Monday, 01 January 2022

Selundupkan Tas Kulit Ilegal, Desainer Langganan Britney Spears Ditahan

Saat ini, Gonzaliz harusi menghadapi tuduhan pada tahun 2016 dan 2019 terkait konspirasi dan penyelundupan tas kulit ular piton.
December 5, 2023  | Kingkit Neira
Desainer Langganan Britney Spears Ditahan
 

Desainer tas mewah terkenal asal Kolombia, Nancy Gonzales ditahan karena menjual secara ilegal tas kulit eksotis ke Amerika Serikat. Tas-tas mewah tersebut disinyalir terbuat dari kulit hewan yang dilindungi. 

Nama Nancy Gonzalez sudah tersohor di kalangan fashionista papan atas. Namanya sangat terkenal karena memilikiklien yang mencakup selebriti seperti Britney Spears dan Victoria Beckham. Tak hanya itu, berbagai tas kulit hewan mahakarya Nancy Gonzalez ini juga tak jarang tampil lalu lalang di dunia perfilman. Sebut saja film Sex and the City hingga The Devil Wears Prada yang turut memamerkan keanggunan tas kulit hewan ciptaan Nancy Gonzalez.

Beberapa produk tas karya tangan dinginnya itu bahkan menggunakan kulit caiman, reptil semi-akuatik langka di Amerika Tengah dan Selatan yang menyerupai buaya namun memiliki perut yang lebih keras.

Kedua spesies ini dilindungi oleh Konvensi Perdagangan Internasional tentang Spesies Flora dan Fauna Liar yang Terancam Punah (CITES). Mempuat sebuah item fashion dari kulit hewan yang dilindungi jelas telah melanggar peraturan perlindungan hewan dilindungi. Hal inilah yang menyebabkan Gonzalez dan dua orang lainnya dari Gzuniga Ltd, bisnis milik Gonzalez yang berbasis di Kolombia diekstradisi ke AS awal tahun ini untuk menghadapi dakwaan.

Menurut jaksa, Gonzalez dan rekan-rekannya memanfaatkan jejaring keluarga, teman, dan karyawan bisnis manufaktur mereka di Kolombia untuk menyelundupkan ratusan tas, dompet, hingga tas jinjing berbahan kulit hewan yang dilindungi ke AS. Barang-barang selundupan tersebut ditempatkan dalam bagasi atau dibawa sendiri saat bepergian dengan maskapai penerbangan komersial. Setelah tiba di AS, tas-tas tersebut diduga dijual di toko Gzuniga di New York dan dijual kepada pengecer kelas atas. 

Baca juga:   Jisoo BLACKPINK Curi Perhatian dalam Balutan Dior FW 2023

Nancy Gonzalez yang saat ini berusia 70 tahun ini harus siap menghadapi ancaman hukuman hingga lima tahun penjara atas tuduhan konspirasi dan 20 tahun penjara untuk setiap tuduhan penyelundupan, beserta denda mencapai ratusan ribu dolar.

Meski demikian tuntutan jaksa tersebut ditentang oleh pengacara Gonzalez, Sam Rabi. Sam menyebut kesalahan kliennya seharusnya hanya dianggap sebagai pelanggaran administratif, bukan sebuah tindak pidana. Rabin menjelaskan bahwa kurang dari satu persen dari tas yang diimpor Gonzalez ke AS tidak memiliki dokumen lengkap, dan semua produk dibuat menggunakan kulit reptil dari peternakan, bukan dari spesies yang dilindungi sebagaimana dituduhkan jaksa.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-7058568/desainer-ditahan-karena-selundupkan-tas-dari-kulit-hewan-eksotis
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram