Monday, 01 January 2022

Sejarah Babydoll: Sebuah Baju Tidur Tanpa Lengan

Nama itu dipopulerkan oleh film Baby Doll tahun 1956 yang dibintangi oleh Carroll Baker.
December 22, 2023  | Dena Ayu
sejarah babydoll
 

Di tulis oleh Tennessee Williams. Ini sangat populer di tahun itu, sehingga terciptalah sebuah baju tidur tanpa lengan dinamai dengan babydoll.

Babydoll adalah baju tidur atau daster pendek, tanpa lengan, longgar, yang dimaksudkan sebagai pakaian tidur untuk wanita. Kadang-kadang telah membentuk cangkir yang disebut a bralette untuk belahan dada dengan rok longgar yang terpasang dengan panjang yang biasanya jatuh di antara pusar dan paha atas. 

sejarah babydoll
Sumber: Pinterest/Carolyn Keith

Pakaian ini sering dipangkas dengan renda, ruffles, appliques, marabou, busur, dan pita, opsional dengan tali spaghetti. Terkadang terbuat dari kain tipis atau tembus cahaya seperti nilon atau sifon atau sutra.

Kita tengok sejarahnya yuk!

Sejarah the babydoll 

sejarah babydoll
Sumber: Pinterest/Madeline

Penciptaan baju tidur super pendek dikaitkan dengan desainer pakaian dalam Amerika Sylvia Pedlar, yang memproduksinya pada tahun 1942 sebagai tanggapan atas kekurangan kain selama Perang Dunia II. Meskipun desainnya dikenal sebagai “babydolls” Pedlar tidak menyukai nama tersebut dan tidak menggunakannya. 

Nama itu dipopulerkan oleh film Baby Doll tahun 1956 , yang dibintangi oleh Carroll Baker sebagai bidadari berusia 19 tahun. Inilah awal mula kepopuleran babydoll untuk orang-orang dewasa pada waktu itu. Baju tidur babydoll  terdiri dari atasan dan celana pendek longgar dengan pinggang dan kaki elastis. 

Hingga pada tahun 1970-1990-an mulai berganti dengan bawahan yang lebih besar diganti dengan celana yang lebih pas dengan pinggang dan kaki. Versi piyama babydoll terbaru telah menghilangkan karet di kaki, bagian bawahnya berupa celana pendek atau celana tap. 

The babydoll dengan gaya baru

Babydolls sekarang dianggap sebagai pakaian dewasa yang erotis, sering diklasifikasikan sebagai pakaian dalam. Babydolls dewasa sangat berbeda dari babydolls bayi.

Baca juga:   Lamé: Kemewahan Kain Logam dalam Sejarah Mode 1920-an

Bahkan untuk model babydoll yang terbaru lebih mengekspos kaki wanita, dan beberapa gaya menekankan atau sengaja mengekspos payudara juga. Baju tidur babydoll sering dijual sebagai satu set dengan celana dalam yang serasi, karena babydoll pada umumnya cukup pendek sehingga pakaian dalam terlihat jika dikenakan. 

Babydoll tersedia dalam berbagai gaya yang cukup luas sehingga banyak pengecer pakaian. Babydoll sangat populer dan  banyak para orang-orang dewasa yaitu perempuan-perempuan dewasa yang mengoleksinya. 

Well, itulah sejarah the babydoll sebuah baju tanpa lengan yang populer di masanya. Yang mana di tahun ini mulai banyak desainer mendesain lebih modern lagi. 


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
http://bloshka.info/2020/11/18/babydoll/
https://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Film/BabyDoll
https://en.wikipedia.org/wiki/Babydoll
https://www.elle.com/fashion/trend-reports/a43381774/babydoll-dress-trend/

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram