk sebelum Manel Torres, kreator teknologi spray-on yang sudah dipatenkan Fabrican, menyemprotkan cairan ke tubuhnya. Cairan tersebut kemudian berubah menjadi material pakaian yang membalut tubuh Hadid.

Pertunjukan tersebut sukses menyihir mata penonton yang hadir di ajang Paris Fashion Week 2022. Sebagai penutup, Charlotte Raymond selaku kepala desainer Coperni naik ke atas catwalk untuk memberikan sentuhan terakhir pada gaun Hadid.

Baca juga:   Margot Robbie Pakai Power Suit Pink Era 80-an

“Anda bisa mengenakan gaun ini, membiarkannya tetap jadi gaun dan menaruhnya di gantungan. Tapi jika anda sudah tidak menginginkannya lagim anda bisa mengubah gaun menjadi carian lagi dan menyemprotkannya kembali,” kata direktur sekaligus co-founder Coperni, Sebastian Meyer, kepada CNN.

Nominasi The Fashion Award

British Fashion Council telah mengumumkan beberapa kategori penghargaan untuk The Fashion Awards tahun 2022. Kategori tersebut meliputi Desainer Terbaik, Model Terbaik, Jenama Independen Inggris, hingga BFC Foundation Award. Berikut nominasinya:

Desainer Terbaik

Nominasi ini terdiri dari desainer Inggris dan internasional yang memioliki koleksi inovatif.

  • Demna dari Balenciaga
  • Johnathan Anderson dari JW Anderson & LOEWE
  • Matthieu Blazy dari Bottega Veneta
  • Miuccia Prada
  • Pierpaolo Piccioli dari Valentino

Bukan cuma itu, mereka juga memiliki impak yang diakui dalam industri dan berkontribusi besar dalam pembentukan fashion global.

Model Terbaik

Terdiri dari sejumlah model yang memiliki impak besar dalam fashion global dan mendominasi industri selama 12 bulan terakhir.

  • Adut Akech
  • Bella Hadid
  • Lila Moss
  • Paloma Elsesser
  • Quannah Chasinghorse

Mereka pun dianggap punya pengaruh lebih besar dari sekadar di catwalk semata.

Jenama Independen Inggris

Terdiri dari sejumlah desainer asal Inggris yang menjalankan bisnis secara independen dalam 12 bulan terakhir.

  • Bianca Saunders
  • Erdem
  • JW Anderson
  • Molly Goddard
  • Wales Bonner

Mereka juga memiliki impak besar dalam mengoptimalkan kreativitas dan inovasi di dunia ini.

BFC Foundation Award

Terdiri dari desainer-desainer baru yang menerima dukungan dari BFC Foundation tahun ini.

  • Ahluwalia
  • Chopova Lowena
  • Nensi Dojaka
  • S.S. Daley
  • Wales Bonner

Kendati masih baru, mereka dianggap memiliki impak kreatif yang besar dalam fashion global selama 12 bulan terakhir.

Bella Hadid masuk nominasi the Fashion Awards 2022

Model ternama, Bella Hadid, masuk ke dalam nominasi Model Terbaik di the Fashion Awards 2022. Hanya dalam rentang waktu empat tahun, wanita kelahiran 9 Oktober 1996 itu sudah muncul sebanyak 27 kali di halaman depan majalah Vogue.

Baca juga:   Alfaz Syam, Sosok Dibalik Produk Fashion dari Keyboard Bekas

Bella Hadid memiliki perhatian tinggi terhadap kehidupan sosial dan siap bergerak untuk itu. Pada bulan September lalu, Hadid bersuara soal banjir di Pakistan melalui media sosial untuk meningkatkan kesadaran publik terkait hal ini.

Bukan cuma itu, Hadid juga pernah bersuara terkait masalah mental. Seperti yang diutarakan melalui media sosial Instagram beberapa waktu lalu. Pesan yang disampaikan oleh Hadid sukses meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah ini.

“Buat siapapun yang sedang berjuang, ingatlah itu. Terkadang yang perlu anda dengar hanyalah kata-kata bahwa anda tidak sendirian. Dari saya untuk kalian, anda tidak sendirian. Saya mencintai anda, melihat, dan mendengar anda,” tulis Hadid pada unggahannya di media sosial Instagram.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.harpersbazaar.com/uk/fashion/fashion-news/a41774227/fashion-awards-2022-nominations/ (Diakses pada: 29 Oktober 2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram