Monday, 01 January 2022

Simak 4 Cara Mudah Merawat Knitwear Agar Tidak Cepat Rusak

Knitwear atau baju rajut menjadi salah satu jenis pakaian yang wajib dipunya. Selain hangat, motif dan warnanya pun beragam, mulai dari yang klasik sampai modern.
April 6, 2023  | Anisa Ramadhani
merawat knitwear
 

Merawat knitwear memang agak tricky karena benang yang digunakan harus dirawat dengan benar. Kesalahan dalam mencuci dan menyimpan baju bahan rajut akan membuat baju menjadi cepat rusak dan sobek. Selain itu, benang pun akan mudah lepas dan bergerindil. Namun, tak usah khawatir karena di artikel ini sudah dirangkumkan cara merawat knitwear agar tidak cepat rusak. Simak ya!

Jangan rendam kelamaan

Saat mencuci knitwear, pastikan kamu merendamnya terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit. Jangan terlalu lama merendam karena akan membuat benang menjadi cepat rusak, apalagi direndam semalaman. Rendam dengan air hangat suam-suam kuku saja.

Cuci dengan tangan

Mencuci knitwear tidak perlu menggunakan mesin cuci, cukup dikucek dengan tangan saja. Jika kamu terlalu sering mencuci dan menggiling di mesin cuci, benang rajutnya akan mudah lepas dan tersangkut di mesin lho.

Hindari pemutih pakaian

Cara merawat baju rajut supaya tidak cepat rusak adalah dengan mencucinya dengan sabun bayi. Bisa dengan sabun bayi cair atau sabun batang. Hindari pemakaian pemutih ya.

Hindari jemur dibawah matahari langsung

Karena benang bahan baju rajut rentan rusak, hindari menjemur baju rajut di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari ini bisa menyebabkan warna baju menjadi pudar dan bahannya cepat kusut dan kasar.

Setrika dengan suhu rendah

Cara lain untuk merawat knitwear supaya tetap awet adalah gunakan setrika dengan suhu rendah saat menyetrika knitwear. Jika suhu terlalu panas, benang rajutan bisa terbakar dan baju dengan mudah sobek. Kalau punya, lebih baik menyetrika baju rajut dengan setrika uap.

Baca juga:   Boater Hat sebagai Mode dan Simbol Budaya Sosial

Singkirkan parfum saat menyetrika knitwear

Cara terakhir untuk merawat knitwear agar tidak cepat rusak adalah menghindari penggunaan parfum yang berlebihan, terutama saat menyetrika. Semprotan parfum dan bahan kimia akan membuat benang baju rajut ini cepat rusak. Tentunya kamu tidak ingin baju kesayanganmu mudah sobek dan memiliki rajutan benang yang tidak kokoh, kan?

Nah, itulah beberapa cara mudah merawat knitwear agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Silakan terapkan di rumah ya!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.parapuan.co/read/533467146/agar-tak-melar-dan-tetap-awet-ini-5-tips-perawatan-knitwear

https://www.galadiva.com/5-tips-merawat-knitwear-atau-pakaian-rajut
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram