Monday, 01 January 2022

Ria Miranda: Koleksi Hari Raya Bertajuk “Sangsata”

Ria berharap Raya Collection 2023 bertajuk Sangsata ini bisa mengisi, melengkapi, dan menambah kemeriahan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023.
September 13, 2023  | Zepanya Hutabarat
Ria Miranda
 

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 lalu, perancang busana, Ria Miranda, mempersembahkan koleksi khusus hari raya terbarunya, Raya Collection 2023, bertajuk “Sangsata”.

Sebagaimana desainer berdarah Minang ini dikenal atas rancangan kreasinya yang identik dengan tradisi kain tradisional Minang, istilah Sangsata sendiri merujuk pada sebutan untuk benang emas asli yang digunakan untuk membuat songket di Sumatera Barat.

"Nama ini menjadi inspirasi saya untuk koleksi hari raya tahun ini," tutur Ria Miranda saat berbicara dalam sebuah jumpa pers.

Inspirasi koleksi bertajuk Sangsata

Kala mengeksplorasi lebih jauh jenis-jenis songket dari sejumlah wilayah di ranah Minang, yang menurutnya masih banyak keragaman songket yang belum ia gali selama ini, Ria terinspirasi oleh rantau, aliran sungai, dan cakupan budaya etnis Minang di Riau, Jambi, dan Mukomuko. 

Ciri khas motif songket di ranah Minang itu kemudian ditranslasikan dengan balutan motif ornamen bunga da,n sentuhan kontemporer yang lebih modern menjadi sebuah karya koleksi Sangsata.

Melalui label eponimnya, RiaMiranda dan RiaMiranda Signature, koleksinya ini diperkenalkan dalam sebuah perhelatan runway yang diselenggarakan di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023).

Keistimewaan Ria Miranda Raya Collection 2023

Foto: Dok. Ria Miranda

Ditampilkan dalam perhelatan ini total tidak kurang dari 64 item termasuk di dalamnya 8 koleksi Sarimbit; Terdiri dari busana modest wear untuk wanita yang mencakup atasan, dress, tunik, set atasan bawahan, dan set mukena; Busana koko untuk pria; Busana anak; Hingga aksesoris untuk melengkapi tampilan head-to-toe berupa scarf, selendang, handsocks, potly bag, clutch, sepatu heels, dan bros.

Baca juga:   UNIQLO: C - Koleksi Terbaru UNIQLO X Clare Waight Keller

Menggunakan material premium satin doff, silky satin, lace, hingga katun, Raya Collection 2023 Ria Miranda kali ini banyak menampilkan terutama pada busana wanita kreasi dengan aksen pattern drapery dan pleats, serta cutting dengan detail layering

Adapun palet warna pastel yang selama ini identik dengan rancangan khas Ria Miranda, kini disegarkan dengan padu padan warna vibrant yang lebih berani dan cerah. 

Di lini RiaMiranda reguler, ornamentasi floral ditampilkan dengan menggunakan teknik printing, cocok untuk tampilan yang lebih kasual. Sementara itu di lini premium RiaMiranda Signature, motif bunga ditranslasikan dengan cara intrikasi bordir dan detail payet, on point untuk tampilan yang lebih istimewa.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/3/2023/31277/sangsata-persembahan-ria-miranda-untuk-menyambut-hari-raya
https://mediaindonesia.com/weekend/566374/ria-miranda-hadirkan-koleksi-raya-bertajuk-sangsata
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram