Monday, 01 January 2022

Roberto Cavalli: Maestro Fashion yang Berani dan Visioner

Warisannya akan hidup melalui labelnya yang sukses, pengaruhnya yang luas, dan semangatnya yang tak pernah padam untuk berkreasi dan menginspirasi.
April 12, 2024  | Anggun Tifani
Roberto Cavalli
 

Roberto Cavalli, maestro fashion asal Italia yang terkenal dengan desainnya yang berani, sensual, dan penuh warna, telah tiada pada usia 81 tahun pada tanggal 12 April 2024. Kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi dunia fashion, namun warisannya yang tak terhapuskan akan terus menginspirasi generasi desainer dan pecinta fashion di seluruh dunia.

Awal Mula Perjalanan Roberto Cavalli

Lahir di Cremona, Italia pada tahun 1940, Roberto Cavalli menunjukkan bakat dan kecintaannya pada fashion sejak usia muda. Ia menempuh pendidikan di Istituto d'Arte Applicata Industriale di Florence, di mana ia mengasah kemampuan desainnya. Pada tahun 1960, ia bekerja sebagai printer tekstil di sebuah pabrik di Como. Di sanalah ia mulai bereksperimen dengan teknik pencetakan baru pada kain, yang kemudian menjadi ciri khasnya.

Kebangkitan dan Inovasi yang Mengubah Wajah Dunia Fashion

Pada tahun 1970, Cavalli mendirikan labelnya sendiri, Roberto Cavalli, dan membuka butik pertamanya di Saint-Tropez. Sejak saat itu, ia mulai menggemparkan dunia fashion dengan desainnya yang berani, sensual, dan penuh warna. Teknik pencetakan revolusionernya pada kulit dan denim, yang dipadukan dengan potongan-potongan berani dan bahan-bahan berkualitas tinggi, menjadikannya salah satu desainer paling inovatif dan dicari di masanya.

Desain Ikonik dan Pengaruh Luas

Cavalli tidak hanya terkenal dengan teknik pencetakannya yang unik, tetapi juga dengan desainnya yang berani dan inovatif. Ia memelopori penggunaan motif hewan, brokat, dan potongan kulit intarsia, yang menjadi ciri khas labelnya. Desainnya yang sensual dan penuh glamor menarik perhatian para fashionista internasional, dan ia dengan cepat menjadi salah satu desainer paling populer di dunia.

Baca juga:   5 Tips Penting untuk Menjaga Pakaian Rajut Anda

Puncak Kejayaan dan Warisan Abadi

Pada tahun 1996, Cavalli dianugerahi penghargaan CFDA International Designer of the Year, sebuah pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa bagi dunia fashion. Labelnya menjangkau seluruh dunia, dengan butik-butik di kota-kota besar seperti Milan, New York, dan Paris. Ia dikenal karena mengadakan fashion show yang spektakuler dan penuh energi, yang sering menampilkan model-model terkenal dan selebritas.

Masa Pensiun dan Semangat Kreatif yang Tak Padam

Pada tahun 2015, Cavalli menjual mayoritas saham perusahaannya kepada VFC Corporation. Ia pensiun dari dunia fashion aktif, namun tetap aktif dalam berbagai proyek kreatif, seperti desain interior dan parfum. Semangatnya yang kreatif dan inovatif tidak pernah padam, dan ia terus menginspirasi para desainer muda dengan gayanya yang unik dan tak terlupakan.

Roberto Cavalli: Lebih dari Sekedar Desainer Fashion

Cavalli bukan hanya seorang desainer fashion yang brilian, tetapi juga seorang pengusaha yang sukses dan visioner. Ia membangun kerajaan fashion dari nol, dan labelnya menjadi salah satu merek fashion paling bergengsi di dunia. Ia dikenal karena kepribadiannya yang karismatik dan gaya hidup yang glamor, yang semakin memperkuat citranya sebagai ikon fashion.

Jejak Abadi dalam Sejarah Fashion

Roberto Cavalli meninggal dunia pada tahun 2024, meninggalkan jejak tak terhapuskan dalam sejarah fashion. Desainnya yang berani, inovatif, dan penuh warna akan terus menginspirasi generasi desainer dan fashionista di seluruh dunia.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Dibalik Harga Tinggi Sebuah Merek Mewah
Reference: 
https://www.lofficielusa.com/fashion/remembering-roberto-cavalli diakses 19 April 2024
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram