Monday, 01 January 2022

5 Inovasi Teknologi Material Tekstil

Dimana karena industri tekstil dan mode memiliki lanskap yang luas dan memungkinkan peluang yang terus berinovasi mengikuti tren dan ide-ide baru.
February 3, 2023  | Utari Ayuningtyas
teknologi material tekstil
 

Seiring perubahan waktu, berbagai aspek kehidupan mulai berkolaborasi dengan teknologi, seperti halnya industri fashion. Masyarakat pun kini telah dikaitkan dengan dunia digital, banyak diantaranya desainer telah mengadopsi teknologi baru dari kecerdasan buatan, blockchain dan keberlanjutan untuk mendorong batas-batas manufaktur, pemasaran dan produksi.

Tidak mengherankan jika penelitian dan pengembangan di industri fashion saat ini beralih ke tekstil ramah lingkungan. Banyak merek fashion mulai mengeksplorasi berbagai material yang lebih ramah lingkungan. Berikut ini adalah 5 inovasi teknologi material tekstil ramah lingkungan.

Kain peka suhu

Salah satu inovasi yang sering dibicarakan tahun ini adalah kain yang peka terhadap suhu. Diciptakan oleh industri Ralph Lauren, bahan yang yang digunakan untuk seragam tim USA dalam Olimpiade Musim Dingin. Kain ini memiliki mekanisme insulasi cerdas yang membantu mengatur suhu internal. Ini membantu mengurangi kebutuhan untuk memiliki pakaian berdasakan musim yang berbeda. Untuk itu, bahan baru ini mengurangi produksi serta konsumsi pakaian, sehingga mengurangi jejak karbon.

Bahan baku biodegradable

Bermunculannya stigma masyarakat terhadap industri untuk menekan proses manufaktur dan lebih memperhatikan lingkungan. Membuat kekhawatiran terhadap industri fashion. Terlebih fast fashion yang memiliki penggunaan bahan baku yang tidak dapat terurai secara hayati dan pengaruh emisi karbon terhadap lingkungan. Sehingga banyak innovator di berbagai belahan dunia bekerja sama untuk menemukan alternatif yang berkelanjutan dan ramah lingkungan seperti terbuat dari rumput laut, kapuk, pektin apel dan kayu hingga serabut jeruk dan pisang untuk produksi kain. Berbagai eksperimen yang dibuat diaharapkan dapat berkelanjutan dan mengurangi emisi karbon.

Baca juga:   Xiye Bastida, Sosok Climate Activist untuk Levi's Buy Better, Wear Longer

Pakaian virtual

Meningkatnya teknologi Metaverse dan digital, berbagai merek mulai merangkul solusi virtual yang memungkinkan pengguna untuk mencoba pakaian secara virtual. Dibantu dengan pengisian formulir mengenai data seperti jenis kelamin, tinggi dan berat badan ke dalam aplikasi, sehingga tidak hanya dapat menvisualkan secara digital akan terlihat namun juga merasakan tekstil dari kain melalui layar. Ini akan membantu mengurangi ketergantungan pada potongan sampel yang mengakibatkan penurunan deadstock.

Menggunakan kembali limbah kain

Banyak produsen tekstil, peneliti, dan merek fashion mulai bekerjasama mengembangkan metode inovatif untuk mengurangi limbah tekstil yang bermanfaat bagi planet bumi. Seperti yang dilakukan Levi’s – produsen terkemuka di dunia yang pada tahun 2016, mengembangkan jeans pertama menggunakan 100 persen katun daur ulang dari T-shirt lama yang dilarutkan. Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan daur ulang yang berbasis di Seattle mengubah kain terlarut menjadi benang berkualitas tinggi. Pabrikan Amerika telah memperkenalkan program daur ulang tekstil khusus di AS, Kanada, jepang, Inggris dan jerman. 

Teknologi manajemen bau

Teknologi nabati yang secara permanen menghacurkan dan menghilangkan bau tak sedap pada kain. Metode inovaif ini telah melibatkan berbagai penelitian sejak 2015. HeiQ dan Patagona mengembangkan HeiQ Fesh MNT, teknologi tekstil yang diturunkan dari minyak mint dengan sumber terbarukan untuk mengendalikan bau tak sedap pada tekstil. HeiQ Fresh HAX berbasis mineral dan HeiQ Fresh FFL berbasis bio. Teknologi ini menyediakan kain dengan kemampuan pengendalian tahan lama untuk membuat pakaian tetap berbau segar dan pemakainya akan merasa bersih dan nyaman sepanjang hari. Sehingga pencucian baju lebih sedikit dan akan menghemat air. 

Melihat semua inovasi teknologi material tekstil tersebut, diharapkan segmen tekstil dan fashion akan terus bekembang bersamaan dengan inovasi yang lebih inovatif.

Baca juga:   Mengenal Istilah Fast Fashion yang Bisa Ancam Keberlangsungan Lingkungan

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.fibre2fashion.com/industry-article/9435/innovations-in-the-world-of-textiles (Diakses pada: 28 November 2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram