Monday, 01 January 2022

Temukan Gaya Personal yang Unik dan Otentik

Menemukan gaya personal yang unik dan otentik adalah suatu proses yang melibatkan eksplorasi, refleksi dan percobaan.
August 22, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
gaya personal
 

Gaya personal adalah cara seseorang mengekspresikan diri melalui pakaian, aksesoris, gaya rambut, dan elemen visual lainnya yang mencerminkan kepribadian, preferensi, dan citra yang ingin ditampilkan kepada dunia secara jujur dan tulus. Gaya personal  bisa bervariasi antara satu dengan yang lainnya, karena setiap orang memiliki selera, tujuan, dan identitas uniknya masing-masing.

Beberapa orang mengadopsi gaya yang mengikuti tren terkini, sementara yang lain cenderung lebih memilih menciptakan sebuah gaya mereka sendiri yang unik dan berbeda dari yang lain. Gaya personal juga dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu mengikuti perkembangan pribadi, perubahan gaya hidup seseorang, pengaruh budaya, kesempatan atau acara, dan preferensi pribadi.

Berikut ini 10 langkah yang bisa dilakukan untuk menemukan gaya personal yang unik dan otentik, antara lain:

Kenali diri dahulu

Luangkan waktu untuk memahami diri sendiri sebagai individu mengenai kepribadian, minat, dan nilai-nilai yang dimiliki dengan mempertimbangkan aktivitas, gaya hidup, dan lingkungan sekitar. Kemudian pahami apa yang membuatmu merasa nyaman dan percaya diri, apa yang ingin disampaikan melalui gaya personal, dan apa yang paling penting dalam gaya personal dirimu. 

Jujur pada diri sendiri

Jangan mencoba untuk meniru dan harus sama dengan gaya orang lain hanya karena hal itu sedang trend atau populer. Pertimbangan apa yang benar-benar mencerminkan dirimu, jika kamu tidak merasa nyaman saat mengenakan sesuatu berarti itu bukan bagian dari gaya personal yang sesuai dengan dirimu.

Baca juga:   5 Tips Memakai Oversize Outfit Agar Makin Stylish

Jelajahi inspirasi dari berbagai sumber yang relevan

Carilah inspirasi dari berbagai sumber seperti majalah mode, media sosial, blog fashion, atau selebriti yang kamu sukai. Gunakan inspirasi tersebut sebagai panduan untuk mengeksplorasi dan menemukan gaya diri yang benar-benar cocok dengan dirimu, bukan untuk meniru semuanya.

Identifikasi prioritas

Tentukan nilai-nilai dan pesan yang ingin kamu sampaikan melalui gaya diri, apakah ingin menunjukkan kekreatifan, keberanian, profesionalisme, atau kenyamanan? Fokuslah pada aspek-aspek ini saat membangun gaya personal untuk mencapai konsistensi atau autentisitas. 

Eksplorasi dan Eksperimen

Pergilah berbelanja dengan tujuan mencoba berbagai gaya, potongan pakaian, warna, dan aksesoris yang menarik minatmu atau mencoba hal-hal baru yang mungkin tidak biasa bagimu. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dan bereksperimen dengan kombinasi yang berbeda, melalui proses ini kamu akan menemukan elemen yang sesuai dengan kepribadian dan preferensi yang ada dalam dirimu.

Ciptakan pakaian yang menampilkan identitasmu

Kumpulkan pakaian, aksesoris, dan sepatu yang kamu sukai dan sesuai dengan gayamu. Gunakan kreativitas untuk menciptakan kombinasi unik yang mencerminkan kepribadianmu, dan jangan takut untuk memadukan gaya yang berbeda dari subkultur atau era.

Perhatikan kualitas dan keseimbangan

Ketika membangun gaya personal yang unik dan otentik, usahakan untuk memperhatikan kualitas dan keseimbangan dalam berpenampilan. Pilihlah pakaian yang berkualitas baik dan tahan lama, kemudian pastikan bahwa setiap elemen dalam penampilanmu saling melengkapi secara visual.

Terus beradaptasi dan mengembangkan

Gaya personal adalah sesuatu yang dapat berubah seiring berjalannya waktu, jadi jangan takut untuk terus bereksperimen dan mengembangkan gaya personal dirimu. Tetaplah terbuka terhadap perubahan dan eksplorasi, dan jangan ragu untuk menyesuaikan atau mengubah gaya personal seiring perkembangan kepribadian serta perubahan mode.

Baca juga:   Jokowi Anggap Bisnis Thrift Baju Bekas Impor Mengganggu, Kenapa Ya?

Jadilah konsisten

Setelah kamu menemukan gaya diri yang unik dan otentik sesuai dengan kepribadian, cobalah untuk mempertahankan konsistensi dalam penampilanmu. Dalam hal ini bukan berarti kamu harus mengenakan sesuatu yang sama setiap harinya, tetapi intinya mencerminkan elemen yang konsisten dan ciri khas yang ada pada dirimu.

Percayalah pada diri sendiri

Gaya diri yang unik dan otentik dibangun atas kepercayaan diri dan kenyamanan, percayalah pada penilaian pribadi dan intuisi dalam memilih pakaian serta mengekspresikan diri melalui gaya personal. Jangan biarkan pendapat orang lain meragukan atau mengubah pandanganmu terhadap diri sendiri.

Itulah 10 langkah yang bisa dilakukan untuk menemukan gaya personal yang unik dan otentik. Memiliki gaya personal sangat penting karena dapat memberikan banyak manfaat seperti, mengekspresikan diri, meningkatkan kepercayaan diri, memiliki daya tarik yang unik, menghadirkan konsistensi, mengurangi tekanan sosial, meningkatkan kreativitas, dan membantu menemukan prioritas.

Ingatlah bahwa gaya yang unik dan otentik adalah hal yang sangat pribadi dan tidak ada aturan yang baku, setiap orang bebas dan berhak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri melalui gaya yang mereka pilih. Yang terpenting, nikmatilah prosesnya dan selalu ingat bahwa kamu adalah individu yang berharga dengan keunikan dan keindahan tersendiri.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
dewimagazine.com https://www.dewimagazine.com/fashion-tips/5-cara-menemukan-gaya-personal-yang-otentik
Diakses pada tanggal 18 Mei 2023

wolipop.detik.com https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-6585527/3-cara-temukan-gaya-personal-yang-otentik--stylish-ala-sharena-delon
Diakses pada tanggal 18 Mei 2023

kalbar.antaranews.com https://kalbar.antaranews.com/berita/536691/cara-menemukan-gaya-otentik-ala-sharena-delon?page=all
Diakses pada tanggal 18 Mei 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram