Monday, 01 January 2022

Beragam Kolaborasi Menarik Sepak Bola dan Fashion Sejauh Ini

Sejumlah jenama ternama mengadakan kolaborasi dengan desainer-desainer tersohor untuk membuat seragam sepak bola yang luar biasa.
February 9, 2023  | Yaumil Azis
sepak bola dan fashion
 

Pada tahun 2017, media mode terkemuka bernama GQ menyematkan pertanyaan yang cukup menarik di salah satu artikelnya. “Apakah sepak bola telah menggantikan skateboard sebagai bandwagon fesyen saat ini?”

Industri mode sepertinya telah mengarahkan perhatiannya ke dunia sepak bola. Tidak heran jika demikian. Kehadiran media sosial membuat pesepakbola jadi mudah untuk menunjukkan citranya kepada publik. Mereka pun semakin mudah mendapatkan eksposur yang meyakinkan jenama bekerja sama dengannya.

Tengok saja mantan bintang sepak bola Manchester United, Cristiano Ronaldo. Kendati hubungannya dengan Setan Merah telah putus, popularitasnya tetap kuat. Baru-baru ini, Ronaldo jadi sosok pertama yang memiliki 500 juta pengikut di media sosial Instagram.

Sepak bola menjadi pasar dengan beratus juta, bahkan bermilyar atensi dari masyarakat dunia. Tentu, industri mode harus memanfaatkan situasi ini agar bisa berkembang lebih jauh.

Ada beberapa kolaborasi menarik antara jenama mode, fashion desaigners dan klub sepak bola dalam beberapa tahun ini. Laruna telah menyediakan beberapa informasi kolaborasi fashion dan sepak bola di bawah ini. Simak ya!

Off-White x Nike Bersama Kylian Mbappe

Sebelum proyek ini tercetus, sempat beredar rumor yang mengatakan bahwa Virgil Abloh akan mengerjakan proyek kolaborasi dengan Liverpool. Kolaborasi tersebut diyakini akan jalan di bawah naungan jenama Abloh, Off-White.

https://pbs.twimg.com/media/DZYLauoWkAIEdEs?format=jpg&name=large
Kolaborasi Off-White x Nike dengan Kylian Mbappe. Foto milik Off-White.

Namun yang terealisasi justru kolaborasinya dengan jenama olahraga populer, Nike, bersama Kylian Mbappe selaku bintang PSG. Kolaborasi ini menghasilkan sejumlah produk sepak bola seperti sarung tangan penjaga gawang, bola, hoodie, hingga track pants.

Dalam sebuah foto, Mbappe terlihat mengenakan jersey bola bermotif papan catur dengan perpaduan warna putih. Di bagian dada, yang umumnya menjadi tempat untuk sponsor klub sepak bola, tercantum nama Off-White berwarna oranye.

Baca juga:   Maudy Ayunda Jadi Brand Advocate Uniqlo Indonesia

Kendati jersey yang dikenakan Mbappe berwarna hitam dan putih, namun warna utama dalam kolaborasi ini sejatunya adalah oranye. Logo Nike pada jersey Mbappe pun berwarna oranye, beserta sepatu Mercurial Vapor 360 yang merupakan produk jagoan sang jenama.

Yohji Yamamoto x Real Madrid

Adidas tidak henti-hentinya melakukan gebrakan di dunia sepak bola. Jenama satu ini membuat gebrakan besar pada musim 2014/15 dengan menggandeng desainer asal Jepang, Yohji Yamamoto, untuk mengerjakan jersey ketiga Real Madrid.

sepak bola dan fashion
Kolaborasi Real Madrid dan Yohji Yamamoto. Foto milik Real Madrid. 

Jersey ketiga tersebut muncul di atas lapangan dalam sebuah panggung bergengsi sepal bola Eropa, Liga Champions. Jersey ini didominasi oleh warna hitam, mulai dari baju hingga kaos kaki, dengan motif tiga garis berwarna putih khas Adidas.

Paling menarik dari proyek kolaborasinya terdapat pada desain detailnya. Yohji Yamamoto menampilkan gambar dua makhluk mitos berupa raja naga dan raja burung pada bagian depan jersey yang melintang diagonal melewati logo sponsor klub lainnya. Fly Emirates.

Tentu, Yohji Yamamoto tidak asal-asalan dalam membuat desain ini. Gambar raja naga mewakili kehebatan, kejayaan dan kekuatan Real Madrid. Sementara gambar raja burung menjadi perwakilan atas ketahanan, determinasi, dan kelincahan.

Palace x Juventus

Jenama asal Inggris, Palace, pernah terlibat kolaborasi dengan Umbro sebagai tribut untuk salah satu jersey klasik Timnas Inggris pada tahun 2012. Tujuh tahun berselang, mereka kembali menarik perhatian jagat sepak bola dan fesyen.

sepak bola dan fashion
Kolaborasi Juventus dan Palace. Foto milik Palace.

Kolaborasi ini terbilang unik. Bagaimana tidak, Palace sejatinya merupakan jenama yang berfokus pada cabang olahraga lain, skateboard. Kerja sama mereka dengan Juventus menegaskan betapa pentingnya dunia sepak bola untuk industri mode.

Pada tahun 2019, Juventus mengkonfirmasi proyek kolaborasi dengan jenama fesyen ternama asal Inggris, Palace. Kerja sama ini terbilang unik, sebab Palace selama ini lebih sering bergerak di kultur skateboard.

Baca juga:   Kata Siapa Tidak Nyaman? Ini Sederet Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Docmart

Proyek Palace x Juventus ini semakin menegaskan ketertarikan industri mode terhadap dunia sepak bola. Jersey khusus ini diluncurkan saat Bianconeri menghadapi Genoa dalam laga kompetisi bergengsi Italia, Serie A.

Kolaborasi ini melibatkan jersey kandang Juventus. Tidak banyak perubahan yang diaplikasikan. Garis hitam-putih yang merupakan ciri khas tim membentang secara vertikal, dengan sentuhan memudar di bagian bawahnya.

Sentuhan lainnya adalah pemberian warna hijau neon yang mencolok. Warna ini diaplikasikan pada logo, sponsor utama, serta Adidas sebagai apparel resmi Bianconeri.

424 x Arsenal

Arsenal harus berterima kasih kepada salah satu mantan pemainnya, Hector Bellerin. Sebab, pria berkebangsaan Spanyol itulah yang menjadi akar kerja sama sang raksasa Inggris dengan 424.

sepak bola dan fashion
Kolaborasi Arsenal dan 424. Foto milik Arsenal.

Jenama ini dibangun oleh seorang desainer bernama Guillermo Andrade. Mulanya, Andrade pernah bekerja sama dengan Bellerin — yang saat itu masih memperkuat Arsenal — dalam proyek koleksi pakaian formal pria.

Hubungan antara 424 dengan Arsenal pun terjalin. Kedua belah pihak mengeluarkan pengumuman tentang kerja sama ini pada 2019 lalu, namun baru terealisasi dua tahun berselang. Fokus kerja sama ini terletak pada pakaian latihan sehari-hari Arsenal.

Semua item latihan Arsenal, mulai dari jersey, jaket, jogger pants hingga kaos kaki didominasi warna hitam. Sementara itu, semua logo yang terdapat pada itemnya diberikan warna merah gelap. Perpaduan warna ini didedikasikan untuk klub beserta markas kebanggaannya, Emirates Stadium.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://hypebeast.com/2021/6/fashion-football-best-collaborations-martine-rose-palace-juventus-virgil-abloh-nike (Diakses pada: 28 November 2022).

https://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-11452425/Cristiano-Ronaldo-person-reach-500-MILLION-followers-Instagram.html (Diakses pada: 28 November 2022).

https://www.gq.com/story/soccer-style-koche-pre-fall-show (Diakses pada: 28 November 2022).

https://crfashionbook.com/fashion-a36699476-glam-punk-disney-cruella/
(Diakses pada: 30 November 2022).
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram