Monday, 01 January 2022

Segmen Utama Industri Fashion

Mayoritas perusahaan industri fashion berjuang menghadapi krisis untuk menghasilkan keuntungan dan pertumbuhan yang menjadi prioritas saat ini.
January 19, 2023  | Utari Ayuningtyas
segmen utama industri fashion
 

Tak dapat dipungkiri, bahwa saat ini industri fashion merupakan salah satu pasar industri paling inovatif dalam memainkan peran bisnisnya. Dimana banyak orang mengikuti tren dan peluang dalam memainkan miliaran dolar. Seperti luxury brand yang sudah melekat di masyarakat, membuat industri fashion saat ini berusaha beradaptasi dengan prioritas konsumen baru dan inovasi digital sebagai penghubung pertumbuhan.

Disisi lain, berbagai tantangan yang perlu dihadapi bagi para pebisnis industri fashion, selain karena perubahan dunia yang terjadi akibat pandemi di tengah ketidak-pastian rantai pasokan serta permintaan yang tidak merata dan kompetitor baru yang turut berinovasi dengan kualitas tak kalah bersaing dengan merek besar.

Untuk itu, mengindentifikasi strategi model bisnis dalam beberapa segmen utama industri fashion yang ada dipasar dan mempertimbangkan pengaruh harga terhadap aksesibilitas dan ekslusivitas pada distribusi produk untuk membantu kamu menciptakan identitas unik yang memungkinkan kamu berhubungan dengan pelanggan kamu. Saat ini terdapat berbagai segmen pasar dalam industri fashion untuk membantu kamu menentukan strategi bisnis dalam memahami audiens kamu secara efektif.

Berikut segmen utama pasar dalam industri fashion yang perlu kamu ketahui :

Haute Couture 

Segmen teratas dalam industri fashion, Haute Couture yang biasanya memiliki kreatifitas tinggi, mewah dan layanan pelanggan eksekutif. Dibuat sesuai ukuran dengan perhatian terfokus pada detail karya seni.

Biasanya berhubungan dengan segelintir couturies Prancis dan di gunakan dalam peragaan busana. Dilansir Vogue, istilah ini pun dilindungi hukum Prancis dan dinaungi oleh organisasi resmi Chambre Syndicale De La Haute Couture. Hanya beberapa rumah mode yang diberikan izin untuk menggunakan istilah Haute Couture ini. Seperti Christian Dior, menjadi salah satu rumah mode yang diberikan izin oleh French Ministry of Industry sebagai Haute Couture.

Siap Pakai/Prêt-à-Porter

Prêt-à-Porter tepat dibawah haute couture, hadir dengan kreativitas tinggi dengan mewujudkan visi desainer. Berawal diciptakan oleh pabrikan Italia yang ingin membuat barang mewah namun lebih mudah diakses ke khalayak yang lebih luas.

Dibandingkan dengan haute couture, Prêt-à-Porter dibuat lebih modis serta up-to-date dan mencakup merek desainer seperti Gucci.

Baca juga:   Perbedaan High Heels, Stiletto, dan Pump Shoes

Difusi

Terinspirasi oleh Prêt-à-Porter tetapi dengan harga yang lebih rendah. Di segmen ini, menggunakan mode untuk menciptakan produk yang konsisten dengan citra merek, lebih kasual dan volume produksi yang lebih tinggi. 

Biasanya akan didistribusikan melalui saluran ritel dan grosir yang berbeda. Difusi termasuk dalam kategori merek desainer dan premium seperti Marc for Marc Jacobs dan DKNY for Donna Karan.

Bridge

Seperti namanya, bermaksud menjembatani kesenjangan antara pasar kelas atas dan pasar massal yang biasanya dikaitkan dengan mode cepat (fast fashion). Segmen ini menawarkan mode seimbang yang mencakup kreativitas dan nilai uang. 

Berawal di Amerika Serikat seperti department store yang biasanya lebih menargetkan campuran distribusi grosir baik merek internasional maupun local. Merek yang berada dalam segmen ini seperti MAX&Co., Massimo Dutti, dan Diesel.

Mass Market

Diujung piramida mode terdapat segmen pasar massal, di tingkat ini menetapkan kombinasi antara harga terjangkau dengan pengalaman mode khas pasar kelas atas. 

Yang bertujuan menjangkau masyarakat sebanyak-banyaknya, dengan menyediakan busana tren dengan harga terjangkau. Beberapa merek fast fashion seperti, Zara, H&M, dan Uniqlo.

Secara keseluruhan, dengan adanya beberapa segmen ini memungkinkan tujuan perusahaan dalam mengklarifikasi target pasar, siapa pesaing perusahaan, serta kriteria yang membedakan pesaing agar mampu memuaskan persona pelanggan.

Selain itu, perusahaan perlu memahami dan memetakan asosiasi merek mereka dan menghubungkannya dengan perilaku pasar untuk pengambilan keputusan strategis. So, sudah sejauh mana strategi bisnis kamu? Semoga dengan informasi ini membantu kamu dalam menentukan strategi market bisnis kamu ya.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Tips Outfit Maraton yang Stylish dan Nyaman di Berbagai Cuaca
Reference: 
https://440industries.com/fashion-market-segmentation-all-you-need-to-know/ (Diakses pada: 13 november 2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram