Monday, 01 January 2022

Persiapan Sebelum Memulai Brand Fashion yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa orang pendapat bahwa salah satu tips agar usahamu dapat berjalan dengan lancar adalah memilih jenis bisnis yang sesuai dengan minatmu.
February 6, 2023  | Utari Ayuningtyas
persiapan sebelum memulai brand
 

Tak bisa dipungkiri, fashion saat ini menjadi salah satu industri yang tak hanya berarti sebuah fungsi dan karya seni namun juga sebagai identitas sosial di mata masyarakat, khususnya generasi anak muda yang memiliki ketertarikan sangat tinggi di bidang fashion. Memulai bisnis fashion saat ini pun cukup menjanjikan karena melihat perkembangan yang sangat pesat terlebih perputaran tren yang terus-menerus berganti mengakibatkan berbagai inovasi fashion yang tak akan ada habisnya.

Namun, sebelum memutuskan persiapan sebelum memulai brand fashion, kamu perlu memiliki rencana bisnis yang tepat. Dimana realitas dibalik membuat lini pakaian seperti menyusun teka-teki besar yang terkadang rumit tetapi menyenangkan. 

Temukan karakter atau keunikan dan target market kamu

Memiliki keunikan brand fashion yang berbeda dari yang lain akan memberi kamu keunggulan kompetitif yang menonjol dari brand lain dan membantu audiens memahami merek kamu dengan lebih baik. Pada dasarnya produk yang baik akan memecahkan masaah bagi audiens kamu, sama halnya dengan pakaian. Setiap pakaian yang kamu kenakan memliki tujuan. 

Sumber: berkeluarga.id

Pakaian bisnis kasual yang memungkinkan karyawan untuk menciptakan lingkungan kantor yang sehat, sementara seragam sekolah yang menciptakan suasana kerapihan dan sopan di berbagai institusi. Pertimbangkan usia dan kondisi keuangan calon pelanggan kamu, sehingga kamu dapat memberikan produk yang sesuai. Mengidentifikasi pasar sesuai dengan target kamu akan membuat kamu lebih mudah dalam menyelaraskan tujuan kamu.

Mulailah dengan membuat pola pakaian kustom atau sketsa desain fashion

Tuangkan ide-ide kamu di atas kertas! Dan ubah sketsa kamu menjadi sebuah prototype pola dan desain professional. Tak perlu takut jika kamu tidak memiliki pengalaman teknis untuk membuat pola dan prototype.

persiapan sebelum memulai brand
Sumber: id.wikihow.com

Ada banyak pembuat pola atau desainer di luar sana yang dapat membantu kamu menyusun pola secara detail, praktis lengkap dengan menggunakan teknologi. Tentunya kamu perlu mengeluarkan budget untuk menyewa atau menggunakan jasa mereka. Ada juga berbagai software alat desain seperti Techpacker atau SmartDesigner yang bisa kamu coba.

Baca juga:   NewJeans Kini Jadi Wajah Baru Nike Air

Selanjutnya kualitas material adalah priorias utama. Seperti halnya, kain murah atau jahitan longgar akan membuat pelanggan tidak menyukainya dan kabur karena kualitas produk yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. 

Temukan produsen untuk desain produk kamu

Beberapa produsen professional menawarkan kesempatan kepada perancang busana untuk menggunakan produk dari katalog yang mereka sediakan sebagai dasar untuk lini produk mereka. Ini menjadi pilihan tepat untuk perancang busana yang belum memiliki pengalaman dalam hal teknis ataupun merek fashion yang sudah berkecimpung lama untuk mengisi produk dengan label khusus mereka.

persiapan sebelum memulai brand
Sumber: www.hashmicro.com

Untuk itu diperlukan mitra manufaktur untuk membantu kamu mengubah ide-ide kamu menjadi produk nyata yang dapat kamu jual nantinya. Menemukan produsen yang tepat memerlukan ketelitian karena ini faktor yang akan menentukan hasil akhir produk kamu menjadi nyata. Untuk itu disarankan untuk mencari produsen fashion yang memungkinkan kamu memproduksi produk dengan persyaratan pesanan minimum yang rendah. Ini akan membantu kamu mendapatkan inventaris kamu secara lebih berkelanjutan, karena untuk menghindari pemborosan uang, kamu telah memutuskan untuk berinvestasu dalam membangun lini bisnis kamu.

Menentukan waktu yang tepat untuk peluncuran produk kamu

Jangan lupa siapkan berbagai alternatif promosi di awal karena ini adalah langkah awal yang perlu kamu buat untuk menarik pelanggan dan menyebarkan ke masyarakat luas. Percaya atau tidak, realitas terkadang membuat kita jangan terlalu berharap bisa mendapat keuntungan di tahun pertama. Sebelum mulai mendapat keuntungan dari bisnis brand fashion kamu perlu berinvestasi di dalamnya.

persiapan sebelum memulai brand
Sumber: travel.detik.com

Disini kesabaran akan lebih banyak berperan saat persiapan sebelum memulai brand. Bahkan jika kamu sudah menghasilkan keuntungan karena perlu untuk menutupi semua pengeluaran sebelumnya. Jangan berkecil hati ya! banyak pengusaha berkata bahwa kesabaran, kemampuan beradaptasi dan ketekunan adalah kualitas penting yan perlu dimiliki ketika membangun sebuah bisnis dan mempertahankan brand fashion. Semoga bermanfaat!

Baca juga:   Unik dan Klasik, Koleksi Christian Cowan x Teletubbies Viral

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.forbes.com/advisor/business/start-a-clothing-business/ (Diakses pada: 13 November 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram