Monday, 01 January 2022

Peran Media Sosial Dalam Keberlanjutan Fashion

Di era digital seperti ini, media sosial sangat berpengaruh terhadap cara pandang masyarakat.
April 18, 2024  | Dena Ayu
Peran Media Sosial Keberlanjutan Fashion
 

Banyak sekali informasi yang didapatkan dari peran media sosial. Terlihat dari meningkatnya kesadaran isu-isu sosial yang diterima oleh kalangan masyarakat. Salah satu yang menjadi platform media yang sangat berpengaruh dan paling populer yaitu Instagram. Yang mana jumlah penggunanya yaitu sekitar 45 juta orang hanya di Indonesia. Bahkan menjadi media terbesar di Asia, dengan memiliki 700 juta pengguna aktif hingga menjadi salah satu pasar yang paling signifikan. 

Selama bertahun-tahun industri terus bergeser menjadi industri fast fashion yang mana akan mempunyai dampak yang jelek terhadap lingkungan dan aneka makhluk hidup lainnya. Efek dari fast fashion memang sangat berbahaya. Oleh karena itu, segera ditangani dan mencari solusi untuk mengatasinya 

Peran media sosial dalam meningkatkan kesadaran tentang keberlanjutan fashion 

Peran Media Sosial Keberlanjutan Fashion
Sumber: unplash.com/Rawpixel

Dengan adanya media sosial seharusnya lebih memudahkan untuk mengkampanyekan pentingnya menerapkan konsep sustainable fashion dalam kehidupan. Tujuan dari sustainable fashion yaitu untuk mengatasi hal-hal buruk yang terjadi melalui isu kritis a industri fashion. 

Dimana penggunaan sumber daya yang berlebihan, penggunaan bahan kimia yang berbahaya, polusi udara, air dan limbah tekstil yang besar mengakibatkan lingkungan sekitar yang rusak dan bahaya untuk kehidupan. 

Maka dari itu peran media sosial sangat dibutuhkan seperti mengajak masyarakat untuk perlahan meninggalkan fast fashion berganti pada sustainable fashion yang lebih sehat. Untuk menjangkau secara efektif yaitu dengan berinteraksi langsung dengan beberapa influencer yang berkecimpung di dunia fashion dengan mengajak masyarakat. 

Lakukan kampanye melalui media sosial 

Melakukan kampanye online adalah acara yang bagus dilakukan, melalui media sosial mengajak para pengguna media media sosial untuk melakukan hal yang sama untuk menolak fast fashion dalam kehidupan yang akan merusak lingkungan.  Berikut adalah salah satu caranya:

  1. Lakukan live streaming 
Baca juga:   Tiga Pilar Keberlanjutan dalam Lembaga Fashion

Dengan melakukan live streaming dengan mengajak para pengguna untuk melakukan sustainable fashion menjadi salah satu cara yang baik. Bukan hanya ngomong tidak jelas, melainkan bisa memanfaatkan live mengajak penonton untuk menjadi gerakan fashion revolution yang mengkampanyekan isu-isu yang terjadi akibat yang ditimbulkan sebagai konsekuensi bisnis fast-fashion atas kerusakan lingkungan alam, pekerja, dan lingkungan sosial. 

Fashion Revolution telah berhasil dan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat melalui situs web resmi yang dapat diakses pada www.fashionrevolution.org serta memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Youtube, Twitter, dan Instagram sebagai medium untuk menarik engagement dari para pengguna media sosial.

  1. Share video sustainable fashion 

Dengan menshare video-video kepedulian lingkungan juga bisa menggugah para pengguna media sosial agar lebih menjaga lingkungan dengan melakukan sustainable fashion yang berdampak baik bagi kehidupan. Share informasi mengenai point-point penting jika melakukan sustainable fashion, ini akan membantu pengguna berpikir lebih bijak dan memilih untuk melakukan hal yang sama. 

  1. Share foto atau poster 

ini juga sangat berpengaruh jika terus menerus dilakukan dikarenakan, memberikan edukasi, inovasi, dan solusi dalam menghadapi fast fashion yang merusak. Usahakan untuk terus memberikan informasi yang layak dan dapat dipahami oleh pengguna bahwa betapa pentingnya melakukan sustainable fashion.

  1. Berikan hashtag 

Seperti contoh hashtag #WhoMadeMyClothes telah berhasil melakukan gerakan fashion revolution yang mana telah mencapai kesuksesan dengan pesan sustainable fashion kepada produsen dan juga konsumen global. Well, kapan lagi mau melakukan kampanye sustainable fashion yang akan berdampak baik untuk lingkungan hingga dunia.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Jangan Biarkan Pakaian Lama Numpuk! Yuk Daur Ulang Pakaian
Reference: 
https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9069/3/BAB%20II.pdf
https://e-journal.trisakti.ac.id/index.php/seni/article/view/16694/9631
http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/1321/3/13.%20BAB%201.pdf
https://www.liputan6.com/hot/read/5296565/konsep-sustainable-fashion-tren-gaya-berpakaian-ramah-lingkungan
https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/12/190000020/-sustainable-fashion-yang-ramah-lingkungan?page=all
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram