Monday, 01 January 2022

Seanergy: Karya Unik Desainer Ria Miranda dan Seniman Instalasi

Pada tanggal 13 Oktober 2023, acara pameran seni instalasi dan busana tersebut berlangsung di D Gallerie, Jakarta Selatan.
November 28, 2023  | Kingkit Neira
Seanergy
 

Desainer RiaMiranda melakukan kolaborasi unik dengan seniman ternama Mulyana. Keduanya melahirkan maha karya unik yang dinamai 'Seanergy'.

Jika biasanya desainer memilih panggung runway untuk memamerkan busana karyanya, hal ini tidak berlaku untuk RiaMiranda. Ia memutuskan mengambil pendekatan yang berbeda dalam memamerkan hasil kerjasamanya dengan seniman Mulyana. 

Mereka tidak memilih jalur tradisional dengan menggelar peragaan busana, tetapi memilih untuk memajang proyek ini bersama dengan karya seniman asal Yogyakarta tersebut.

Keduanya mengundang media dan pengunjung untuk melihat instalasi dan pakaian dari proyek kolaborasi yang diberi nama Seanergy ini secara langsung.

Tema utama dalam proyek ini adalah biota laut. Mulyana menciptakan instalasi yang mencerminkan berbagai aspek biota laut dalam berbagai bentuk siluet, termasuk lingkaran dan hati. 

Seanergy
Sumber: RiaMiranda

Dia menjelaskan bahwa elemen visual biota laut menjadi inspirasi utamanya, dan dia merespons positif terhadap desain-desain karya RiaMiranda.

"Saya memang membuat karya dengan bentuk visual biota laut sebagai ekosistem dari Monster Gurita.," kata seniman yang kerap disapa Mang Moel dalam keterangannya.

Warna pink mendominasi proyek ini, sesuai dengan desain feminin khas RiaMiranda. Mulyana menggunakan benang yang tidak terpakai sebagai bahan utama untuk membuat pakaian rajut.

Karya Mulyana memiliki nuansa ekspresif dan berfantasi, sedangkan RiaMiranda mengubahnya menjadi berbagai pakaian elegan dengan sentuhan seperti ruffles dan lipit, termasuk blus, rok, dan luaran. Meskipun busana ini penuh dengan motif, mereka tetap terlihat kasual dan sederhana berkat pilihan warna pastel dan netral yang lembut.

RiaMiranda mengungkapkan bahwa dia melihat banyak potensi pada karya Mulyana yang dapat diaplikasikan dalam koleksi ready to wear dan aksesori RiaMiranda. Desainer wanita ini menyoroti tema biota laut yang menawarkan beragam warna yang menarik. 

Seanergy
Sumber: Instagram/dgalleriejakarta

Kolaborasi ini juga memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, terutama biota laut, yang menjadi fokus utama proyek ini. RiaMiranda juga menekankan bahwa ini adalah kali pertamanya bekerja sama dengan seorang seniman.

Baca juga:   Perjalanan Vanessa Paradis Sebagai Muse Chanel

"Karya Mang Moel juga menyadarkan saya untuk pentingnya menjaga lingkungan terutama biota bawah laut," ungkap RiaMiranda.

Meskipun terdengar kontradiktif, kehadiran karya seni dan busana dalam satu ruang memberikan dimensi baru pada kolaborasi antara seniman dan desainer. 

Hal ini membantu penggemar mode untuk lebih memahami inspirasi dan unsur seni yang melandasi setiap karya desain. Sementara bagi seniman, dunia mode tidak hanya menjadi jalur baru dalam proyek komersial, tetapi juga menjadi medium untuk melihat karyanya dari perspektif yang berbeda.

Selain pameran di D Gallerie Jakarta, instalasi seni ini juga akan dipajang di jendela butik RiaMiranda di Pondok Indah Mall 2 untuk memperluas dampak kolaborasi ini dan menghadirkannya kepada lebih banyak orang.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.antaranews.com/berita/3769920/ria-miranda-dan-mang-moel-gelar-pameran-seanergy-di-jakarta

https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/10/2023/33515/seanergy-hasil-kolaborasi-riamiranda-dengan-seniman-mulyana-perspektif-baru-menikmati-seni-dan-mode
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram