Monday, 01 January 2022

Seragam Atletik Olimpiade Nike Dikecam: Seksi atau Seksis?

Atlet seperti Tara Davis-Woodhall dan Lauren Fleshman menyuarakan kekhawatiran tentang desain yang tidak praktis dan berpotensi mengganggu fokus saat bertanding.
April 11, 2024  | Anggun Tifani
Seragam Atletik Olimpiade Nike
 

Seragam Atletik Olimpiade Nike Dikecam - Nike kembali menjadi sorotan dengan peluncuran seragam atletik Olimpiade mereka untuk tim Amerika Serikat. Desain seragam wanita yang dianggap "super seksi" menuai kritik pedas, memicu perdebatan tentang kesetaraan gender dalam olahraga.

Seragam wanita yang nampak pada gelaran olimpiade ini, memiliki potongan yang lebih ketat dan terbuka dibandingkan seragam pria, diibaratkan seperti kostum "cheerleader" atau "baywatch".

Alhasil saat ini  Nike didesak untuk mendengarkan masukan atlet wanita dan publik, serta mempertimbangkan kembali desain seragam yang lebih fokus pada fungsionalitas, kenyamanan, dan kesetaraan gender.

Perdebatan ini membuka ruang untuk dialog yang lebih konstruktif tentang bagaimana menciptakan lingkungan olahraga yang inklusif dan suportif bagi semua atlet, tanpa terkecuali perempuan.

Tak ayal, beberapa kritikus mempertanyakan fungsionalitas desain untuk performa atletik, bahkan berpotensi membahayakan atlet wanita. Banyak yang mempertanyakan apakah Nike benar-benar mempertimbangkan masukan atlet wanita dalam proses desain.Desain seragam dianggap mengeksploitasi dan mengobjektivikasi tubuh wanita, fokus pada estetika sensasional daripada performa atletik.

"Atlet profesional harus mampu berkompetisi tanpa mendedikasikan ruang otak untuk kewaspadaan terus-menerus pada kemaluan atau senam mental untuk memamerkan setiap bagian tubuh yang rentan," ucap Lauren Fleshman, pensiunan pelari juara dunia AS, menulis dalam postingan Instagramnya.

Namun begitu, Nike diketahui tetap mempertahankan desainnya, dan Wakil Presiden Inovasi Pakaian Nike, Janett Nichol, mengatakan kepada CBS Sports bahwa seragam tersebut "berkinerja pada level tertinggi" dan bersikeras seragam ini sudah diuji coba oleh para atlet selama proses pembuatannya.

Seragam Atletik Olimpiade Nike
Seragam Atletik Olimpiade Nike

"Di sisi pakaian, mengapa hal ini menjadi sebuah terobosan bagi kami, adalah karena kami sekarang dapat mengambil wawasan atlet, beserta data, dan menggunakan algoritma tersebut untuk menciptakan sesuatu yang memungkinkan kami mencapai tingkat kekhususan, kesetiaan, dan akurasi yang belum pernah kami lakukan sebelumnya," ungkap Nichol.

Baca juga:   Fenomena Fashion & AI, Sebuah Transformasi Besar?

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://time.com/6968037/nike-olympic-track-uniform-bashed/ diakses 18 April 2024.
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram